Home » Diet » Ini Dia Penjelasan Diet Nasi yang Benar – Don’t Miss It !!

Ini Dia Penjelasan Diet Nasi yang Benar – Don’t Miss It !!

Ini Dia Penjelasan Diet Nasi yang Benar - Don't Miss It !!

Anda pernah tahu diet yang dilakukan dengan cara membatasi konsumsi nasi? Ya… ini banyak sekali dilakukan oleh kebanyakan orang.

Bahkan ada yang sampai menghindarinya nasi sama sekali. Diet jenis ini disebut dengan cara diet nasi atau diet tanpa nasi.

Namun sehatkah diet nasi ini? Benarkah memakan menu diet tanpa nasi tidak berbahaya bagi tubuh? Hmmm… sebelum saya menjawab sehat tidaknya diet nasi ini, silahkan Anda baca uraian singkat saya mengenai karbohidrat.

Well, karbohidrat memegang peran yang penting dalam tubuh Anda. Selain sebagai sumber energi, karbohidrat juga menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh Anda, membentuk struktur sel, jaringan dan organ tubuh.

Karbohidrat juga akan membantu proses pencernaan makanan dan mengoptimalkan proses penyerapan kalsium. Dan menurut keterangan para ahli, menghindari karbohidrat sama sekali tidak menguntungkan bagi Anda.

Jika asupan ini tidak tercukupi, maka tubuh akan mengambilnya dari protein. Dan jika hal ini terjadi, berarti protein dalam tubuh Anda tidak akan bekerja sesuai tugasnya, yakni sebagai zat pembangun tubuh.

Lalu bagaimana cara diet tanpa nasi yang benar? Well, diet nasi yang benar adalah diet yang mengganti nasi dengan menggunakan sumber karbohidrat lain seperti kentang, jagung, beras merah dan oatmeal. Jadi kalau Anda memakan resep makanan diet tanpa nasi tanpa menggantinya dengan sumber karbohidrat dalam jangka waktu yang lama, jelas tidak baik bagi kesehatan tubuh.


Dengan diet nasi yang benar, Anda tetap dapat menjalankan diet tersebut tanpa harus mengorbankan kebutuhan gizi Anda. Berhubung diet nasi harus diganti dengan “sumber karbohidrat” yang lain, saya akan jelaskan kepada Anda beberapa makanan pengganti nasi untuk diet.

Pengganti Nasi Putih Pada Diet Nasi yang Pertama : Olahan Gandum

Gandum terkenal memiliki banyak serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Serat akan membuat Anda cepat kenyang dan awet, sekalipun Anda baru mengonsumsinya dalam jumlah sedikit. Oatmeal adalah salah satu produk olahan gandum yang disarankan bagi mereka yang ingin menjalankan diet nasi.

Dikatakan juga bahwa oatmeal memiliki kandungan serat lebih banyak daripada beras merah. Selain itu, oatmeal juga memilki banyak manfaat lain bagi kesehatan. Diet dengan oatmeal bahkan telah dipraktikkan oleh sebagian besar orang di negara asalnya, Skotlandia.

Oatmeal menjadi makanan pokok penduduk Skotlandia. Jadi, mengkonsumsi oatmeal untuk makanan sehari-hari tidak membahayakan Anda. Kemudian bagi Anda yang sedang menjalankan diet kolesterol, konsumsi oatmeal dalam waktu yang rutin akan membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Hal ini juga akan berimbas pada sehatnya organ jantung dan pembuluh darah Anda. Oatmeal memang memiliki rasa yang tawar atau hambar. Walaupun beberapa orang mengeluhkan rasanya, seperti yang pernah saya jelaskan pada artikel-artikel sebelumnya, Anda tidak perlu khawatir.

Dengan rasa hambar ini, justru oatmeal mudah untuk Anda kreasikan dengan banyak resep. Anda bisa mengolahnya menjadi beragam masakan dengan resep makanan sehat lainnya. Anda bisa menjadikannya minuman, mencampurkannya dalam masakan, maupun menjadikannya cemilan diet.

Pengganti Nasi Putih Pada Diet Nasi yang Kedua : Beras Merah

Beras merah memiliki kandungan gizi lebih baik dan lebih banyak daripada nasi putih biasa. Ini dikarenakan proses penggilingan pada beras putih biasa membuat banyak kandungan nutrisinya terlepas bersamaan dengan terkelupasnya kulit yang menempel pada padi.

Berbeda dengan beras merah yang ditumbuh untuk melepaskan bagian sekamnya saja, kandungan gizi yang ada pada beras merah masih banyak. Walaupun beras merah memiliki rasa yang aneh di lidah bagi yang belum terbiasa, Anda harus biasakan makan saat menjalankan diet nasi.

Beras merah akan membantu Anda memenuhi asupan serat. Selain itu, beras merah mengandung magnesium yang akan menguatkan tulang, mangan untuk membantu produksi energi dan membantu produksi asam lemak yang penting untuk sistem saraf Anda. Beras merah juga mengandung selenium dan asam amino tritofan. Olahan lain beras merah adalah rice bran.

Pengganti Nasi Putih Pada Diet Nasi yang Ketiga : Jagung

Jagung terkenal sebagai makan orang pedesaan. Makanan pokok yang satu ini kurang popular dibandingkan dengan nasi dan roti gandum. Namun siapa sangka kalau jagung ternyata memiliki banyak kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh Anda?

Jagung memiliki kandungan serat tinggi. Saat menjalankan diet tidak makan nasi, Anda tidak harus mengolah jagung menjadi nasi jagung. Anda cukup menjadikannya sebagai campuran dalam masakan Anda. Atau kalau Anda tidak repot, Anda bisa membakarnya. Anda tahu kan bagaimana rasa jagung bakar? Lezaaattt !!

Namun bagi Anda yang menderita penyakit diabeters, Anda diharuskan membatasi konsumsi jagung. Megapa? Karena jagung mudah melepaskan zat gulanya. Dan ini “berbahaya” bagi penderita diabetes.

Nah, dari penjelasan di atas, jika Anda masih berpikiran untuk diet nasi, Anda harus tetap mengkonsumsi karbohidrat. Tetaplah untuk mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan dan sumber protein lainnya dan jaga pola makan Anda.

Ingat, diet nasi tidak membuat Anda harus menghindari nasi sama sekali. Anda bisa mengkonsumsinya dalam jumlah yang sedikit atau menggantinya dengan sumber karbohidrat yang lain.

(sumber gambar artikel diet makan nasi : brockandava.blogspot.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu WRP Diet Image

Susu WRP Diet Body Shape Energetic: Energi Tetep Oke Sekalipun Sedang Diet

Setelah sebelumnya membahas Susu diet WRP Body Shape Balance, sekarang kita beralih pada susu WRP …

Ini Dia Penjelasan Diet Nasi yang Benar


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ini Dia Penjelasan Diet Nasi yang Benar