Home » Diet » Bagaimana Diet Rendah Karbohidrat Itu?

Bagaimana Diet Rendah Karbohidrat Itu?

Diet Rendah Karbohidrat ImageDiet rendah karbohidrat adalah pilihan tepat pada sebagian orang yang menginginkan menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan trigliserida, selain juga untuk menurunkan berat badan. Namun seperti jenis diet diet yang lain, tidak semua jenis diet cocok untuk seseorang.

Diet ini akan meminta Anda untuk menghindari konsumsi makanan berkarbohidrat sederhana, seperti nasi putih. Namun demikian, bukan berarti Anda menghindari mengonsumsi karbohidrat sama sekali. Anda tetap boleh mengonsumsinya namun diganti dengan karbohidrat kompleks, seperti nasi beras merah, dan produk olahan gandum (seperti oatmeal).

Pada sebagian sumber disebutkan bahwa diet ini memiliki resiko membuat penggunanya mengalami sembelit karena kekurangan serat. Namun demikian, Anda sebenarnya tetap boleh mengonsumsi sayur dan buah buahan segar. Pilihlah sayur yang tidak memiliki kandungan tepung di dalamnya.

Ini adalah beberapa sayuran non tepung yang dapat Anda pilih untuk menemani diet rendah karbohidrat Anda: wortel, paprika, brokoli, tomat, daun selada. Walau demikian, sumber karbohidrat pada sayuran sebenranya juga tidak masalah untuk Anda konsumsi bahkan tidak akan mengganggu berat badan Anda. Sayuran  bertepung seperti kentang, jagung, dan ubi ubian.

Selama menjalani diet rendah karbohidrat berarti Anda juga boleh mengonsumsi makanan berprotein. Makanan berprotein yang dapat Anda konsumsi selama menjalankan diet ini adalah daging sapi tanpa lemak, dada ayam, telur (terutama putih telurnya karena kaya protein, sedangkan bagian kuningnya banyak mengandung kolesterol). Untuk susu, sebaiknya Anda mengganti susu sapi dengan susu kedelai atau susu almond karena ini lebih sehat dan mendukung diet Anda. Atau jika tidak, pilihlah susu rendah lemak. Cara membuat susu almond dapat Anda peroleh di susu untuk diet.

Bonus lainnya, dengan berdiet jenis ini Anda juga akan terhindar dari jerawat. Kenapa? Karena dengan berdiet jenis ini juga akan mengontrol kadar gula dalam darah Anda, selain juga konsumsi makanan tak berlemak. Inilah yang akan membantu Anda. Pola makan tak sehat seperti banyak mengandung gula, lemak, dan kolesterol memang berpotensi menumbuhkan jerawat pada sebagian orang.

Sama seperti diet tinggi protein, diet rendah karbohidrat juga tidak disarankan untuk Anda terapkan dalam jangka waktu lama. Batasan Anda boleh berdiet dengan diet rendah kalori hanya antara 4 sampai 6 bulan saja. Ini dikarenakan akan membuat Anda berada pada status kekurangan gizi atau malnutrisi.

Pada sebagian orang yang menjalankan diet ini dengan ekstrem, biasanya mereka akan melakukan diet tanpa pengetahuan dasar yang mencukupi. Hanya berbekal pada “nama diet” saja tanpa terlebih dahulu mencari tahu seperti apa aturan main dari diet tersebut. S


eperti halnya diet rendah karbohidrat, berarti seseorang tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali dan hanya makan protein. Ini tentu akan menimbulkan efek negative pada kesehatan, walaupun secara lahiriah berat badan menurun dan nafsu makan berkurang. Hindari praktik diet seperti ini karena dapat merugikan Anda. Bahkan pada sebagian orang ada yang sampai dirawat di rumah sakit dan menjalani pengobatan karena efek berdiet.

Lalu apa yang harus dilakukan agar tidak sampai terjadi hal seperti itu? Pertama tama, berkonsultasilah dengan dokter atau ahli gizi. Ini penting, karena untuk melihat apakah Anda cocok dengan diet jenis ini ataukah tidak. Karena bisa jadi diet ini cocok untuk teman Anda si A tapi ternyata tidak cocok untuk Anda terapkan.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari diet, memang harus disesuaikan dengan kondisi fisik dan kebutuhan nutrisi, di mana keadaan setiap orang berbeda satu sama lain.

Nah, itu tadi adalah ulasan ringkas dari diet rendah karbohidrat yang mungkin termasuk ke dalam salah satu pilihan program diet Anda. jika Anda memutuskan untuk melakukannya, ingat ya, Cuma 4 sampai 6 bulan saja. Jangan lebih. Sukses untuk diet Anda ya!

(sumber gambar : hanyaberbagi.com) 

Tentang Admin 01

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu WRP Diet Image

Susu WRP Diet Body Shape Energetic: Energi Tetep Oke Sekalipun Sedang Diet

Setelah sebelumnya membahas Susu diet WRP Body Shape Balance, sekarang kita beralih pada susu WRP …

Bagaimana Diet Rendah Karbohidrat Itu?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagaimana Diet Rendah Karbohidrat Itu?