Home » Diet » Diet Tanpa Nasi? Tetep Bisa Kok. Nothing’s Impossible !!

Diet Tanpa Nasi? Tetep Bisa Kok. Nothing’s Impossible !!

Diet Tanpa Nasi? Tetep Bisa Kok. Nothing's Impossible !!

Diet tanpa nasi, bisa? Bisa sekali. Anda tetap makan nasi. Tapi nasinya bukan nasi putih. “Memang ada nasi yang warnanya bukan putih?” Ada lah… Apa? Nasi (beras) merah. “Hmmm… Begitu ya?

Ya… Nasi merah adalah nasi paling pas pengganti nasi putih. Makan tanpa nasi bagi orang Indonesia seperti belum makan. Rasanya seperti ada yang hilang. Dan yang paling penting, tidak mudah membiasakan lidah makan tanpa nasi.

Dan berita baiknya, ternyata ada varian beras lain yang tetap bisa Anda konsumsi ketika Anda memutuskan untuk melakukan diet tanpa nasi putih, salah satunya adalah nasi merah.

Memang, untuk masalah rasa, nasi putih memang tidak ada tandingannya. Ia memiliki rasa yang enak dan manis jika Anda kunyah dalam waktu lama, benar kan? Tetapi perlu Anda ketahui, ternyata nasi putih memiliki banyak kandungan gula yang bisa menyebabkan penyakit diabetes.

Dan jika Anda sudah terkena penyakit diabetes, Anda harus membatasi konsumsinya atau bahkan menggantinya dengan sumber karbohidrat yang lain. Belum lagi ternyata nasi putih memiliki kandungan serat yang lebih rendah dibandingkan nasi (beras) merah.

Padahal Anda perlu makan nasi putih dalam jumlah banyak jika Anda ingin kenyang, iya kan? “Lho, emangnya nasi merah lebih banyak serat daripada nasi putih?” Ya… jadi begini, beras merah memiliki kandungan nutrisi yang lebih dari nasi putih seperti magnesium, serat, protein, dan zat besi.

Segelas beras merah tumbuh memiliki kandungan kalori sebanyak 216,45. Selain itu, beras merah juga mengandung mangan, selenium, dan magnesium. Kandungan mangan dalam kadar cukup akan membuat sistem saraf Anda menjadi sehat.


Beras merah juga baik bagi Anda yang punya penyakit diabetes tipe 2, jantung, asma dan kanker usus. Mengonsumsinya pun juga akan melancarkan sistem pencernaan Anda sehingga BAB-pun lancar. “Kalau saya pengen diet tanpa nasi tapi nggak suka makan nasi merah gimana?”.

Bisa saja!! Selain beras merah, Anda juga bisa melakukan diet tanpa nasi dengan cara mengganti nasi putih dengan kentang. Kentang termasuk varian umbi-umbian yang kaya serat. Kentang mengandung pati resisten yang akan membantu pembakaran lemak. Zat yang lebih dahulu masuk akan dicerna dan diserap sehingga memancing tubuh untuk membakar lemak lebih banyak. Kentang  juga memiliki kandungan potassium, protein, zat besi, vitamin B-1, B-2, dan B-3.

Selain itu, kentang memiliki kandungan yang bisa menjadi pembentuk zat besi dalam darah. Kentang akan membantu pertumbuhan bakteri baik yang berguna dalam saluran pencernaan Anda. Anda bisa mengolahnya menjadi sup.

Tapi jangan terus Anda makan kentang goreng ya… Kentang goreng tidak baik bagi kesehatan. Cuman ada satu problem… Bagi penderita diabetes, tidak disarankan untuk mengonsumsi kentang karena kentang memiliki kandungan yang dapat diubah menjadi gula dalam tubuh. “Okay, apa lagi diet tanpa nasi selain makan kentang dan nasi merah?”.

Jagung !! Jagung termasuk sumber karbohidrat yang kaya serat. Jagung pun bagus untuk kesehatan mata dan paru-paru. Pilihlah jagung organik yang bebas pestisida. Jagung sendiri  memiiki kandungan kalori sebesar 335 untuk per 100 gramnya.

Selain itu, jagung juga kaya dengan protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, vitamin B-1, kalsium, fosfor dan air. Jagung dapat membantu Anda memperbaiki saluran pencernaan karena kandungan seratnya.

Untuk Anda yang menderita penyakit diabetes dan hipertensi, jagung adalah pilihan tepat yang dapat membantu Anda untuk menurunkannya. Jagung juga bagi untuk penderita penyakit jantung karena dapat mengontrol kadar kolesterol.

Kandungan karoten, bioflavinoid dan vitamin C dalam jagung manis akan menjaga jantung Anda tetap sehat dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.  Anda bisa menjadikannya nasi jagung, merebusnya atau memasukkannya ke dalam sup sayur Anda.

Gandum juga masuk deretan makanan sebagai pengganti nasi bagi Anda yang sedang berdiet. Tingginya kandungan serat dalam gandum, akan mencegah serangan jantung karena dapat menyerap kolesterol dan mencegah kanker payudara. Adanya kandungan asam filtat akan melindungi usus besar Anda dari bahaya kanker kolon.

“Hmmmm… lumayan banyak juga pengganti nasi ya?” Sebentar… ada lagi, gandum. Mengonsumsi olahan gandum akan mengurangi resiko hipertensi dan menurunkan kadar kolesterol. Gandum juga memiliki kadar antioksidan yang tinggi yang mampu melawan radikal bebas. Anda dapat mengonsumsi gandum dalam bentuk roti maupun oatmeal.

So, tidak perlu merasa susah saat Anda menjalankan diet tanpa nasi. Walaupun Anda tidak boleh makan nasi putih, masih banyak pilihan karbohidrat yang bisa Anda konsumsi. Dan ketika Anda sudah kenyang, keinginan Anda untuk memakan nasi putih pun akan hilang dengan sendirinya. Dengan begitu diet tanpa nasi tetap dapat Anda tuntaskan sampai target berat badan Anda tercapai, okay?

(sumber gambar : elephanteats.wordpress.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu WRP Diet Image

Susu WRP Diet Body Shape Energetic: Energi Tetep Oke Sekalipun Sedang Diet

Setelah sebelumnya membahas Susu diet WRP Body Shape Balance, sekarang kita beralih pada susu WRP …

Diet Tanpa Nasi? Tetep Bisa Kok. Nothing's Impossible !!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Diet Tanpa Nasi? Tetep Bisa Kok. Nothing's Impossible !!