Home » Diet » Ini Dia Makanan yang Dilarang dan Disarankan Saat Anda Jalani Diet Hipertensi

Ini Dia Makanan yang Dilarang dan Disarankan Saat Anda Jalani Diet Hipertensi

Ini Dia Makanan yang Dilarang dan Disarankan Saat Anda Jalani Diet Hipertensi

Salah satu terapi tentang bagaimana cara mengobati darah tinggi adalah dengan mengatur pola makan.

Karena salah satu penyebab hipertensi adalah berat badan yang berlebih atau obesitas. Walaupun bukan faktor mutlak, namun makanan sangat berpengaruh. 

Nah, mengatur pola makan saat hipertensi lebih dikenal dengan diet hipertensi. Sebenarnya apa sih penyebab nyata terjadinya penyakit hipertensi?

Penyebab nyatanya adalah kandungan kalium dalam tubuh yang kurang. Hal ini terjadi karena tingginya kadar garam (natrium) dalam tubuh yang menyebabkan penyerapan air berlebihan (retensi).

Kadar garam yang tinggi dalam darah tersebut membuat ginjal mengelurkan kalium sehingga tubuh kekurangan zat kalium. Inilah yang terjadi pada penderita hipertensi. Tubuh kekurangan kalium kemudian badan menjadi lemas.

Maka dari itu, penderita hipertensi membutuhkan kalium untuk membantu menurunkan tekanan darahnya. Ini adalah salah satu cara menurunkan darah tinggi yang relatif cukup mudah.

Pertanyaannya sekarang adalah darimana mendapatkan kalium saat sedang menjalankan diet hipertensi? Anda bisa mendapatnya dari makanan-makanan di bawah ini :


  1. Kurma
    Kurma memiliki kandungan kalium sebesar 167 miligram.
  2. Buah Alpukat
    Buah alpukat mengandung kalium sebesar 975 miligram.
  3. Saus Tomat
    Saus tomat memiliki kandungan sebesar 800 miligram, namun pastikan saus tomat Anda tidak mengandung garam dan gula.
  4. Ikan Salmon
    Ikan salmon memiliki kandungan kalium sebesar 449 miligram per 85 gram.
  5. Buah Pisang
    Buah pisang ukurang sedang memiliki kandungan kalium sebanyak 442 miligram.
  6. Kacang-Kacangan
    Secangkir kacang kedelai mengandung 970 miligram, secangkir kacang putih sebanyak 1.189 miligram, dan secangkir kacang kapri mengandung 707 miligram.
  7. Yoghurt
    Yoghurt rendah lemak memiliki kandungan kalium sebanyak 531 miligram per 226 gram.
  8. Buah Melon
    Bulan melon memiliki kandungan kalium sebesar 358 miligram.
  9. Kentang
    Kentang  ukuran sedang memiliki kandungan kalium sebanyak 542 miligram.
  10. Buah Pepaya
    Pepaya memiliki kandungan kalium sebanyak 264 miligram per 2,5 sentimeter.
  11. Kerang Laut
    Kandungan pottassium kerang membantu menjaga tekanan darah Anda untuk tetap normal.

Nah, jika Anda ingin menjalankan program diet hipertensi, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan kaya kandungan kalium seperti di atas. Setelah itu, Anda harus sesegera mungkin menyedikitkan konsumsi garam  dalam masakan-masakan Anda.

