Home » Penyakit » Gejala Kanker Getah Bening : Waspadai Tanda-Tandanya !!

Gejala Kanker Getah Bening : Waspadai Tanda-Tandanya !!

Gejala Kanker Getah Bening : Waspadai Tanda-Tandanya !!

Nama sistem kelenjar getah bening mungkin bagi sebagian orang terdengar asing. Ini lebih familiar dengan pembuluh darah.

Dan bisa jadi, tidak banyak orang yang tahu pada bagian apa kanker getah bening ini menyerang.

Karena sebab tersebut di atas, maka ijinkan saya untuk memaparkan secara ringkas gejala kanker getah bening berikut penjelasannya secara singkat, okay?

Mari kita bahas bagaimana kanker ini bekerja dan seperti apa gejala kanker kelenjar getah bening tersebut…

Tubuh memiliki jaringan pembuluh halus di sekujur tubuh, di antaranya adalah pembuluh getah bening dan kelenjar getah bening.

Jaringan yang juga disebut dengan ssstem (pembuluh) limfatik ini berbentuk seperti tabung tipis yang berjalan di seluruh tubuh. Pembuluh ini seperti saluran untuk sirkulasi darah namun bentuknya jauh lebih halus dan membawa cairan tak berwarna, yang disebut dengan getah bening.

Jaringan ini adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia, di mana dia berfungsi untuk mengumpulkan cairan, “limbah”, virus, bakteri, karbondioksida yang berada di dalam jaringan tubuh, di luar aliran darah manusia.


Pembuluh ini berisi sel darah putih. Inilah yang membantu tubuh Anda melawan infeksi, menghancurkan, dan mengeluarkannya dari tubuh.

Lebih jelasnya, sebagaimana yang saya kutip dari Cancer Research UK, fungsi kelenjar getah bening terbagi menjadi beberapa.

  1. Kelenjar getah bening menyaring cairan getah bening yang melewatinya, terutama ketika terjadi penyebaran sel kanker yang melewati kelenjar ini. Maka sel kanker tersebut akan dibawa ke kelejar getah bening terdekat. Hal inilah yang menyebabkan dokter selalu memeriksa kelenjar getah bening sebagai langkah awal dalam mendiagnosa ada tidaknya sel kanker tersebut.
  2. Menyaring darah untuk mengambil sel darah merah yang sudah lama untuk dihancurkan lalu diganti dengan sel darah baru yang dibuat di sumsum tulang.
  3. Ketiga, memerangi infeksi dalam tubuh dengan cara membuat sel darah putih (limfosit) yang menghasilkan antibodi.

Jadi, secara garis besar, kelenjar getah bening berfungsi untuk sistem kekebalan tubuh. Nah, gejala kanker getah bening sendiri dapat diketahui melalui beberapa cara. Dia dapat diraba dengan jari-jari ketika sudah mengalami pembengkakkan.

Bahkan jika ukurannya sudah sedemikian besar, ciri ciri kanker getah bening tersebut dapat dilihat dengan mata telanjang. Namun untuk mengetahui apakah itu getah bening atau bukan, Anda perlu mengetahui di mana saja kelenjar getah bening ini berada.

Anda mau tahu kan dimana kelenjar getah bening tersebut berada? Kelenjar getah bening berada banyak pada bagian tubuh manusia. Letaknya pun ada yang bisa Anda raba, seperti di bawah lengan Anda (ketiak), di leher dan di setiap pangkal paha.

Kelenjar getah bening yang tidak dapat Anda rasakan berada di panggul, dada dan perut. Sistem limfatik ini juga berada di limpa, timus, adenoid dan amandel.

Untuk mengetahui apakah pembengkakkan yang terjadi pada areal areal di atas, perlu dilakukan pemeriksaan medis. Caranya bagaimana? Salah satu caranya adalah dengan biopsy jarum.

Jarum akan digunakan untuk mengambil sampel yang selanjutnya dilihat di bawah mikroskop oleh ahli patologi untuk diketahui apakah terdapat indikasi sel kanker ataukah tidak. Cara lainnya adalah dengan scan atau radiologi untuk mendapatkan pencitraan dari tubuh.

Kanker pada getah bening memiliki beberapa konsekuensi :

  1. Bisa jadi kanker tersebut adalah jenis yang mudah menyebar atau yang lebih mungkin untuk menyebar di areal tubuh lainnya.
  2. Ketika kanker tersebut menjadikan kelenjar getah bening sebagai satu satunya tempat ditemukan kanker, prosesi pengobatan dengan pembedahan atau operasi lebih memungkinkan untuk dapat mengangkat seluruh sel kanker. Namun, jika sel tersebut sudah menyebar jauh dari sel induknya (dan melewati kelenjar getah bening), selain dengan operasi, perlu dilakukan pengobatan lainnya seperti kemoterapi atau radiasi.

Karenanya, ketika Anda mendapati ada yang tidak beres dengan areal-areal dimana kelenjar getah bening berada, sebaiknya jangan anggap remeh. Segeralah pergi ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Siapa tahu itu adalah gejala kanker getah bening…

(sumber artikel gejala awal kanker getah bening dan ciri-ciri gejala kanker getah bening : health.kompas.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Hanya satu dari seratus penderita kanker rahim yang dapat bertahan hidup. Mengapa? Karena seperti pada …

Gejala Kanker Getah Bening : Waspadai Tanda-Tandanya


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gejala Kanker Getah Bening : Waspadai Tanda-Tandanya