Home » Penyakit » Gejala Awal Kanker Serviks Ada di “Lokasi” Ini

Gejala Awal Kanker Serviks Ada di “Lokasi” Ini

Gejala Awal Kanker Serviks Ada di "Lokasi" Ini

Gejala awal kanker serviks hampir tidak dapat dirasakan oleh kebanyakan penderita kanker serviks.

Itulah mengapa penyakit ganas ini diam-diam bisa menggerogoti tubuh penderitanya sedikit demi sedikit hingga berujung kematian.

Penyebab utama kanker serviks yang hanya menyerang wanita ini adalah human papiloma virus, atau banyak dikenal dengan singkatan HPV.

Sebanyak 77% virus HPV ditemukan pada penderita kanker serviks, sementara yang sisanya berada di non-kanker. Kondisi inilah yang mengakibatkan banyak wanita yang mengidap kanker serviks memiliki prosentase bertahan hidup kurang dari 50%.

Di dunia, setiap dua menit sekali wanita terdiagnosis terkena kanker serviks dan dua menit kemudian meninggal dunia. Benar-benar mengerikan !! Makanya Anda harus tahu ciri kanker serviks tahap awal. Seperti apa tanda tanda terkena kanker serviks ini?

Gejala awal kanker serviks ini yang seringkali terjadi adalah rasa sakit akibat haid atau ovulasi. Karena rasa sakitnya berbarengan dengan haid serta kurangnya pengetahuan tentang gejala awal kanker serviks, maka para penderita kanker serviks serting terlambat untuk mengobati penyakit ini.

Mereka tidak sadar bahwa mikroorganisme HPV penyebab dan gejala kanker serviks yang berukuran 55 mm ini sudah berada di dalam dirinya. Virus ini berkembang biak dan menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.


Pada gejala kanker serviks stadium awal, penderita kanker serviks sulit merasakan gejala ini. Penderita kanker serviks yang terinfeksi akan merasa seperti wanita normal pada umumnya. Maka dari itu, saya coba tuliskan tanda tanda kanker serviks stadium awal berdasar lokasinya.

Gejala Awal Kanker Serviks Pada Organ Wanita

  1. Keputihan yang patogis.
    Keputihan yang patogis selalu menjadi gejala awal kanker serviks yang paling utama. Meski cairan ini secara normal dapat keluar pada vagina wanita, namun pada penderita kanker serviks lebih menyerupai cairan kental, bau tidak sedap serta warnanya tidak normal (kehijauan, kekuning-kuningan,kecoklatan). Gejala awal kanker serviks ini tidak sama di setiap kasus kanker serviks. Jadi Anda jangan hanya berpatokan pada pengalaman seseorang saja. Tapi analisa perubahan keputihan yang Anda alami.
  2. Rasa gatal dan panas pada area kewanitaan Anda.
    Biasanya wanita yang mengalami keputihan akan mengalami rasa gatal pada organ kewanitaan mereka. Rasa gatal ini terasa karena keputihan yang terjadi semakin parah.
  3. Nyeri pada area kewanitaan.
    Nyeri ini kadang timbul dan menghilang. Pada gejala awal kanker serviks, wanita biasanya merasakan sakit di mulut rahim. Rasa sakit ini memang tidak muncul dalam intensitas yang sering. Tapi rasa sakit ini akan semakin terasa ketika sel kanker berkembang lebih pesat lagi. Dan rasa nyeri juga akan semakin dirasakan saat penderita kanker serviks melakukan hubungan seksual. Benjolan yang mungkin sudah timbul membuat penderita tidak nyaman dan kesakitan. Pada tahap berikutnya, terjadi pendarahan ketika melakukan hubungan seksual.
  4. Pendarahan yang terjadi selain haid.
    Wanita biasnya memiliki siklus haid yang tetap. Namun jika siklus ini berubah, Anda patut curiga. Jika pada satu bulan Anda biasa haid satu kali kemudian tiba-tiba di tengah-tengah Anda haid lagi, maka “kejadian” ini patut Anda curigai jika timbul terus menerus. Kemudian darah yang keluar pada pendarahan ini pada awalnya hampir sama dengan darah haid. Namun semakin parah sel kanker yang tumbuh, terjadi perubahan pada darah tersebut.

Gejala Awal Kanker Serviks Pada Tubuh

  1. Kelelahan pada seluruh tubuh.
    Karena sel kanker menyerang sistem kekebalan tubuh si penderita, maka gejala awal yang sering muncul adalah rasa kelelahan yang tidak wajar.
  2. Penurunan berat badan.
    Pada penderita kanker serviks, rasa sakit dan nyeri yang dirasakan dapat membuat penderita tidak memiliki nafsu makan. Akibatnya, berat badan akan turun. Biasanya penurunan berat badan ini terjadi secara drastis. Dan karena selain nafsu makan turun, sel-sel kanker juga membuat tubuh si penderita kelelahan.
  3. Rasa nyeri pada pada saluran kemih.
    Saluran kemih yang berdampingan dengan vagina pun tidak luput dari efek dari sel kanker yang berkembang di leher rahim ini. Penderita sering kali mengalami sakit dan nyeri saat buang air kecil.

Gejala Awal Kanker Serviks Pada Kaki

  1. Pembengkakan pada area kaki.
    Pada beberapa kasus, penderita memperlihatkan pembengkakan pada area kaki. Selain itu juga timbul rasa pegal dan tidak nyaman di area selangkangan dan paha. Nyeri yang dirasakan di area wanita juga dapat menular ke bagian paha.
  2. Nyeri di area panggul.
    Wanita yang sedang mengalami haid biasanya akan merasakan nyeri atau pegal di area panggul. Hal ini karena terjadinya peluruhan dinding rahim dan dikeluarkan dalam bentuk darah haid. Namun, jika rasa nyeri pada panggul ini terjadi tidak pada saat menstruasi dan berlangsung berjam-jam lamanya, maka Anda patut curiga. Rasa sakit ini bisa berupa nyeri yang tajam, ringan sampai dengan parah pada area panggul.

Well, karena gejala awal kanker serviks ini sulit diketahui, ada baiknya Anda para wanita melakukan tes papsmear secara rutin sebbagai bentuk awal pencegahan kanker serviks. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mendeteksi gejala kanker serviks lebih dini.

Tes ini dapat dilakukan pertama kali pada usia 21 tahun dan selanjutnya dilakukan secara berkala tiga tahun sekali sampai pada usia 65 tahun. Dengan demikian, gejala awal kanker serviks dapat Anda ketahui dengan cepat dan dapat Anda obati.

(sumber gambar artikel gejala kanker serviks pada wanita : www.kawankumagz.com)

Tentang Om Nip-Nip

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Radiasi dan Zat Kimia, Sang Penyebab Kanker Darah

Radiasi dan Zat Kimia, Sang Penyebab Kanker Darah

Kanker darah merupakan penyakit kanker dimana salah satu neoplasma memiliki sifat ganas yang berasal dari …

Gejala Awal Kanker Serviks Ada di "Lokasi" Ini


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gejala Awal Kanker Serviks Ada di "Lokasi" Ini