Home » Diet » Mengatur Makanan Tepat Saat Diet Saat Menyusui Agar Bayi Tumbuh Optimal

Mengatur Makanan Tepat Saat Diet Saat Menyusui Agar Bayi Tumbuh Optimal

Diet Saat Menyusui ImageSelama menyusui, seorang ibu dituntut untuk menjaga benar pola makannya sama seperti ketika dia sedang mengalami kehamilan. Sampai masa menyusui berlangsung, Bunda harus menjaga asupan nutrisi yang dikonsumsi berikut juga dengan porsinya karena jika kebanyakan makan sambal, bayi Anda bisa diare. Tapi bagaimana dengan diet saat menyusui, apakah boleh?

Diet saat menyusui boleh boleh saja Anda lakukan, bahkan Anda juga boleh berpuasa (ketika tiba bulan Ramadan). Namun, sebelum Anda berniat untuk berdiet, sebaiknya cek kondisi fisik Anda terlebih dahulu mengingat makanan yang selama ini Anda konsumsi juga turut dimakan oleh bayi Anda melalui ASI. Khawatir kesehatan Anda menjadi terganggu dengan diet yang Anda lakukan. Tapi, sepertinya ada yang salah sangka deh di sini.

Yang dimaksud dengan diet saat menyusui, adalah Anda mengatur pola makan Anda. Bukannya membatasi porsi Anda seperti diet diet kebanyakan. Karena bagaimana pun, kondisi Anda berbeda dengan mereka, itu berarti Anda juga perlu diperlakukan secara special.

Mulailah diet Anda dengan tetap memberikan ASi kepada bayi Anda. Seperti anjuran pemerintah, 2 tahun ASI dengan 6 bulan pertama ASI Eksklusif. Hal ini bukan tanpa sebab, karena ASI Eksklusif alias hanya ASI doang selama 6 bulan pertama adalah untuk menguatkan imun bayi Anda dan penguatan daya tahan tubuh bayi Anda itu terus berkembang dan mencapai penyempurnaannya sampai usia 2 tahun.

Ketika bayi Anda mengalami alergi karena makanan tertentu, ini adalah sebagai diakibatkan dari system imunnya yang belum sempurna. Jadi, hati hati dalam memilih makanan, ya Bun.

Selama melakukan diet saat menyusui ada beberapa pantangan makanan yang tidak boleh Anda konsumsi dan ini wajib untuk Anda ketahui. Karena pantangan seperti ini bukan hanya berefek kepada Anda seorang tapi juga terhadap kesehatan dan tumbuh kembang bayi Anda.

Makanan pertama yang tidak boleh Anda konsumsi adalah alcohol. Tentu saja ini berdampak tidak baik, bahkan bagi mereka yang sudah dewasa. Alcohol pada ASI dapat membuat bayi mengalami perubahan sikap, semisal seperti setelah dia menyusu pada seorang ibu pengonsumsi alcohol, bayi akan tertidur. Tidur bayi pun tidak pulas dan tidak berkualitas.

Jangka panjangnya, akan terjadi gangguan perkembangan motoric pada anak terutama saat usia 1 tahun, yakni terjadi keterlambatan. Selain itu, mengonsumsi alcohol selama menyusui juga dapat mengurangi produksi ASI sampai 20%.


Pantangan makanan Anda yang kedua adalah makan pedas. Seperti yang kami singgung di awal tadi, makanan pedas dapat menyebabkan bayi Anda alergi. Alergi pada bayi dapat berupa diare.

Minuman yang mengandung kafein juga terlarang untuk Anda konsumsi. Kafein pada minuman atau makanan yang Anda konsumsi bisa mengakibatkan bayi Anda rewel , susah tidur, dan aktif. Walau Anda masih boleh mengonsumsi maximal 1 cangkir tiap harinya, lebih baik Anda bersabar dulu ya Bun.

Makanan yang membuat Anda alergi juga terlarang untuk Anda konsumsi selama menyusui. Ini karena Anda tidak tahu efek apa yang akan muncul pada bayi Anda.

Selanjutnya, mari simak makanan apa yang baik (bahkan wajib) untuk Anda konsumsi selama diet saat menyusui.

Setelah hamil dan melahirkan, kondisi ibu tidak lagi sama seperti dulu belum punya anak. Makin lama, kondisi tulang Anda akan semakin keropos. Karena itu konsumsilan makanan yang banyak mengandung kalsium, seperti susu rendah lemak, susu kambing, keju, dan yoghurt.

Konsumsi pula sayur dan buah buahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda. namun, sebelum Anda mengonsumsinya pastikan dulu bahwa buah dan sayuran yang akan Anda makan bebas pestisida. Pilih yang organic ya Bun.

Kandungan Omega 3 dan DHA sangat bayi Anda butuhkan, terutama bagi perkembangan fungsi otaknya. Karena itu, Anda perlu untuk mengonsumsi makanan makanan yang mengandung 2 hal di atas. Makanan yang mengandung nutrisi tersebut biasanya terdapat pada seafood.

Namun, sebelum Anda membelinya, pastikan ikan tersebut bukan termasuk golongan ikan yang mengandung banyak merkuri dan zat kimia lain karena ini dapat mengganggu system otak dan saraf bayi Anda.

Selama Anda menjalani diet saat menyusui penting bagi Anda menjaga benar pola makan. Hindari makanan makanan yang membuat Anda alergi dan makanan yang punya peluang membuat alergi. Nah, jadi benar bukan kalau diet saat menyusui bukan diet biasa. Setuju, Bunda?

(sumber gambar : makananuntukdietsehat.com)

Tentang Admin 01

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu WRP Diet Image

Susu WRP Diet Body Shape Energetic: Energi Tetep Oke Sekalipun Sedang Diet

Setelah sebelumnya membahas Susu diet WRP Body Shape Balance, sekarang kita beralih pada susu WRP …

Mengatur Makanan Tepat Saat Diet Saat Menyusui Agar Bayi Tumbuh Optimal


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mengatur Makanan Tepat Saat Diet Saat Menyusui Agar Bayi Tumbuh Optimal