Home » Diet » Diet Setelah Melahirkan : Apakah Aman dan Disarankan?

Diet Setelah Melahirkan : Apakah Aman dan Disarankan?

Diet Setelah Melahirkan : Apakah Aman dan Disarankan?

Setelah melahirkan, banyak ibu yang khawatir dengan bentuk tubuhnya. Kebanyakan dari mereka ingin melakukan diet setelah melahirkan.

Padahal, kondisi ibu setelah melahirkan perlu dipulihkan. Proses melahirkan mengeluarkan banyak energi serta menguras “psikis”.

Lalu, apakah ada program diet setelah melahirkan yang aman dan direkomendasikan yang bisa membantu ibu-ibu yang habis melahirkan? Hmmm… sebelum kita membahas apakah ada diet setelah melahirkan, ada baiknya Anda membaca ulasan singkat berikut ini.

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa kondisi perut seorang ibu setelah melahirkan tetap besar. Padahal “isinya” sudah dikeluarkan, benar kan?. Ini dikarenakan perut ibu tersebut membutuhkan waktu untuk kembali pada kondisi awal. Rahim yang “biasanya” terisi membutuhkan waktu untuk kembali ke ukuran semula.

Lalu, bagaimana cara mengecilkan rahim setelah melahirkan? Tidak ada cara spesial untuk mengecikan rahim karena rahim Anda akan menyusut dengan sendiri dalam waktu 6 sampai 8 minggu setelah melahirkan. Yang perlu menjadi perhatian Anda setelah melahirkan adalah bagaimana cara Anda memulihkan energi dan tubuh Anda.

Hal ini penting karena dalam beberapa waktu ke depan, Anda selaku ibu muda akan kembali berjibaku dengan tugas “yang tak ringan”, yakni mengurus sang bayi kecil. Seperti banyak orang ketahui, mengurus bayi membutuhkan kesabaran dan tambahan energi yang ekstra. Anda harus senantiasa terjaga setiap saat.

Selain itu, Anda juga dituntut untuk “bisa” menyusuinya setiap ASI tersebut “dibutuhkan”. Nah, berbicara tentang diet setelah melahirkan, jika yang Anda maksud diet setelah melahirkan adalah membatasi jumlah konsumsi makanan agar badan Anda menjadi kurus, maka saya tidak menyarankan.


Kenapa? Pertama, seperti yang saya katakan di atas tadi, pasca melahirkan, tubuh Anda perlu dipulihkan. Dan ini tidak bisa diperoleh dengan cara instan. Anda perlu mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat memulihkan kondisi kesehatan Anda, disamping istirahat yang cukup.

Kedua, sekarang Anda makan tidak hanya untuk Anda sendiri. Anda makan untuk berdua… untuk diri Anda dan bayi Anda. Dia sangat bergantung kepada produksi ASI Anda. Dan ini sudah berlangsung sejak Anda hamil muda. Dan jangan pernah berpikiran untuk mengganti ASI dengan susu formula kecuali jika memang Anda terhalang sama sekali untuk menyusuinya secara langsung.

Karena mau bagaimanapun juga, kandungan dalam ASI tidak dapat digantikan dengan susu formula, semahal apa susu formula tersebut. Selain itu, proses menyusui akan mempererat hubungan emosional antara Anda dengan bayi Anda. Jadi, jika maksud Anda diet setelah melahirkan adalah cara menurunkan berat badan setelah melahirkan dengan mengurangi asupan makanan agar kurus, NO !!

Namun, jika yang Anda maksud dengan diet setelah melahirkan adalah untuk mengatur asupan gizi agar kesehatan Anda kembali seperti semula dan agar produksi ASI berlimpah serta memiliki kualitas yang baik, maka saya sangat menyarankannya.

Anda dapat mengonsumsi makanan-makanan tinggi protein karena pada dasarnya tubuh lebih membutuhkan asupan protein lebih banyak daripada karbohidrat. Selain itu, perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan karena meskipun karbohidrat yang Anda konsumsi menjadi lebih sedikit, namun untuk vitamin dan serat Anda tetap terpenuhi.

