Home » Penyakit » Anemia? Jangan Anggap Remeh !! Ia Awal dari Gejala Kanker Darah

Anemia? Jangan Anggap Remeh !! Ia Awal dari Gejala Kanker Darah

Anemia? Jangan Anggap Remeh !! Ia Awal dari Gejala Kanker Darah

Kanker darah atau dalam bahasa medisnya disebut sebagai leukimia ini merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang ganas.

Gejala kanker darah ini beragam dan seringnya tidak dikenali karena kita kurang waspada. Semoga Anda termasuk orang yang waspada…

Penyebab kanker darah ini belum dapat dipastikan. Namun terdapat faktor-faktor resiko yang membuat seseorang rentan menderita penyakit kanker darah ini. Maka dari itu, ijinkan saya sharing mengenai gejala kanker darah kepada Anda, okay?

Well… darah selalu mengalir dalam tubuh manusia untuk mengantarkan oksigen dan sari-sari makanan yang dapat berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Fungsinya sangat penting kan?

Akan sangat berbahaya sekali jika Anda terkena kanker darah bukan? Nah, kanker darah merupakan kelainan dari sel darah yang diproduksi dalam tubuh.

Sel darah putih diproduksi terlalu banyak, sementara sel darah putih yang lama tidak segera mati dan melakukan regenerasi menjadi sel yang baru. Akibatnya, tubuh akan mengalami kelebihan sel darah putih.

Gejala awal kanker darah ini pada umumnya adalah rasakan sakit kepala karena kekurangan darah merah. Dengan berkembangnya sel darah putih secara abnormal dalam tubuh dapat membuat sel darah merah tidak dapat melakukan regenerasi secara sempurna. Mengapa? Ia “terserang” oleh sel darah putih.


Peningkatan jumlah darah putih yang abnormal ini terjadi dalam jumlah yang banyak dan tidak terkendali. Jumlah yang abnormal ini menyebar ke seluruh tubuh sehingga tertimbun dimana-mana. Efeknya jelas parah !!

Contohnya dalam jaringan limfe. Jika penyebaran terjadi di limfe, ia dapat mengakibatkan kelenjar limfa membengkak. Jika Anda raba, akan terasa bahwa limfa tersebut membesar beberapa kali lipat dari normalnya. Pada beberapa kasus, juga terjadi pembesaran hati.

Dalam tubuh, sel darah merah seharusnya memiliki volume yang lebih banyak atau lebih tinggi daripada sel darah putih. Pada orang normal yang sehat, jika tubuh terluka karena goresan pisau misalnya, maka darah yang keluar akan menggumpal kemudian membeku.

Pada penderita kanker darah, hal itu tidak terjadi. Darah yang keluar tidak bisa berhenti dengan cepat. Hal inilah yang akan membuat anemia Anda bertambah parah. Dari buku yang ditulis oleh Guyton Arthur dengan judul “Buku Ajar Fisiologi Kedokteran” menjelaskan bahwa anemia berarti kekurangan sel darah merah.

Kekurangan sel darah merah tersebut disebabkan karena hilangnya sel darah merah secara cepat atau karena terlalu lambatnya proses reproduksi sel darah merah.

Orang yang sehat, jika ia mengalami pendarahan yang cepat, maka tubuh akan mengganti cairan plasma dalam waktu kurang lebih satu sampai tiga minggu. Tetapi hal itu menyebabkan konsentrasi sel darah merah rendah. Bila terjadi pendarahan selanjutnya, maka konsentrasi sel darah merah pun akan menjadi lebih lama lagi yaitu tiga sampai enam minggu.

Untuk kanker darah, penderita seringkali tidak mampu mengabsorbsi cukup zat besi dalam usus halus untuk membentuk hemoglobin secepat darah yang hilang. Hal ini berakibat sel darah merah menjadi lebih sedikit jumlahnya. Dan penderita akan mengalami anemia yang lebih parah lagi.

Eniwei, gejala anemia ini sendiri biasanya berupa cepat merasa kelelahan, muka pucat, mudah merasa sakit kepala dan nafas seperti diburu sehingga bernafas dengan cepat. Hal ini dikarenakan sel darah merah dalam pembuluh darah kurang, sehingga oksigen pun tidak dapat tersebar dengan baik.

Nah, agar Anda tahu apakah Anda terkena anemia atau tidak, Anda bisa lihat daftar standar sel darah yang normal dalam tubuh manusia di bawah ini :

  • Pria dewasa : 13.5 – 17 g/ dl
  • Wanita dewasa : 12 – 15 g/ dl
  • Ibu hamil : 11 – 12 g/ dl
  • Anak-anak : 11 – 16 g/ dl
  • Bayi : 14 – 24 g/ dl

Oh iya, orang yang memiliki sel kanker di darahnya juga bisa mengalami mimisan. Berbeda dengan mimisan yang normal terjadi karena kelelahan akibat pekerjaan berat atau karena stres, gejala kanker darah mimisan tidak dapat diketahui alasannya.

Seringkali tanpa penyebab apa-apa mendadak penderita mimisan. Dan seringnya mimisan ini membuat penderitanya mengalami kekurangan darah. Terjadinya pendarahan juga merupakan salah satu gejala kanker darah. Penderita kanker darah biasanya akan mengalami pendarahan di area gigi dan gusi.

Keluarnya darah segar dari gigi dan gusi ini tidak segera dapat dihentikan. Ia perlu waktu relatif yang cukup lama untuk menghentikannya.  Selain pendarahan di gusi dan gigi, pendarahan juga dapat terjadi dibawah kulit. Anda dapat melihat dengan jelas ciri-cirinya, yaitu terlihatnya jentik titik-titik yang cukup banyak dan berukuran kecil pada jaringan kulit.

Hal ini bisa terjadi karena sel pembekuan darah tidak mampu berproduksi dengan baik. Proses ini terjadi karena disebabkan oleh sel darah putih yang melebihi batas normal sehingga terjadilah pendarahan di jaringan kulit.

Kemudian nyeri pada tulang dan perut serta sulitnya bernafas juga merupakan salah gejala kanker darah yang sering mengikuti gejala utama anemia. Banyak orang yang mengalami anemia dan merasakan hal ini sebagai kelelahan biasa. Padahal bukan !!

Hmmm… banyak juga ya gejala kanker darah leukimia ini. Luar biasa memang. Terkhusus anemia, saya sendiri tidak menyangka kalau anemia adalah awal dari gejala kanker darah. Maka dari itu, kenalilah anemia yang Anda alami dengan bijak dan jangan sampai terlambat hingga berubah menjadi kanker darah ya.

Saya rasa saya cukupkan pembahasan mengenai penyakit kanker darah ini. Semoga ulasan tentang gejala kanker darah ini bisa sedikit membantu Anda. Thanks…

(sumber gambar artikel gejala kanker darah & gejala awal kanker darah : www.norwalkhospital.org) 

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Hanya satu dari seratus penderita kanker rahim yang dapat bertahan hidup. Mengapa? Karena seperti pada …

Bahaya !! Anemia bisa jadi Gejala Kanker Darah


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bahaya !! Anemia bisa jadi Gejala Kanker Darah