Home » Diet » Diet Tanpa Olahraga… Memangnya Bisa Ya?

Diet Tanpa Olahraga… Memangnya Bisa Ya?

Diet Tanpa Olahraga... Memangnya Bisa Ya?

Kadang saya mendengar pertanyaan seperti ini, “Memangnya bisa ya diet tanpa olahraga?” Sebuah pertanyaan yang bagus.

Tapi sebelum saya menjawabnya, perkenan saya untuk menjelaskan diet yang bagaimana sih yang benar? Karena hal ini penting untuk Anda pahami agar Anda tidak salah kaprah dalam melakukan diet.

Nah, bagi sebagian orang, diet mudah tanpa olahraga dengan mengurangi porsi makanan secara ekstrem dapat adalah pilihan favorit mereka untuk menurunkan berat badan. Kalau pun hal ini berhasil, biasanya akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh mereka.

Perhatikan saja raut wajah orang-orang yang dulu Anda kenal. Dulu bertubuh subur, punya rona wajah yang segar dan kuat melakukan banyak aktivitas. Namun ketika dia menjalankan program (yang katanya itu) diet, yang berubah tidak hanya bentuk tubuhnya.

Tetapi juga rona wajahnya jadi lebih pucat dan dia merasa jadi mudah capek padahal baru sedikit beraktivitas.

Bahkan yang lebih ekstrem lagi, sebagian orang di dunia barat terjangkiti penyakit psikologis yang bernama Anoreksia Nervosa. Ini adalah gangguan psikis dimana si penderita takut untuk terlihat gemuk sehingga dia menolak untuk makan sekalipun dirinya sangat kelaparan.

Hal ini menjangkiti baik laki-laki maupun perempuan. Namun lebih umumnya terjadi pada kaum remaja putri. Mengapa banyak orang yang salah dalam melakukan diet? Ini terjadi karena kebanyakan orang salah kaprah dalam mengartikan kata diet.


Disangkanya, diet adalah program pengurangan porsi makan besar-besaran. Ada sebagian orang yang akhirnya merelakan diri hanya makan buah dan memperbanyak konsumsi air putih sebagai pengganti makanan hariannya.

Otomatis, sarapan pagi sengaja dilewatkan. Padahal sarapan pagi sangat penting bagi kesehatan tubuh, terutama untuk kinerja otak dan penstabilan gula darah.

Dan lagi, tidak banyak yang tahu kalau ternyata sarapan pagi dapat membantu seseorang mengatur selera makannya sehingga dapat membantunya untuk menurunkan berat badan kan?  Lalu, apa itu diet?

Diet menurut kamus besar bahasa Indonesia bermakna aturan makanan khusus untuk kesehatan (biasanya atas petunjuk dokter atau ahli gizi). Menurut para ahli gizi, untuk mendapatkan diet sehat ada beberapa hal perlu Anda lakukan, di antaranya adalah :

  • Menjauhi makanan yang tidak sehat. Makanan yang tidak sehat biasanya yang banyak mengandung lemak, kolesterol, gula dan kalori tinggi. Tapi ingat, tubuh Anda tetap membutuhkan asupan kalori dan gula yang cukup;
  • Konsumsi buah dan sayur yang mengandung serat dan vitamin;
  • Mineral cukup;
  • Disiplin mengatur pola makan; dan
  • Olahraga teratur.

Nah, khusus untuk olahraga, biasanya dijadikan sebagai senjata andalan bagi orang-orang yang menjalankan program diet. Memang benar. Olahraga yang teratur (dan tidak berlebihan) dapat membakar timbunan lemak dalam tubuh sehingga lemak-lemak yang biasanya bersarang diseputar perut, paha dan lengan jadi menyusut dan tergantikan dengan otot.

Lalu, olahraga apa yang efektif untuk program diet? Aerobik, lari, bersepeda dan berenang adalah beberapa olahraga ringan yang bisa Anda jadikan pilihan. Namun sebenarnya, pilih olahraga adalah yang membuat tubuh Anda banyak bergerak.

Dengan banyak bergerak, pembakaran lemak dalam tubuh akan lancar sehingga timbunan makanan tidak sempat mengendap serta berubah menjadi tumpukan lemak.

Nah, balik lagi ke topik kita kali ini, apakah bisa kita melakukan diet tanpa olahraga? Begini, diet pada dasarnya digunakan untuk membantu Anda mendapatkan kualitas tubuh yang sehat. Kunci diet berasal dari sehatnya makanan yang dikonsumsi (juga teratur) dan cukupnya gerak tubuh yang dilakukan.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan tubuh yang sehat tanpa harus berolahraga (diet alami tanpa olahraga), maka perbanyaklah aktivitas tubuh Anda. Jangan bermalas-malasan dengan tidak melakukan apa pun. Mencuci baju, menyapu halaman dan rumah, juga mengepel lantai rumah bisa jadi pilihan menyehatkan bagi Anda.

Jadi bagaimana kesimpulannya? Kesimpulannya adalah Anda tetap bisa melakukan diet tanpa olahraga dengan catatan, perbanyaklah kegiatan. Tapi saran saya, tetaplah berolahraga karena berolahraga dapat menghilangkan lemak dalam tubuh lebih cepat.

(sumber gambar artikel diet sehat tanpa olahraga : www.earthtimes.org)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu WRP Diet Image

Susu WRP Diet Body Shape Energetic: Energi Tetep Oke Sekalipun Sedang Diet

Setelah sebelumnya membahas Susu diet WRP Body Shape Balance, sekarang kita beralih pada susu WRP …

Diet Tanpa Olahraga... Memangnya Bisa Ya?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Diet Tanpa Olahraga... Memangnya Bisa Ya?