Home » Penyakit » Gejala Kanker Otak Stadium Awal ? Susah Diprediksi !!

Gejala Kanker Otak Stadium Awal ? Susah Diprediksi !!

Gejala Kanker Otak Stadium Awal ? Susah Diprediksi !!

Gejala Tumor Otak Stadium Awal – Anda tentu tahu bahwa otak adalah bagian terpenting dari organ tubuh manusia.

Bahkan kehidupan seseorang “bergantung” pada masih berfungsi tidaknya salah satu bagian dari otak, yaitu batang otak. Jika batang otak sudah mati, apa jadinya?

Demikian pula dengan kanker otak. Kanker mematikan ini punya tahapan dalam menyerang seseorang yang dimulai dari kanker otak stadium 1. Nah, mengetahui gejala kanker otak stadium awal akan memudahkan Anda untuk tahu apa yang harus Anda perbuat setelahnya.

Pada kanker otak pada stadium awal, sel kankernya terlihat normal seperti sel otak lainnya. Penyebaran sel kankernya pun terbilang lambat. Ini terjadi pada stadium I dan II, berbeda dengan stadium III dan IV yang penyebaran sel kankernya sudah cepat dan terbilang ganas.

Gejala kanker otak stadium awal antara satu orang dengan orang lain sangat berbeda. Namun, rata rata mereka punya kesamaan.

Ada yang kehilangan penglihatannya (kebutaan) sementara, ada yang pada pandangannya seperti terdapat petir atau bintik-bintik yang menghalangi penglihatan, sulit menelan, mati rasa pada bagian wajah atau kehilangan pendengaran pada salah satu telinga.

Terkadang ada yang sampai mual, mengalami migrain bertahun tahun, mudah tersinggung hingga kehilangan memori pada rentang waktu tertentu. Selain itu, gejala kanker otak stadium awal lainnya adalah kehilangan keseimbangan, adanya bintik berdarah di mata, bahkan ada yang tidak mengalami gejala apa pun, sampai di usianya yang terbilang senja, ternyata dia sudah menderita kanker otak stadium akhir.


Apalagi gejala kanker otak stadium awal? Mudah mengalami perubahan pada mood, masalah daya ingat dan sulit untuk berkonsentrasi juga termasuk ke dalam gejala awal kanker otak. Hal tersebut terjadi karena otak juga berfungsi dalam mengatur kondisi psikologis seseorang, motorik dan kognitif. Adanya rasa mencengkeram di bahu dan kepala juga termasuk dari gejalanya.

Sampai sekarang, penyebab utama dari munculnya sel kanker ini belum diketahui. Baru ada indikasi-indikasi yang mengarah ke sana, seperti orang yang bekerja di kilang minyak, bekerja di pabrik kimia, bekerja di industri karet dan pembalsem. Orang orang ini disebut-sebut punya resiko cukup besar dalam terkena kanker otak.

Untuk memastikan apakah seseorang dengan gejala yang dirasa mirip dengan kanker otak, Anda harus melakukan pemeriksaan medis kepada dokter spesialis. Dan dokter-pun butuh waktu yang lama. Ia tidak bisa dengan cepat dan yakin mengatakan “Anda menderita kanker di otak Anda”.

Mengapa demikian? Karena sel kanker pada stadium awal sangat sulit untuk dideteksi. Ia terlihat sama seperti sel otak yang sehat. Yang membedakan adalah adanya gejala-gejala umum pada kepala. Itulah sebabnya ciri ciri kanker otak stadium awal susah diprediksi.

Oh iya… hampir kelupaan. Radiasi-radiasi yang terjadi (entah karena sengaja untuk pengobatan maupun karena alasan pekerjaan) juga cukup meningkatkan resiko seseorang terkena kanker otak. Hal ini terjadi karena efek samping dari radiasi yang menimbulkan kerusakan pada jaringan otak dan yang pada akhirnya memicu terjadinya sel kanker.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah kanker otak ini bisa dicegah? Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, para ahli sampai sekarang belum mengetahui penyebab munculnya sel kanker pada otak, demikian juga dengan cara mencegahnya.

Namun jika Anda bisa, sebaiknya hindari terkena radiasi (terutama pada bagian kepala) dan hindari racun lingkungan (limbah kimia). Hanya saja adanya berita bahwa tidak meminimalisir penggunaan ponsel serta melakukan diet makrobiotik dapat mencegah terkenanya penyakit ini sampai sekarang belum ada bukti ilmiah yang mendukung pernyataan tersebut.

(sumber gambar artikel gejala kanker otak stadium awal : www.healthtap.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Hanya satu dari seratus penderita kanker rahim yang dapat bertahan hidup. Mengapa? Karena seperti pada …

Gejala Kanker Otak Stadium Awal ? Susah Diprediksi !!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gejala Kanker Otak Stadium Awal ? Susah Diprediksi !!