Home » Food Combining » Food Combining Indonesia : Solusi Hidup Sehat Anda

Food Combining Indonesia : Solusi Hidup Sehat Anda

Food Combining Indonesia : Solusi Hidup Sehat Anda

Tiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat. Namun tubuh yang sehat dengan penampilan menarik akan menjadi nilai lebih, iya kan?

Nah, beberapa tahun ini telah berkembang food combining Indonesia dengan mengadaptasi pola makan sehat yang dikenalkan pertama kali oleh Dr. William Howard Hay pada awal tahun 1900.

Beliau seorang dokter bedah, seorang ahli kesehatan yang terkenal dari Amerika Serikat yang telah mengembangkan pola ini. Apa sih food combining Indonesia itu? Mungkin terkesan agak susah untuk dimengerti pada awalnya ya?

Di benak Anda pasti muncul banyak pertanyaan seperti makanan yang dikombinasikan itu seperti apa, apa yang harus Anda lakukan jika menjalani food combining ini, apakah benar diet food combining turun berat badan berhasil, dan sebagainya. Okay, saya jelaskan dulu bagaimana konsep food combining Indonesia ini.

Jadi begini… di tiap makanan, masing-masingnya memiliki kandungan lain-lain, yaitu karbohidrat, protein, lemak dan sebagainya. Makanan akan memiliki waktu yang berbeda-beda dalam mencerna berdasarkan setiap kandungan yang dimilikinya.

Dengan mengkombinasikan makanan yang boleh dimakan bersama-sama dan yang tidak boleh dimakan bersama akan memaksimalkan proses pencernaan, sehingga tidak akan menjadi limbah atau sampah dalam metabolisme tubuh. Hal ini yang nantinya menjadi cikal bakal penyakit, karena adanya penimbunan limbah ini.

Limbah itulah yang akan menyebabkan berbagai penyakit, antara lain pengentalan darah, strok, diabetes, kanker, dan sebagainya. Banyak ya jenis penyakitnya? Memang kebanyakan penyakit sering timbul karena asupan kita yang sering tidak terkontrol.


Nah, apa saja yang harus Anda perhatikan untuk kandungan-kandungan dalam metode food combining Indonesia? Seorang ahli gizi dari Belanda bernama Jan Dries, mengatakan ada 3 unsur utama yang terkandung dalam makanan yaitu karbohidrat dan lemak.

  • Pati
    Terdapat dua jenis yang alami (umbi-umbian, beras merah, biji-bijian) dan yang buatan (roti, biskuit, krupuk, dan sebagainya)
  • Gula
    Sama halnya dengan pati yang ada karbohidrat, namun molekul yang terdapat di gula lebih pendek sehingga dapat dicerna dengan lebih cepat. Contoh : madu, buah-buahan segar, sirup, selai dan sebagainya.
  • Lemak
    Kandungan yang satu ini dapat memperlama masa pencernaan kita, sehingga kita dapat kenyang lebih lama. Karena itu jangan terlalu berlebihan mengkonsumsinya. Contohnya krim, mentega, minyak, susu.
  • Protein
    Unsur penting dalam tubuh untuk pertumbuhan. Contohnya daging sapi, ayam, telur ayam, dan sebagainya.
  • Asam
    Unsur ini dapat mempengaruhi makanan lain jika dikombinasikan.

Berdasarkan pembagian makanan berdasar pada unsur makanan yang dikandungnya, maka ada beberapa resep makanan food combining yang diperbolehkan dikombinasikan, yaitu protein dan lemak, pati dan lemak, lemak dan asam, gula dan asam, dan yang terakhir kombinasi dari protein nabati.

Inilah inti dari food combining Indonesia… sederhana bukan? Awalnya Anda tidak perlu memusingkan dengan sistem pencernaan yang begiru rumit. Cukup makan menu harian food combining yang kombinasinya sesuai untuk memaksimalkan kinerja pencernaan Anda.

Siklus Pencernaan untuk Memaksimalkan Food Combining Indonesia

Dalam food combining Indonesia, disebutkan manusia memiliki sistem pencernaan yang memiliki waktu yang berjalan tiap waktunya secara dinamis setiap harinya. Seperti waktunya?

  • 04.00 – 12.00
    Waktu  dimana tubuh sedang melakukan sistem pembuangan. Karena fokus sedang melakukan pembuangan, sebaiknya Anda tidak makan saat sesuatu yang susah dicerna.
  • 12.00 – 20.00
    Proses pencernaan dilakukan pada waktu ini. Saat inilah Anda dapat memberikan asupan tubuh yang cukup berat seperti makanan yang mengandung lemak dan protein. Namun perhatikan untuk kombinasinya dengan baik.
  • 20.00 – 04.00
    Biasanya Anda istirahat pada waktu ini. Jadi baik untuk proses penyerapan dan asimilasi. Sebaiknya Anda sudah menghentikan aktivitas makan di waktu ini. Tidurlah cukup agar energi dapat benar-benar digunakan untuk proses penyerapan dan asimilasi.

Eh sebentar… dari tadi saya hanya bicara food combining Indonesia melulu tapi nggak pernah cerita tentang sejarah food combining Indonesia ya? Baiklah, saya ceritakan sedikit “sejarah” food combining Indonesia.

Food combining Indonesia pertama kali diperkenalkan oleh Andang Gunawan pada tahun 1999. Yah, walaupun sudah berkembang cukup lama di luar negri, di negeri sekitar kita baru mulai dikenalkan sejak peluncuran buku Andang Gunawan dengan judul “Kombinasi Makanan Serasi” yang menjadi best seller pada saat itu.

Buku tersebut sebenarnya ditulis berdasarkan pada kisah hidupnya saat merawat suaminya. Berkat menu food combining Andang Funawan ini pula lah, alhamdulillah… suaminya dapat sehat kembali.

Selain Andang, Wied Harry jurusan Gizi Masyarakat dan Sumber Daya keluarga IPB Bogor juga seakan mengamini buku yang diterbitkan Andang Gunawan. Banyak orang bermunculan dan menyatakan kesuksesan karena menjadi sehat dan secara penampilan menjadi lebih menarik.

Nah, dari uraian diatas, bagaimana menurut Anda? Untuk hidup sehat banyak pola yang ditawarkan. Namun melalui food combining ini,semua menjadi lebih mudah karena Anda cukup memperhatikan waktu tanpa harus menakarnya.

Dan bagi Anda yang memilki media sosial seperti twitter dan facebook, Anda dapat mengikuti beberapa tips dan menu yang ada di page maupun grup food combining Indonesia yang sudah banyak diterapkan dan terbukti berhasil. Selamat mencoba !!

(sumber gambar : www.freepik.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Ini Dia Cara Menyusun Menu Food Combining yang Benar

Ini Dia Cara Menyusun Menu Food Combining yang Benar

Saya sudah pernah membagikan kepada Anda tentang apa itu food combining Indonesia kan? Kalau Anda …

Food Combining Indonesia : Solusi Hidup Sehat Anda


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Food Combining Indonesia : Solusi Hidup Sehat Anda