Home » Diet » Diet Penderita Diabetes: Terapi untuk Penderita Diabetes

Diet Penderita Diabetes: Terapi untuk Penderita Diabetes

Diet Penderita Diabetes ImageKegunaan diet tidak hanya sebatas pada penurunan berat badan berlebih saja. Bahkan, dalam dunia medis, diet juga menjadi salah satu terapi yang diterapkan kepada pasien dengan penyakit tertentu untuk membantu sehat dan salah satunya adalah diet penderita diabetes.

Diet penderita diabetes sendiri sejatinya terbagi kepada beberapa macam, tergantung pada komplikasi terhadap penyakit apa si pasien tersebut.

Namun, secara garis besar, diet penderita diabetes sendiri digunakan untuk memperbaiki kondisi kesehatan secara keseluruhan bagi si penderita, mempertahankan kadar gula darah menjadi normal, menormalkan pertumbuhan diabetes pada anak anak dan dewasa muda, menurunkan berat badan si penderita pada berat badan normalnya.

Masing masing diet bagi penderita diabetes disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan dasar dari pasien tersebut. Sehingga selain menyembuhkan, juga menjadikannya lebih menarik dan mudah untuk diterima.

Diet ini juga membagi jam makan menjadi beberapa kali: sarapan jam 6.30; cemilan pagi jam 9.30; makan siang jam 12.30; cemilan sore jam 15.30; makan malam jam 18.30; dan terakhir cemilan malam 21.30.

Prinsip dari diet penderita diabetes adalah Anda perlu mengurangi makanan makanan yang dapat menimbulkan diabetes dan factor factor lain yang mendukung diabetes dapat muncul. Hal hal yang perlu untuk dikurangi atau dibatasi untuk terapi ini adalah sebagai berikut: gula, lemak, purin (penyebab asam urat), obesitas, garam, rokok, dan alcohol.

Selain itu, juga dianjurkan untuk menghindari stress dan rajin melakukan olahraga setiap harinya, seperti melakukan jalan kaki (maximal per hari sampai 3 km) dan sit up sebanyak 50 sampai 200 kali per hari. Olahraga ini bertujuan untuk mengurangi kalori sebanyak 2.000 kk tiap pekannya.

Lalu, makanan apa saja yang boleh atau dianjurkan untuk dikonsumsi? Selama menjalankan diet ini, seseorang akan diminta untuk mengonsumsi karbohidrat dengan jenis karbohidrat berserat, seperti sayur, buah, dan kacang kacangan. Untuk buah, hindari mengonsumsi yang memiliki rasa manis berlebih seperti jeruk, rambutan, nangka, sawo, nanas, anggur, dan durian. Sebaliknya, konsumsi pepaya, apel, salak, apel, kedondong, dan tomat.


Macam sayuran yang dikonsumsi, pilihlah yang memiliki kadar serat tinggi, seperti buncis, jagung muda, wortel, nangka muda, daun bayam, kacang panjang, dan pare. Untuk mengontrol dan menurunkan kadar gula dan kolesterol jahat, konsumsilah bawang putih, bawang merah, ketimun, cabai hijau, terong, sawi, tomat, daun seledri, kembang kol, taoge, gambas, dan jamur segar.

Pembatasan konsumsi terhadap makanan tertentu juga ditekankan untuk menghindari terjadinya komplikasi dari varian diabetes. Makanan yang perlu dibatasi adalah makanan yang mengandung kadar kalori tinggi, seperti: jeroan, makanan gorengan, nasi putih, cokelat, es krim, daging berlemak (sosis, dendeng, dan daging ham). Untuk cemilan, sebaiknya mengonsumsi buah buahan yang tertulis di atas.

Untuk memudahkan dan menghindari salah konsumsi, sebaiknya perlu melakukan konsultasi dengan dokter ahli. Ini berguna untuk menghindari kesalahan pengonsumsian sehingga dikhawatirkan akan timbul komplikasi. Sebenarnya, diet penderita diabetes tergolong mudah untuk dilakukan asalkan sesuai dengan anjuran dari dokter.

Selain itu, melakukan aktivitas olahraga memang benar benar ditekankan dalam terapi ini untuk mengalokasikan kalori yang sudah dikonsumsi agar digunakan atau terpakai untuk beraktivitas.

Tapi, apakah diet penderita diabetes ini saja cukup untuk mengobati diabetes? Ini butuh penjelasan langsung dari ahlinya. Namun, untuk menghindari resiko terkena diabetes, dapat Anda lakukan dengan memperbaiki kualitas hidup dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengontrol makanan (terutama yang mengandung gula, garam, zat purin, lemak, dan kolesterol jahat), olahraga, menghindari alcohol dan rokok, dan berpikir positif.

(sumber gambar : everydayhealth.com)

Tentang Admin 01

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu WRP Diet Image

Susu WRP Diet Body Shape Energetic: Energi Tetep Oke Sekalipun Sedang Diet

Setelah sebelumnya membahas Susu diet WRP Body Shape Balance, sekarang kita beralih pada susu WRP …

Diet Penderita Diabetes: Terapi untuk Penderita Diabetes


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Diet Penderita Diabetes: Terapi untuk Penderita Diabetes