Lalu makanan apa saja yang perlu Anda hindari? Ada 7 macam makanan yang harus Anda hindari saat Anda melakukan terapi pengobatan hipertensi :

  1. Mie Instan.
    Mie instan memiliki kandungan garam sebanyak 1.580 gram dan lemak 14 gram. Hindari makan makanan ini.
  2. Gula.
    Gula termasuk tinggi kalori. Gula jugalah yang menyebabkan obesitas. Gula juga beresiko menyumbat pembuluh jantung Anda. Maka dari itu, kurangi penggunaan gula Anda.
  3. Susu.
    Kandungan lemak yang tinggi dan juga lemak jenuh pada susu tidak baik bagi penderita hipertensi.
  4. Acar.
    Sekalipun rendah kalori, namun acar memiliki kandungan garam sebanyak 570 miligram per satu buah mentimun.
  5. Kentang Goreng.
    Kandungan garam untuk seporsi kentang goreng ukuran sedang adalah 270 miligram. Ia juga mengandung lemak sebanyak 19 gram. Itulah sebabnya saat Anda menjalani diet hipertensi, Anda dilarnag “menyentuh” makanan ini.
  6. Margarin.
    Maaf, untuk pantangan diet hipertensi yang satu ini, saya hanya tahu larangan memakan margarin saja. Untuk penjelasan mengapa dilarang memakan margarin, Anda bisa mencari tahu sumber yang lainnya.
  7. Alkohol.
    Minuman yang satu ini dapat memicu meningkatnya tekanan darah. Selain itu dia juga merusak dinding pembuluh darah. Yang jelas dalam Islam, minuman ber-alkohol yang memabukkan haram hukumnya, baik sedikit maupun banyak.

Lalu bagaimana dengan daging kambing? Tidakkah dia juga termasuk pantangan bagi penderita hipertensi? Mitos mengatakan bahwa daging kambing adalah “kambing hitam” bagi penyakit hipertensi.

Pada dasarnya, daging kambing tidak berpengaruh secara langsung pada peningkatan tekanan darah seseorang. Adanya peningkatan tekanan darah (di antaranya) disebabkan oleh timbunan lemak yang menyebabkan plak pada dinding pembuluh darah, sehingga lama kelamaan akan menyebabkan sempitnya (resistensi) pembuluh darah. Inilah yang menjadi penyebab tekanan tinggi menjadi naik.

Selain itu, semua daging memiliki peluang yang sama untuk menjadi pemicu tekanan tinggi. Dan ini butuh waktu yang lama. Kenapa? Lagi-lagi karena kadar lemak yang jika lama kelamaan bertumpuk akan membuat plak dan mempersempit pembuluh darah.

Kenapa penyempitan pembuluh darah bisa menyebabkan tekanan darah tinggi? Analoginya begini… ibaratkan pembuluh darah tadi adalah sebuah pipa dan darah adalah air. Jika pada beberapa bagian pipa memiliki dinding yang sempit, maka air yang hendak lewat membutuhkan tekanan yang lebih tinggi dibandingkan lewat pada bagian pipa lain yang masih longgar. Dan seperti inilah cara kerja terjadinya tekanan darah tinggi pada seseorang.

Sudah paham sekarang kan? Nah, sebagai penutup artikel tips menurunkan tekanan darah tinggi dan diet hipertensi ini, saya menyarankan kepada Anda khususnya yang sudah berkeluarga untuk tidak memberikan kepada putra dan putri Anda makanan atau masakan yang banyak mengandung garam.

Tindakan ini sebagai pencegahan karena ketika mereka beranjak dewasa, ada kemungkinan mereka akan menambahkan rasa asin pada makanan atau masakan mereka. Lebih baik mencegah kan daripada Anda besok “membelikan” obat penurun darah tinggi bagi putra putri kesayangan Anda?

Well, saya rasa cukup sekian pembahasan tentang diet hipertensi, semoga bermanfaat, sampai ketemu di artikel saya tentang hidup sehat selanjutnya. See you…

(sumber gambar artikel diet hipertensi : talkfeed.co.za)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu WRP Diet Image

Susu WRP Diet Body Shape Energetic: Energi Tetep Oke Sekalipun Sedang Diet

Setelah sebelumnya membahas Susu diet WRP Body Shape Balance, sekarang kita beralih pada susu WRP …

Makanan yang Dilarang dan Dianjurkan Saat Diet Hipertensi


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Makanan yang Dilarang dan Dianjurkan Saat Diet Hipertensi