Home » Diet » Turunkan Kolesterol Anda Sekarang Juga dengan Diet Kolesterol

Turunkan Kolesterol Anda Sekarang Juga dengan Diet Kolesterol

Minyak Zaitun, Aman Untuk Diet Kolesterol Anda

Kalau Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi, cobalah diet kolesterol.

Diet kolesterol ini akan membantu Anda mengatur pola makan Anda agar lebih sehat tanpa perlu meminum banyak obat atau rajin berkunjung ke dokter.

“Ah… apa iya sih?” Lho iya… kolesterol sebenarnya dapat dicegah dan diturunkan sebelum ia berubah menjadi kolesterol jahat. Penjelasannya seperti ini…

Sumber kolesterol berasal dari makanan yang mengandung lemak jenuh atau lebih sering disebut lemak “jahat” akibat dari gaya hidup yang tidak teratur. Lemak jenuh ini berasal dari hewan dan produk olahannya seperti daging dan olahan susu.

Lemak yang diakibatkan dari konsumsi makanan tersebut lama kelamaan akan ditimbun dalam dinding sel tubuh yang pada akhirnya menghambat sistem kerja aliran darah dan juga jantung.

Kadar kolesterol yang tinggi menjadi pemicu timbulnya berbagai macam penyakit. Di antara penyakit yang ditimbulkan oleh tingginya kadar kolesterol adalah gagal jantung, Xanthomas dan Familial Hypercholesterolemia (FH).

Di antara penyebab tingginya kadar kolesterol lainnya adalah terlalu banyak makan makanan yang mengandung lemak jenuh (mentega, makanan cepat saji, dll), kurang berolahraga, merokok, gaya hidup tak sehat, stres, kelebihan berat badan, terlalu banyak mengonsumsi kopi, diabetes mellitus dan diet yang salah.


Maka dari itu, Anda harus segera menjalankan diet kolesterol. Dengan diet kolesterol tinggi, Anda dapat mengendalikan dan mengurangi kolesterol dalam tubuh. Bagaimana caranya? Caranya bisa Anda baca di bawah ini. Silahkan Anda praktekkan beberapa tips diet kolesterol ini :

  1. Rutin olahraga.
  2. Hindari konsumsi lemak jenuh. Lemak jenuh biasanya terdapat pada kuning telur, makanan kering (keripik) dan daging berlemak.
  3. Berhenti merokok.
  4. Hindari alkohol.
  5. Jaga berat badan. Badan yang kelebihan berat, biasanya memiliki kadar lemak tinggi. Lemak ini menganggu produksi hormon insulin yang akhirnya memicu naiknya kadar kolesterol dan penyakit diabetes.
  6. Makan ikan. Kadar Omega 3 yang terdapat dapat membuat kolesterol menjadi lebih terkendali. Setidaknya, makanlah dua kali dalam seminggu agar Anda terhindar dari kolesterol tinggi.
  7. Makan daun bayam. Daun bayam memiliki kandungan senyawa yang dapat menjauhkan tubuh Anda dari penyakit jantung, kanker dan osteroporosis.

Intinya, diet kolesterol adalah mengatur naiknya kadar kolesterol dalam darah Anda dengan mengatur pola makan atau mengkonsumsi makanan yang sehat serta menjaga asupan nutrisi. Jadi makanan itu bisa menjadi obat bagi Anda, sebagaimana makanan juga bisa menjadi racun bagi Anda.

Nah, sebelum saya akhiri pembahasan mengenai diet kolesterol ini, ada beberapa makanan yang sangat baik untuk Anda konsumsi selama Anda menjalankan program diet kolesterol.

  1. Minyak Zaitun
    Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang terkandung di dalamnya dapat menurunkan kolesterol jahat.
  2. Teh Hijau
    Kandungan antioksidan dalam teh hijau akan memberikan rasa tenang terutama pada pembuluh darah sehingga terhindar dari pembekuan darah. Kandungan flavonoid juga dapat mencegah oksidasi yang menimbulkan penimbunan kolesterol jahat pada pembuluh darah.
  3. Tomat
    Vitamin C yang terdapat di dalamnya adalah pilihan yang baik untuk diet kolesterol Anda.
  4. Kacang-kacangan
    Kandungan asam lemak tak jenuh yang terdapat pada kacangan dapat menjaga pembuluh darah Anda tetap sehat. Kacang yang dapat Anda konsumsi adalah kacang yang tidak diberi garam atau gula. Kacang almond dan kenari adalah di antaranya.
  5. Produk Olahan Kedelai
    Kandungan isoflavon dalam kedelai berfungsi menekan kolesterol jahat agar tidak berkembang. Namun, pilihlah olahan kedelai yang tidak menggunakan minyak goreng biasa atau campuran santan. Sebagai solusinya, Anda dapat mengganti minyak goreng yang biasa Anda gunakan dengan minyak zaitun.
  6. Alpukat
    Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik Anda.
  7. Oatmeal
    Oatmeal adalah salah satu makanan yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Dia memiliki kandungan yang dapat menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, tingginya serat di dalamnya mampu menurunkan penyerapan kolesterol saat proses pencernaan berlangsung.

(sumber gambar artikel diet kolesterol jahat : www.cara-kesehatan.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu WRP Diet Image

Susu WRP Diet Body Shape Energetic: Energi Tetep Oke Sekalipun Sedang Diet

Setelah sebelumnya membahas Susu diet WRP Body Shape Balance, sekarang kita beralih pada susu WRP …

Turunkan Kolesterol Anda dengan Diet Kolesterol


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Turunkan Kolesterol Anda dengan Diet Kolesterol