Home » Food Combining » Food Combining Andang Gunawan : Pelopor Kombinasi Makanan Sehat di Indonesia

Food Combining Andang Gunawan : Pelopor Kombinasi Makanan Sehat di Indonesia

Food Combining Andang Gunawan : Pelopor Kombinasi Makanan Sehat di Indonesia

Anda yang hobi dengan makanan sehat pasti pernah dengar dengan apa yang dinamakan “Food Combining Andang Gunawan”.

Tapi sebelum kita membahas “Food Combining Andang Gunawan”, saya jelaskan kepada Anda terlebih dahulu mengenai sejarah food combining.

Food Combining awalnya merupakan pola makan yang banyak digunakan warga Palestina pada 3000 tahun yang lalu, walaupun saat itu belum menggunakan istilah food combining.

Kemudian food combining semakin populer setelah “dikenalkan” oleh dr. William Howard Hay. Di Indonesia sendiri, masyarakat mulai mengenal teori kombinasi makanan ini berkat peluncuran buku food combining Andang Gunawan pada tahun 1999. Maka dari itu, mungkin di antara Anda sudah familiar dengan food combining Andang Gunawan.

Sejak tahun 1999 hingga kini, buku food combining Andang Gunawan menjadi best seller dan sudah dicetak ulang beberapa kali. Buku best seller tersebut bisa Anda jadikan panduan lengkap bagi Anda yang ingin hidup sehat mengikuti cara food combining Andang Gunawan.

Tapi apa yang menjadi alasan bagi Andang Gunawan membuat buku tersebut? Wanita kelahiran Ujung Pandang, 8 September 1955 ini sebelumnya tidak tahu apa itu food combining. Wajar…  karena pola hidup dengan mengkombinasikan makanan itu tidak populer di Indonesia.

Cerita bergulir ketika suaminya sakit menahun. Suaminya, Maxi Gunawan, mengalami sakit kepala dan perut yang lain dari biasanya. Lebih dari 6 tahun Maxi merasakan serangan asma, maag, sakit kepala, sariawan dan kelelahan kronis. Setelah pemeriksaan lebih lanjut, suaminya memperlihatkan adanya gejala liver.


Setelah mendapatkan pemeriksaan terakhir itulah, dokter memberikan asumsi bahwa Maxi harus istirahat, diet dan tentu saja minum sejumlah obat. Ya, lagi-lagi obat yang diberikan kepada Maxi tidak dalam jumlah yang tidak sedikit.

Andang merasa seakan suaminya saat itu akan menjadi timbunan sampah obat yang siap meledak dengan kegagalan ginjal karena terlalu bekerja ekstra. Saya rasa pemikiran Andang sangat beralasan saat itu, iya kan?

“Bagaimana tubuh menerima berbagai macam obat kimia tersebut akan bertahan ketika mendapatkan pekerjaan yang overload?” Saya juga tidak bisa membayangkan…

Nah, berawal dari itulah Andang Gunawan mulai mempelajari berbagai macam alternatif pengibatan yang tidak beresiko terhadap kerja ginjal suaminya. Selain obat, ia setuju untuk lebih konsentrasi pada pengobatan yang lebih menitik-beratkan istirahat dan diet.

Dalam kasus Maxi, untuk istirahat, tidak terlalu susah untuk dilakukan. Tentu saja semua orang tahu bagaimana caranya beristirahat. Lalu bagaimana dengan diet? Terlalu banyak metode diet yang ditawarkan.

Dan kebanyakan diet rendah kalori akan membuat pelaku diet merasa lemas karena kekurangan energi. Jika memesan menu dari sebuah catering pun, menu yang diberikan seringkali tidak sesuai dengan selera dan rasanya sudah pasti tawar.

Setelah Andang Gunawan mencari metode diet yang tepat, akhirnya ia menemukan sebuah pola makan yang sehat, yaitu food combining. Awalnya, food combining ini bertujuan untuk kesehatan dengan mengatur pola makan saja.

