Home » Diet » Diet Tanpa Garam: Kurangi Berat Badan sampai Resiko Penyakit Jantung

Diet Tanpa Garam: Kurangi Berat Badan sampai Resiko Penyakit Jantung

Diet Tanpa Garam ImageDiet tanpa garam adalah salah satu varian dari diet. Akhir akhir ini, banyak orang berbondong bondong melakukan diet demi mendapatkan tubuh yang diidamkan dan juga agar lebih sehat. Diet tanpa garam atau bisa disebut dengan diet mayo dapat Anda lakukan hanya dalam waktu 13 hari saja. Dan katanya sanggup menurunkan berat badan Anda sampai 4 kg. Tertarik?

Sebagai pembuka, diet tanpa garam ini hanya dianjurkan untuk Anda lakukan dalam jangka waktu pendek saja dan selanjutnya, Anda dapat mulai mengurangi penggunaan garam menjadi 1 sendok teh per harinya. Pembatasan penggunaan garam pada makanan ini tentu bukan tanpa sebab.

Kebanyakan warga Amerika yang dikenal umum banyak memiliki masalah dengan berat badannya, terbiasa mengonsumsi garam dengan jumlah 20 kali lipat dari kebutuhan dasar yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, konsumsi seperti ini lambat laun akan mengganggu kesehatan, tidak hanya pada masalah penambahan berat badan semata.

Diet ini sendiri, selain dapat membantu penurunan berat badan Anda, juga untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan penyakit komplikasi dari tekanan darah tinggi lainnya, seperti gagal ginjal. Focus dari diet ini juga adalah agar Anda mendapatkan kualitas kesehatan yang lebih baik untuk jangka panjangnya.

Lalu makanan apa saja yang boleh dikonsumsi selama menjalani diet ini? Diet ini pada dasarnya membolehkan Anda untuk mengonsumsi semua jenis makanan, asalkan ada pembatasan (terutama dalam hal penggunaan garam). Fokusnya pun adalah Anda mengonsumsi makanan sehat dalam jumlah banyak dengan mengurangi kadar kalori yang diserap oleh tubuh. Makanan yang paling disarankan adalah buah dan sayur sayuran.

Sebagaimana dikutip dari website resmi Mayo Clinic, pembagian makanan pada diet ini dalam bentuk pyramid. Pemilihan karbohidrat pun lebih kepada jenis karbohidrat kompleks (yang akan diolah dan diserap tubuh secara perlahan lahan sampai tak menyisakan kalori untuk jadi lemak), seperti olahan gandum. Untuk protein sendiri, Anda dapat mengonsumsi protein tanpa/ rendah lemak, seperti susu rendah lemak, kacang kacangan, dan ikan.

Untuk daging, pilih bagian yang tidak mengandung lemak dan masaklah dengan menghindari digoreng karena dapat menimbulkan kolesterol. Selain itu, gunakan juga produk makanan kemasan (margarin dan minyak) yang tidak mengandung lemak jenuh karena lemak jenuh sangat tidak menyehatkan jantung dan malah menambah kolesterol jahat pada darah Anda. sebaliknya, gunakan makanan yang menjadi sumber lemak tak jenuh yang justru dapat menyehatkan jantung Anda.

Diet ini juga meminta Anda untuk banyak melakukan aktifitas fisik, seperti olahraga. Dalam sehari, setidaknya lakukan olahraga sampai 30 menit. Bahkan jika Anda dapat melakukan lebih dari itu adalah lebih baik. Carilah aktivitas aktivitas yang dapat menggerakkan tubuh Anda lebih sering.


Fokusnya, adalah Anda mengeluarkan keringat lebih banyak dan lebih sering. Ini, selain untuk mengurangi kadar garam dalam tubuh juga untuk menggunakan energy yang dihasilkan oleh kalori yang Anda makan. Dengan banyak bergerak, maka kalori Anda akan banyak terbakar dan tak sempat menjelma menjadi lemak.

Kalori yang dibutuhkan oleh tubuh dalam per harinya rata rata adalah 1.200 kk. Namun ini berbeda pada kebutuhan kalori antara laki laki dan perempuan. Sebagai contoh dari menu diet ini adalah berikut yang selebihnya dapat Anda peroleh di menu diet mayo.

Makan pagi         :

semangkuk buah buahan segar + 1 cangkir yoghurt rendah lemak.

Makan siang       :

1 porsi ikan (seafood) + campuran antara pasta salad dengan wortel dan mayones rendah lemak + 1 buah jeruk ukuran kecil.

Makan malam   :

semangkuk salad sayur (selada, bawang merah, jamur, dan irisan tomat) + keju potongan kecil.

Bagaimana dengan cemilannya? Anda dapat mengonsumsi buah apel dalam irisan kecil. Sedang untuk air minumnya, sebaiknya pilih yang bebas kalori setiap kali makan.

Bagaimana, tertarik mencoba diet tanpa garam?

(sumber gambar : tipscaramemutihkankulit.wordpress.com)

Tentang Admin 01

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu WRP Diet Image

Susu WRP Diet Body Shape Energetic: Energi Tetep Oke Sekalipun Sedang Diet

Setelah sebelumnya membahas Susu diet WRP Body Shape Balance, sekarang kita beralih pada susu WRP …

Diet Tanpa Garam: Kurangi Berat Badan sampai Resiko Penyakit Jantung


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Diet Tanpa Garam: Kurangi Berat Badan sampai Resiko Penyakit Jantung