Selain itu, jangan pelit untuk makan. Anda akan sering merasa lapar setelah melahirkan karena Anda harus “berbagi makanan” dengan bayi Anda. Turuti saja keinginan makan Anda dan jangan khawatir hal itu akan membuat Anda gemuk karena menyusui adalah “diet sehat setelah melahirkan” yang alami.

Kenapa? Karena proses menyusui juga akan membantu Anda untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula. Makanan yang Anda konsumsi tidak mengendap dalam tubuh, melainkan disalurkan dalam bentuk ASI. Jadi Anda  jangan ragu untuk menyusui bayi Anda setiap dia membutuhkannya.

Sekarang Anda sudah jelas kan apakah cara diet setelah melahirkan disarankan ataukah tidak? Nah, sebagai tambahan informasi bagi Anda, berikut ini saya berikan beberapa tips memulihkan energi dan kesehatan tubuh yang saya kutip dari Anjum Anand, seorang chef Inggris berdarah India. Simak tipsnya…

  1. Pijatlah tubuh Anda secara rutin karena ini selain baik untuk kulit Anda, ternyata juga dapat membawa energi Anda kembali pada keseimbangan.
  2. Masaklah makanan Anda dengan menggunakan mentega. Ini dapat mengembalikan energi Anda yang terkuras dan untuk memperkuat jaringan pada tubuh ibu.
  3. Konsumsilah makanan yang praktis dan mudah dicerna, seperti bubur dan sup.
  4. Minumlah banyak air. Anda dapat rebus sesendok kacang adas bersama dengan dua liter air. Setelah dingin, saring lalu masukkan airnya ke dalam botoh. Kacang adas dapat membantu produksi ASI Anda.
  5. Istirahat yang cukup. Karena secara alami, tubuh membutuhkan waktu 40 hari untuk pulih setelah melahirkan.
  6. Coba tambahkan kunyit dan jahe pada makanan Anda, karena ini dapat membantu penyembuhan Anda. Namun, bagi Anda yang melahirkan lewat operasi Caesar, tidak disarankan untuk mengonsumsi produk jamu.
  7. Hindari makanan pedas, terutama karena ini dapat membuat pencernaan bayi Anda bermasalah (diare).
  8. Konsumsi kacang-kacangan karena dapat menutrisi tubuh Anda dan memproduksi ASI.
  9. Makan buah-buahan kering sebagai cemian karena buah-buahan kering tersebut mengandung sejumlah zat besi yang Anda butuhkan untuk produksi ASI, selain juga dapat membantu tubuh Anda menjadi kuat kembali.

Sebagai penutup, untuk mengatasi “kekhawatiran Anda” mengenai bentuk tubuh Anda, silahkan gunakan pakaian dalam untuk mengkoreksi bentuk tubuh Anda. Setelah itu, lakukan senam ringan untuk mengembalikan bentuk tubuh Anda setelah melahirkan.

Lakukan diet setelah melahirkan dengan tujuan memenuhi asupan tubuh. Jangan lakukan hanya karena ingin kurus dengan mengurangi makanan yang akan Anda konsumsi. Bayi Anda lebih penting dari diet setelah melahirkan itu sendiri. Dan jangan khawatir… seperti yang saya sebutkan di atas, tubuh Anda akan mulai “mengecil” saat Anda menyusui, okay? Selamat menjadi ibu…

(sumber gambar artikel langsing setelah melahirkan & diet setelah melahirkan sambil menyusui : www.vegetariantimes.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu WRP Diet Image

Susu WRP Diet Body Shape Energetic: Energi Tetep Oke Sekalipun Sedang Diet

Setelah sebelumnya membahas Susu diet WRP Body Shape Balance, sekarang kita beralih pada susu WRP …

Apakah Diet Setelah Melahirkan Disarankan?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Apakah Diet Setelah Melahirkan Disarankan?