Pada perkembangannya, pola makan ini justru membuat tubuh Anda menjadi langsing. Menjadi sehat dan langsing adalah harapan banyak orang, termasuk Anda bukan? Tubuh yang langsing namun penuh penyakit tentu dapat membuat hidup Anda menderita.

Oh iya… ada satu hal yang kontradiktif antara food combining dengan pola makanan sehat yang diketahui oleh banyak orang Indonesia. Dari sudut pandang menu food combining Andang Gunawan, pola yang selama ini berkembang terutama di Indonesia untuk menggalakkan pola makan 4 sehat 5 sempurna selama ini salah kaprah.

Padahal hal ini banyak dianjurkan oleh banyak ahli gizi di Indonesia. Faktanya, pola makan ini tidak sepenuhnya memberikan keberhasilan yang signifikan bagi setiap orang. Jenis-jenis makanan seperti sayuran, daging, ikan, nasi, talur dan susu merupakan unsur yang memang dibutuhkan tubuh.

Orang Indonesia pada umumnya tidak merasa makan jika belum makan nasi. Atau merasa sehari harus makan 3 kali… pagi, siang, dan malam dengan menu lengkap 4 sehat 5 sempurna itu.

Kebutuhan orang akan karbohidrat dan protein memang penting, tapi untuk jenis-jenis tertentu tidak bisa dikonsumsi secara bersamaan. Buah-buahan dan sayuran yang merupakan karbohidrat alami malah kadang justru menjadi makanan sampingan yang porsinya lebih kecil.

Kebalikannya, untuk protein justru lebih banyak diutamakan, karena tergiur dengan banyaknya jenis makanan yang ada saat ini. Ironi kan? Kembali lagi ke kasus suami Anda Gunawan, dengan food combining ini, ternyata suami Andang Gunawan mampu sehat kembali tanpa obat sebutir pun.

Hebatnya lagi, Maxi Gunawan berhasil menurunkan berat badan sampai dengan 8 kg dalam dua setengah bulan tanpa harus kelaparan dan nafsu makan hilang karena makanan yang tidak ada rasanya.

Sejak itulah banyak orang mulai tahu tentang pola makan ini. Bahkan Andang Gunawan sendiri akhirnya belajar kembali di sekolah gizi Queensland Institute of Natural Science, Australia untuk memperkaya ilmunya.

Walaupun sampai saat ini masih banyak dari golongan dokter yang menentang pola makan Andang Gunawan food combining, namun tidak sedikit testimoni yang menyatakan keberhasilannya. Jadi bagi Anda yang memiliki permasalahan  yang sama dengan kasus Maxi Gunawan dapat memulai pola makan “Food Combining Andang Gunawan”.

Apalagi jika Anda memiliki komplikasi penyakit yang tidak ringan. Biasanya Anda akan panik dan meminum obat dokter. Belum lagi jika orang sekitar Anda menyarankan obat herbal yang ini bagus atau yang itu bagus.

Akhirnya Anda meminum semua obat itu. Kira-kira bagaimana dengan ginjal Anda? Tentunyan ia akan “berteriak kelelahan” saking capeknya mencerna semua obat-obat itu. So hemat saya tidak ada masalah untu mencoba “Food Combining Andang Gunawan”. Toh segala cara perlu dicoba agar Anda bisa mendapatkan hasil yang optimal, benar kan?

(sumber gambar artikel pola makan food combining andang gunawan: heathereatsalmondbutter.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Food Combining Indonesia : Solusi Hidup Sehat Anda

Food Combining Indonesia : Solusi Hidup Sehat Anda

Tiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat. Namun tubuh yang sehat dengan penampilan menarik …

Food Combining Andang Gunawan : Sehat, Mudah, Lezat


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Food Combining Andang Gunawan : Sehat, Mudah, Lezat