Home » Diet » Diet Puasa untuk Menurunkan Berat Badan

Diet Puasa untuk Menurunkan Berat Badan

Diet Puasa ImageDiet puasa adalah diet yang mudah jika Anda mau menerapkan ini. Karena dengan diet puasa, Anda tidak perlu bingung menghitung hitung kalori yang Anda mau makan. Dengan diet puasa, Anda dapat menjalankan diet Anda dengan tenang. Tertarik mencoba?

Untuk anak kos, biasanya kalau uang jajan kiriman orang tua mulai menipis padahal masih di tengah bulan, mereka memilih untuk berpuasa. Sembrani menghemat uang jajan, juga untuk menurunkan berat badan. Diet puasa cenderung praktis untuk Anda jadikan sebagai pilihan walau Anda harus rela menahan rasa lapar dan haus karenanya.

Namun yang perlu Anda perhatikan selama menjalankan program diet ini, Anda jangan sampai lepas kendali saat berbuka dan sahurnya. Mentang mentang seharian puasa, lantas saat berbuka dan sahur Anda makan sesukanya. Ini sama saja akan menumpuk kalori dalam tubuh Anda. bahkan biasanya yang menjadi kebiasaan orang orang yang berpuasa adalah mereka makan makanan enak saat waktu boleh makan.

Makanan tinggi kolesterol, kaya gula, dan berlimpah dengan kalori menjadi pilihan. Tak cukup makan satu piring, bahkan ada ronde kedua setelah makan yang pertama. Wah wah wah, kapan bisa kurus kalau begini?

Untuk menyiasati agar Anda tetap makan cukup tanpa kelaparan, konsumsilah banyak makanan yang mengandung serat. Makanan yang mengandung serat tinggi terbukti secara ilmiah mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Makan makanan mengandung karbohidrat pun jadi lebih sedikit. Siasati dengan mengonsumsi buah buahan terlebih dahulu sebelum Anda makan besar. Beri jeda selama setengah jam ya, baru setelah itu Anda boleh makan. Ini untuk menghindari pembusukan pada makanan besar yang Anda konsumsi.

Selain juga makan buah buahan pada saat kondiri perut kosong dapat membantu mengaktifkan bakteri bakteri baik dalam usus yang membantu proses pencernaan Anda.

Selain itu, Anda juga tetap boleh makan makanan yang mengandung protein hewani. Namun ingat, pilihlah yang tidak mengandung lemak ya. Selain itu, batasi makan makanan berkadar gula tinggi saat berbuka. Sebaiknya makanlah buah atau madu. Tapi kurma lebih baik sebagai hidangan awal.

Lalu selanjutnya, selama menjalani diet puasa, tetaplah mengonsumsi air mineral secara rutin dan banyak. Caranya dengan minum 2 gelas setelah buka puasa, 4 gelas sebelum tidur atau saat malam harinya, dan 2 gelas sebelum sahur. Air putih juga akan membantu Anda cepat kenyang, selain dia juga berfungsi untuk membantu system metabolism tubuh dan mengeluarkan racun dalam tubuh.


Lalu apakah ada tips agar saat pagi hari tidak cepat merasa lemas? Ada. Setelah Anda sahur, Anda jangan langsung pergi tidur. Sebaiknya, Anda gunakan waktu beberapa lama untuk melakukan kegiatan apa yang Anda sukai (namun jangan yang membakar kalori ya). Pergi tidur setelah Anda makan, akan membuat badan Anda lemas dan lapar. Namun setelah makan sahur, juga jangan pergi mandi karena ini dapat membuat kram perut dan diare. Lebih baik, Anda duduk rileks sambil membaca.

Salah satu kunci untuk mendapatkan berat badan yang ideal, adalah dengan Anda rajin berolahraga. Olahraga selama berpuasa tetap dapat Anda lakukan asalkan tidak berlebihan. Ada batasannya. Berbeda dengan saat Anda sedang tidak puasa. Pilih waktu yang pas. Kapan? Saat sore hari adalah waktu yang tepat untuk berolahraga.

Lalu, bagaimana saya harus berpuasa? Apakah setiap hari? Diet puasa dapat Anda lakukan dengan memberikan jeda setiap satu hari sekali. Jadi hari ini Anda puasa, besok tidak, lusa puasa, besok lusanya lagi Anda tidak berpuasa. Begitu seterusnya. Puasa seperti ini disebut dengan puasa (Nabi) Dawud. Namun Anda juga bisa menjalankan puasa setiap hari, saat Anda masih punya utang puasa Ramadlan.

Walaupun Anda punya niat untuk menjalankan diet dengan cara berpuasa, jangan sampai rasa lapar dan haus Anda sia sia. Sebaiknya, niatkan pula untuk beribadah (terkhusus bagi Anda yang beragama Islam). Diet puasa jalan, pahala puasa pun juga didapat. Keuntungan ganda. Bagaimana, tertarik?

(sumber gambar : warbiasa.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu Untuk Diet Image

Menurunkan Berat Badan dengan Konsumsi Susu Untuk Diet

Anda suka susu? Banyak orang menggemari bahan makanan yang satu ini. Susu, meskipun lazimnya dapat …

Diet Puasa untuk Menurunkan Berat Badan


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Diet Puasa untuk Menurunkan Berat Badan