Home » Diet » Diet DASH: Diet Penyakit Jantung

Diet DASH: Diet Penyakit Jantung

Diet Penyakit Jantung ImagePenyakit jantung sampai saat ini masih menjadi salah satu pembunuh banyak orang. Ini disebabkan karena gaya hidup yang tak sehat, terutama soal makanan. Banyaknya konsumsi makanan yang mengandung lemak dan garam, pada jangka waktu panjang mengakibatkan penimbunan plak pada pembuluh darah. Salah satu cara untuk mengurangi kandungan kolesterol jahat tersebut adalah dengan diet penyakit jantung.

Makanan berlemak dan asin memang enak. Apalagi yang cepat saja, di mana mana jadi buruan. Kalau dalam sepekan hanya makan sekali saja tak masalah. Namun jika yang demikian menjadi kebiasaan yang tak terpisahkan, pada akhirnya akan memperburuk kondisi kesehatan. Tingginya angka kolesterol jahat dalam darah akan membawa seseorang ke arah penyakit: hipertensi, serangan jantung, dan gagal ginjal.

Salah satu metode yang sudah cukup banyak dilakukan oleh banyak orang dalam “menangani” penyakit jantung adalah dengan cara berdiet. Diet penyakit jantung pada dasarnya bertujuan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah dengan cara mengatur makanan. Salah satu diet penyakit jantung yang dapat Anda coba adalah DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension).

Aturan main Diet DASH adalah dengan banyak mengonsumsi sayuran dan buah buahan. Perbanyak porsinya dalam sehari, bisa sampai 4-5 porsi per hari. Konsumsi garam pun dalam sehari juga harus dibatasi, yakni hanya 1 sendok teh per orang. Ini sudah termasuk ke dalam makanan yang Anda masak, maupun makanan cepat saji yang Anda beli di luar.

Selain sayur dan buah buahan, bahan makanan apalagi yang boleh dikonsumsi? Jika sayur dan buah buahan menduduki tingkat pertama makanan yang wajib untuk dikonsumsi, peringkat kedua adalah padi padian, terutama yang utuh. Selain padi, oatmeal yang merupakan salah produk olahan gandum juga merupakan makanan yang kami rekomendasikan untuk Anda konsumsi. Tingginya kadar serat dalam oatmeal akan membantu penyerapan kolesterol jahat atau yang biasa disebut dengan LDL.

Meskipun dalam dunia farmakologi sudah ada terapi yang dapat dengan cepat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, dengan rutin mengonsumsi oatmeal akan lebih menyehatkan dan bebas efek samping, walaupun butuh waktu. Selain itu, oatmeal juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang lain karena mengandung banyak kandungan gizi yang tubuh butuhkan, seperti: zinc, selenium, besi, magnesium, glekemin rendah (sehingga baik untuk penderita diabetes), dan vitamin E. makanan ini sudah teruji efektivitasnya, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Mungkin Anda sempat khawatir tidak dapat menikmati daging lagi. Tak perlu khawatir, asalkan daging yang Anda makan terbebas dari unsur lemak dan jarang Anda konsumsi, tidak mengapa. Produk susu rendah lemak (seperti yoghurt), seafood, dan ayam tanpa lemak boleh Anda nikmati asalkan dalam porsi wajar. Selain itu, kacang kacangan dan minyak juga boleh Anda konsumsi.

Terkhusus pada minyak, mulailah Anda menggunakan minyak zaitun atau minyak biji bunga matahari sebagai pengganti minyak sawit yang biasa Anda gunakan untuk memasak. Untuk penggunaan margarin pun, pilih yang mengandung lemak sehat. Konsumsi makanan yang mengandung gula pun juga perlu Anda kurangi mulai sekarang. Batasi hanya 3 kali dalam sepekan. Siap?


Tujuan dari diet penyakit jantung yang kami kutip dari brosur diet penyakit jantung oleh Departemen Kesehatan RI adalah untuk mengurangi beban kerja jantung, menormalkan berat badan, memenuhi kebutuhan gizi, mengurangi/mencegah cairan tubuh, dan mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah.

Selain dengan diet penyakit jantung, Anda juga perlu melakukan olahraga ringan untuk menstabilkan kerja jantung. Olahraganya pun terhitung ringan dan bisa Anda lakukan di rumah. Apa saja? Berjalan kaki, aerobik, dan senam jantung. Selamat mencoba!

(sumber gambar : twitter.com)

 

Tentang Admin 01

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu WRP Diet Image

Susu WRP Diet Body Shape Energetic: Energi Tetep Oke Sekalipun Sedang Diet

Setelah sebelumnya membahas Susu diet WRP Body Shape Balance, sekarang kita beralih pada susu WRP …

Diet DASH: Diet Penyakit Jantung


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Diet DASH: Diet Penyakit Jantung