Home » Diet » Metode Piring, Diet Untuk Diabetes yang Mudah

Metode Piring, Diet Untuk Diabetes yang Mudah

Diet Untuk Diabetes ImageDiabetes adalah penyakit dengan kadar gula melebihi angka normal. Diabetes pun ternyata tidak hanya menjangkiti orang tua saja namun anak anak pun juga dapat terkena. Pada sebagian orang, diabetes identik dengan orang orang berbadan subur. Karena itu, salah satu tujuan diet untuk diabetes adalah mempertahankan berat badan menjadi normal.

Banyak orang beranggapan akan merasa sulit memilih makanan jika sudah terkena penyakit ini. Makan ini khawatir naik gula darahnya, makan itu kebanyakan takut ini juga takut. Padahal yang perlu Anda lakukan hanyalah mengontrol porsinya saja.

Tujuan dari diet untuk diabetes sebagai mana kami kutip dari brosur diet diabetes mellitus yang diterbitkan oleh Departemen Kesehatan RI adalah pertama, memberikan makanan sesuai kebutuhan; kedua, mempertahankan kadar gula darah sampai menjadi normal atau mendekati normal; ketiga, mempertahankan berat badan menjadi normal; keempat, mencegah terjadinya gula darah menjadi terlalu rendah sehingga dapat mengakibatkan pingsan; dan kelima, mengurangi atau mecegah komplikasi.

Penyakit penyakit komplikasi bagi penderita penyakit diabetes adalah hyperlipidemia (kolesterol dan trigliserida), jantung, tekanan darah tinggi, gagal ginjal, kebutaan, impotensi, dan lainnya. Penggunaan diet untuk diabetes pun juga harus disesuaikan dengan kondisi fisik dan kebutuhan penggunanya, semisal bagi ibu hamil, penderita TBC, penderita penyakit liver.

Salah satu metode diet untuk diabetes yang dapat Anda coba adalah seperti di bawah ini. Berfokus pada 3 hal: metode piring, menghitung karbohidrat, dan indeks glemik.

Prinsip dari metode piring adalah Anda mengatur isi piring Anda sendiri. Bahkan Anda boleh mengisinya dengan makanan makanan yang ingin Anda makan namun tetap memperhatikan porsi makanan Anda tanpa berlebihan. Berikan porsi terbesar dalam piring Anda untuk sayuran non tepung. Sayuran non tepung tersebut mencakup:

  • Bayam, selada hijau, wortel, kubis.
  • Kacang hijau, brokoli, tomat, dan kembang kol.
  • Mentimun, bawang, buah bit, jus sayuran.
  • Jamur, lobak, paprika.

Lalu, untuk porsi karbohidrat, berikanlah ruangan kecil saja. Bagaimana pun karbohidrat tetap Anda butuhkan karena dia adalah sumber energy Anda selama beraktivitas. Namun juga perlu diatur porsinya karna biasanya makanan yang mengandung karbohidrat dapat dengan mudah diubah menjadi gula dalam tubuh sehingga kadar gula Anda cepat naik tanpa sadar. Sumber karbohidrat yang dapat Anda tempatkan di sana di antaranya:

  • Roti gandum,
  • Sereal: oatmeal, bubur jagung,
  • Nasi, pasta
  • Kacang yang dimasak dan kacang polong,
  • Kentang, jagung, kacang hijau, ubi jalar, labu,
  • Kripik, popcorn, biscuit rendah lemak.

Untuk isi piring Anda yang terakhir adalah untuk protein non lemak. Anda dapat memasukkan makanan ini ke dalam piring Anda:


  • Daging kalkun tanpa kulit, ayam tanpa lemak,
  • Ikan salmon, ikan tuna, ikan patin,
  • Udang, kepiting, kerang, tiram,
  • Daging sapi,
  • Telur, keju rendah lemak, tahu

Sebagai pelengkap, Anda dapat menambahkan satu buah porsi buah buahan segar dan satu gelas susu rendah lemak. Anda pun juga boleh minum minuman rendah kalori, seperti air mineral, teh tanpa gula, maupun kopi.

Untuk cemilan, Anda juga perlu mengontrol asupan karbohidrat dan gula yang masuk ke dalam tubuh Anda. Dalam per hari kadar karbohidrat dan gula, Anda hanya boleh mencapai pada batas tertentu.

Selain memperhatikan asupan makanan yang Anda makan, Anda juga membutuhkan olahraga. Berjalan kaki juga dapat membantu Anda mendapatkan berat badan ideal. Berjalanlah lebih banyak dari biasanya. Jika jarak yang hendak Anda tuju cukup dekat, lebih baik tinggalkan kendaraan Anda di tempat parkir atau di rumah, dan berjalan kakilah.

Bagaimana, mudah bukan diet untuk diabetes di atas? Tertarik mencoba?

(sumber gambar : obatpelunturlemak.files.wordpress.com)

Tentang Admin 01

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu WRP Diet Image

Susu WRP Diet Body Shape Energetic: Energi Tetep Oke Sekalipun Sedang Diet

Setelah sebelumnya membahas Susu diet WRP Body Shape Balance, sekarang kita beralih pada susu WRP …

Metode Piring, Diet Untuk Diabetes yang Mudah


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Metode Piring, Diet Untuk Diabetes yang Mudah