Home » Diet » 9 Asupan Makanan Penting Saat Menjalani Diet Ibu Menyusui

9 Asupan Makanan Penting Saat Menjalani Diet Ibu Menyusui

9 Asupan Makanan Penting Saat Menjalani Diet Ibu Menyusui

Pernah dengar cara diet ibu menyusui? Terdengar ganjil ya? “Emangnya ada? Kan ibu munyusui harus berbagi nutrisi dengan si bayi lewat ASI? Terus bagaimana asupannya kalau ibu menyusui diet?”.

Ibu menyusui bisa melakukan diet. Karena bicara soal diet, berarti bicara tentang pola makan yang sehat dan teratur.

Ingat, di artikel-artikel tentang diet yang terdahulu, saya selalu mengatakan bahwa diet bukan tentang tidak boleh makan sama sekali.

Diet juga bukan hanya boleh makan sayur dan buah saja. Namun lebih dari itu, Anda tetap dapat mengonsumsi makanan seperti biasanya hanya saja porsi dan jadwalnya berubah.

Dan hampir semua orang tahu bahwa pasca melahirkan, kebanyakan berat badan seorang ibu akan naik. Akhirnya, banyak yang bingung karena naiknya bisa sampai 15-20 kg, bahkan lebih !!

Sebenarnya ketika Anda menyusui, “kegiatan” tersebut akan membantu Anda untuk mengurangi berat badan dan mengembalikan tubuh seperti semula. Tetapi masalahnya adalah, tidak semua ibu menyusui tubuhnya bisa kembali ke berat dan bentuk semula.

Jadi sekali lagi saya tegaskan, diet ibu menyusui pun bukan tentang pengurangan asupan makanan. Pengurangan asupan makanan akan mempengaruhi produksi ASI, padahal indikator keberhasilan menyusui adalah berat badan bayi bertambah, kondisi kulit membaik, tonus otot dan kebiasaan makan bayi yang memuaskan Anda.


Lalu bagaimana caranya? Begini, ibu menyusui setidaknya memerlukan tambahan kalori perhari antara 300-500 kalori. Jadi Anda tidak perlu makan berlebihan karena khawatir bayi Anda tidak mendapatkan ASI yang cukup. Anda hanya perlu menjaga konsumsi gizi yang seimbang.

Kemudian ibu menyusui pun mudah kehausan. Saat haus, minumlah sebanyak mungkin air putih. Tambahlah dengan mengkonsumsi minuman lain, seperti jus buah, susu sapi dan susu kedelai. Kemudian makanlah makanan yang mengandung zat-zat dengan gizi yang tinggi.

Lalu zat apa saja yang harus dipenuhi saat menjalankan diet ibu menyusui? Zat-zat bergizi tinggi yang dibutuhkan saat Anda sedang menjalankan diet sehat ibu menyusui adalah :

  1. Energi
    Sumber energi biasanya terdapat pada karbohidrat. Untuk mencukupinya Anda, dapat mengkonsumsi beras merah, kentang, jagung dan roti gandum sebagai pengganti nasi putih.
  2. Protein
    Protein dibutuhkan untuk memelihara sel tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi, membangun jaringan baru dan mensuplai kebutuhan energi. Anda dapat mendapatkannya dari daging, ayam, seafood, buah alpukat, susu dan telur.
  3. Zat Besi
    Zat besi adalah zat yang mengikat oksigen dalam darah setelah sebelumnya diangkut dari paru-paru dan disebarkan keseluruh organ tubuh yang membutuhkannya. Zat ini berguna untuk membuat hemoglobin dan menormalkan daya tahan tubuh. Kekurangan zat besi akan menyebabkan Anda menderita anemia. Daun bayam, kentang (terutama kulitnya), kangkung dan jagung adalah sumber zat besi.
  4. Kalsium
    Di antara fungsi kalsium adalah untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang-gigi, terutama bagi bayi. Kekurangan kalsium pada masa pertumbuhan akan menyebabkan ketidaksempurnaan tulang dan menyebabkan penyakit rickets. Kalsium dapat Anda peroleh dari brokoli, ikan sarden, tahu, tempe dan susu.
  5. Asam Folat
    Asam folat adalah varian dari vitamin B yang larut air, yakni vitamin B-9. Asam folat diperlukan untuk penyusun hemoglobin dalam sel darah merah dan sintesis asam nukleat. Kekurangan zat ini akan menyebabkan Anda menderita anemia. Sumber asam folat di antaranya adalah sayuran berdaun hijau gelap (bayam, sawi, kangkung, kacang panjang, dan brokoli), jeruk, kacang-kacangan, kembang kol, hati, daging dan kedelai.
  6. Zinc
    Zinc atau zat seng, berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan meningkatkan imunitas Anda. Zinc juga membantu proses penyembuhan luka Anda pasca melahirkan. Kekurangan zat ini akan menyebabkan Anda mudah terserang berbagai macam penyakit. Biji-bijian, kacang-kacangan, seafood, gandum dan produk susu adalah di antara sumber zinc.
  7. Vitamin B-6
    Vitamin B-6 dapat Anda peroleh dari kentang, tomat, pisang, sayuran hijau, ikan, unggas dan sapi. Dia berguna untuk proses asam amino menyusun protein (termasuk enzim), menyusun vitamin, hormon dan asam nukleat.
  8. Vitamin B-12
    Fungsinya adalah untuk mengubah karbohidrat, protein dan lemak menjadi energi, menjaga sel darah merah agar sehat, melindungi sel saraf, mencegah penyakit jantung serta mencegah penyusutan otak yang mengakibatkan penurunan daya ingat. Daging, ikan, hati, rumput laut, kedelai, telur dan susu adalah sumbernya.
  9. Vitamin D
    Berguna untuk kesehatan tulang, penyerapan kalsium di lambung dan saluran pencernaan saat Anda sedang menjalankan diet ibu menyusui. Kekurangan zat ini akan membuat tulang lemah. Ikan salmon, ikan tuna dan sinar matahari adalah tempat Anda dapat memperolehnya.

Bagaimana? Dengan membaca tips diet ibu menyusui di atas? Anda sudah lebih paham kan? Okay, kalau begitu, saya sudahi pembahasan tentang makanan diet untuk ibu menyusui ini. Silahkan Anda praktekkan dan semoga Anda sukses menjalankan diet ibu menyusui.

(sumber gambar : www.healthyfoodiebaby.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu WRP Diet Image

Susu WRP Diet Body Shape Energetic: Energi Tetep Oke Sekalipun Sedang Diet

Setelah sebelumnya membahas Susu diet WRP Body Shape Balance, sekarang kita beralih pada susu WRP …

Satu komentar

  1. Web baru ya brooo…. Mantabs abis pokoknye

9 Makanan Penting Saat Menjalani Diet Ibu Menyusui


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 Makanan Penting Saat Menjalani Diet Ibu Menyusui