Home » Penyakit » Lagi… Mencegah dan Mengenali Gejala Kanker Kulit

Lagi… Mencegah dan Mengenali Gejala Kanker Kulit

Lagi... Mencegah dan Mengenali Gejala Kanker Kulit

Diantara semua gejala kanker kulit, sebenarnya ada gejala kanker kulit yang paling mudah Anda kenali. Mengapa gejala kanker kulit mudah dikenali?

Penyebabnya karena kanker ini tumbuh pada lapisan epidermis atau lapisan paling luar dari kulit. Karena itulah sekali lagi, kanker kulit merupakan kanker yang paling mudah dikenali.

Sebenarnya apa sih kanker kulit? Kanker kulit merupakan pertumbuhan sel-sel kulit dalam tingkat yang tidak normal atau tidak wajar.

Pada kebanyakan orang, kanker kulit ini menyerang pada lapisan kulit sel-sel skumosa, basal, dan melanosit. Kanker kulit ini lebih sering menyerang orang-orang kulit putih, karena orang kulit putih memiliki pigmen kulit yang lebih sedikit.

Pigmen yang relatif kecil itu dapat membuat daya tahan kulit pun semakin kecil dalam menahan pancaran sinar ultravioloet matahari. Namun tidak menutup kemungkinan Anda yang tinggal di kawasan tropis dan memiliki kulit lebih gelap atau sawo matang pun dapat terkena kanker kulit juga.

Pada sebuah survei di Amerika, diketahui bahwa terdapat satu juta orang lebih menderita kanker kulit. Selain dikarenakan berkulit putih, orang Amerika juga lebih sering menggunakan pakaian terbuka.

Sinar matahari yang langsung mengena pada kulit adalah penyebab kanker kulit yang utama. Dan berita buruknya, sinar matahari yang langsung mengenai kulit ini bisa membuat kanker kulit berkembang lebih cepat.


Karena kanker kulit lebih banyak disebabkan oleh sinar matahari, maka kulit yang biasa diserang adalah kulit-kulit yang biasanya tampak dari luar seperti telinga, tulang pipi atau pelipis, hidung dan bibir.

Selain itu, kanker kulit ini biasanya berasal dari tahi lalat atau flek hitam atau bercak hitam yang agak menonjol. Secara umum kanker kulit ini dibedakan menjadi dua macam yaitu Nonmelanotik dan Melanotik. Disini akan saya jelaskan satu persatu gejala pada masing-masing jenis itu.

Pertama Nonmelanotik, yang terbagi menjadi dua jenis lagi yaitu Basalioma (karasinoma sel basal atau KSB) dan Karsinoma sel skuamosa (KSS). KSB merupakan jenis penyakit yang paling banyak ditemui. KSB merupakan jenis kanker yang paling tidak berbahaya dengan pertumbuhan yang lambat.

Meski lambat, dalam perkembangannya KBS dapat menyebabkan kerusakan jaringan kulit dibawahnya, bahkan bisa menggerogoti kulit. Gejala awal kanker kulit jenis ini terlihat pada benjolan kulit  yang agak mengkilat berwarna kemerahan dengan bagian pinggir meninggi yang berwarna kehitaman.

KSS dapat tumbuh dimana saja, tetapi lebih banyak timbul di pipi, daun telinga, punggung, tangan dan kaki. Gejala kanker kulit KSS lebih banyak dialami oleh kaum pria. Dan lingkungan tropis juga memberikan kontribusi yang cukup besar untuk kanker ini.

KSS termasuk jenis kanker kedua yang paling sering dialami orang, dan merupakan kanker “terganas” kedua. Gejala kanker kulit KSS antara lain terdapat benjolan keras kemerahan/kecoklatan, kulit terlihat bersisik, dan sebagian muncul diatas bercak ketuaan. Semakin lama luka akan menjadi semakin besar. Akibat kanker kulit di kemudiannya adalah terasa gatal, mudah berdarah, kemudian menjadi koreng yang tidak sembuh.

Jenis kedua dari kanker kulit ini adalah Melanoti/Malanoma Maligna (MM). Kanker kulit jenis ini merupakan kanker yang paling ganas di antara yang lain. Kanker kulit MM ini terjadi pada kulit yang berasal dari melanosit yaitu sel kulit yang menghasilkan pigmen melanin. Biasanya terjadi pada leher, kaki, dan punggung.

Gejala kanker kulit MM antara lain terasa gatal atau nyeri pada daerah kanker, terdapat perubahan warna misal warna kulit menjadi lebih gelap, pucat atau jutsru menjadi lebih terang serta ukurannya terus menerus melebar atau membesar secara tidak teratur.

Selain itu, gejala penyakit kanker kulit lainnya adalah permukaan menjadi tidak rata dan seringkali terdapat benjolan, kulit mudah teluka dan menjadi luka yang lama sembuhnya.

Terdapat beberapa poin penting untuk mencegah Anda terkena kanker kulit. Pencegahan itu bisa dilakukan dengan menghindari pancaran sinar matahari secara langsung yang berlebihan. Dan jika memang Anda terpaksa harus terkena panas sinar matahari, Anda bisa menggunakan payung, topi atau tabir surya.

Hal ini dapat mencegah cahaya ultraviolet itu langsung mengenai tubuh. Ultraviolet matahari memang telah tertapir pada atmosfer bumi. Namun dengan pemanasan global yang dewasa ini terjadi, makin menipiskan ozon sehingga makin meningkatkan pula tingkat radiasi ultraviolet ini di bumi.

Anda juga sebaiknya menghindari bahan kimia yang memiliki sifat karsinogen pada kulit, dan radiasi ionisasi seperti sinar X secara berlebihan sebagai tindakan pencegahan. Selanjutnya langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah konsumsi makanan antioksidan yang memberikan ketahanan pada penyakit-penyakit sejenis kanker terutama.

Makanan antioksidan itu dapat diambil dari wortel, anggur, dan kacang-kacangan. Untuk jenis kacang-kacangan ini kacang hijau memiliki nilai antioksidan yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan yang lainnya.

Seperti yang saya jelaskan di awal, walaupun secara visual gejala kanker kulit itu mudah diamati, namun penderita kanker kulit kadang terlambat dalam melakukan pengobatan. Hal ini karena banyak orang tidak mengindahkan adanya perbedaan antara tahi lalat yang tidak normal, atau bahkan tidak terlalu mempedulikan flek-flek diatas kulit.

Jadi, jangan menganggap sepele gejala kanker kulit ini. Jika ada yang tidak wajar pada kulit Anda maka sudah sepatutnyalah Anda waspada.

(sumber gambar artikel gejala kanker kulit dan ciri ciri kanker kulit : www.momendeavors.com)

Tentang Om Nip-Nip

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Hanya satu dari seratus penderita kanker rahim yang dapat bertahan hidup. Mengapa? Karena seperti pada …

Ini Dia Cara Mencegah dan Mengenali Gejala Kanker Kulit


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ini Dia Cara Mencegah dan Mengenali Gejala Kanker Kulit