Home » Penyakit » Hati-Hati Dengan 5 Gejala Kanker Hati Ini !!

Hati-Hati Dengan 5 Gejala Kanker Hati Ini !!

Hati-Hati Dengan 5 Gejala Kanker Hati Ini !!

Hati merupakan salah satu organ vital dalam tubuh kita. Ia mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh kita.

Mungkin sebagian dari Anda belum tahu fungsi hati. Sebagai salah satu organ vital, hati berfungsi sebagai penghasil empedu yang berguna untuk mencerna lemak.

Hati juga berfungsi untuk mengaktifkan lipase, membantu absorpsi lemak di usus dan mengubah zat tidak larut dalam air menjadi zat yang larut dalam air. Jika hati tidak bekerja dengan baik, maka akan terjadi penyumbatan dalam hati sehingga produksi empedu tidak berjalan dengan lancar.

Empedu dapat masuk ke darah dan terjadi keracunan darah. Penderita yang menderita penyakit ini sering disebut menderita penyakit kuning.

Kembali lagi ke permasalahan kanker hati, penyakit kanker hati banyak dikenal juga dengan nama karsinoma hepatoseluler atau hepatom. Jika Anda pernah mendengar singkatan KHS, maka itu adalah singkatan dari nama latin kanker hati.

Nah, gejala kanker hati ini banyak dialami oleh laki-laki daripada perempuan. Perbandingannya 5 laki-laki berbanding 1 perempuan. Di Indonesia sendiri, penyakit kanker ini lebih banyak ditemui pada laki-laki dengan rentang usia 40-50 tahun.

Umumnya memang orang dewasa yang telah berumur terkena kanker hati karena perkembangan sel-sel kanker ini lambat tapi pasti tumbuh secara progresif tiap saatnya. Pada awalnya, gejala kanker hati tidak terlalu dihiraukan karena mayoritas penderita hanya mengira sakit biasa seperti perasaan lesu, nafsu makan berkurang, merasa penuh di lambung dan terjadi penurunan berat badan.


Bahkan ada beberapa orang yang tidak merasakan keluhan. Padahal tidak demikian adanya. Ada 5 gejala kanker hati yang perlu Anda waspadai. Beberapa di antaranya cenderung membuat si penderita merasa sakit yang luar biasa. Apa saja kelima gejala kanker hati tersebut? Ini dia…

  1.  Kelelahan
    Awal dari gejala tumor hati adalah ditandai dengan gejala kelelahan yang terjadi tanpa alasan yang jelas. Jika setelah berlari-lari Anda merasakan lelah atau setelah bekerja seharian penuh Anda merasa lelah, itu masih wajar. Tapi jika tanpa aktivitas yang tinggi tiba-tiba Anda merasa lelah, ini perlu dicurigai. Meskipun kelelahan merupakan hal yang biasa, jika terjadi seperti yang telah saya sebutkan, Anda harus waspada.
  2. Terganggunya Sistem Pencernaan
    Penderita yang mengalami gejala kanker hati akan merasakan mual-mual. Hal ini dikarenakan metabolisme (yang memiliki kaitan erat dengan fungsi hati) menjadi terganggu fungsinya akibat sel-sel kanker hati yang terus berkembang. Nafsu makan penderita kanker hati juga terus menerus mengalami penurunan tanpa sebab yang jelas. Peningkatan bilirubin dalam darah akibat empedu yang tidak bekerja dengan baik juga dapat membuat warna urin dan tinja menjadi tidak normal seperti warna kecoklatan pekat hingga kehitaman pekat seperti warna kopi. Pembengkakan perut juga sering terjadi akibat dari cairan yang dihasilkan dalam tubuh tidak normal. Karena itu perut sering kali terasa kembung. Perut yang kembung disertai dengan sakit di hati dapat juga dianggap sebagai awal gejala kanker hati. Pada penderita stadium lanjut, penderita akan merasakan kesakitan yang tidak tertahankan jika perut bagian atas digerakkan.
  3. Pembengkakan Hati
    Pertumbuhan sel kanker di hati otomatis akan membuat volume masa hati akan bertambah besar karena adanya pertumbuhan kanker. Letak hati berada di sisi kanan perut atas, agak ke tengah. Walaupun kadang kala tidak terlihat secara kasat mata, seperti halnya kanker payudara yang perlu diraba, benjolan kanker hati pun perlu diraba untuk memeriksanya di posisi yang telah saya sebutkan tadi. Jika sudah ada gejala seperti ini, Andaharus segera menemui dokter. Karena benjolan tersebut berada didalam tubuh bagian dalam, jika sampai benjolan ini dirasakan, maka kemungkinan benjolan itu sudah cukup besar.
  4. Rasa Gatal
    Setiap orang pasti pernah gatal. Anda pun pasti pernah merasakan. Gatal biasanya disebabkan karena gigitan serangga atau iritasi pada kulit. Untuk gejala kanker hati, gatal terjadi di luar tubuh karena peningkatan bilirubin dalam tubuh Anda.
  5. Ikterus Hati
    Terjadi ikiterus dalam tubuh seseorang? Hmmm… mungkin kata ini asing bagi Anda. Ikiterus adalah istilah klinis dimana terjadi penurunan fungsi hati. Beberapa gejala kanker hati yang berkaitan dengan ikterus adalah warna kuning pada kulit, bagian putih bola mata dan langit-langit rongga mulut. Walaupun ini merupakan gejala utama dari hepatitis, namun Anda harus tetap waspada dan mencoba untuk lebih memperhatikan gejala penyakit kanker hati yang lainnya.

Well, kanker hati sulit dideteksi pada stadium awal. Maka bagi Anda yang ingin melihat secara jelas dan melakukan deteksi dini gejala kanker hati ini, Anda dapat menggunakan dua cara yaitu, dengan alfafetoprotein dan USG hati. Pemeriksaan ini bisa Anda lakukan setiap 6 bulan sekali untuk melihat kenaikan titer alfafetoprotein dan pembesaran atau pembengkakan hati.

Sampai di sini dulu pembahasan kita tentang gejala kanker hati. Akhir kata dari saya, tetap waspada dan jalankan selalu pola hidup sehat okay?

(sumber gambar artikel gejala kanker hati dan penyebab kanker hati : www.zazzle.ca)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Hanya satu dari seratus penderita kanker rahim yang dapat bertahan hidup. Mengapa? Karena seperti pada …

Hati-Hati Dengan 5 Gejala Kanker Hati Ini !!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hati-Hati Dengan 5 Gejala Kanker Hati Ini !!