Home » Diet » Beginilah Caranya Diet dengan Puasa yang Benar

Beginilah Caranya Diet dengan Puasa yang Benar

Diet Dengan Puasa ImageDiet dengan puasa bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin turun badan dengan cepat. Tapi, maksudnya puasa yang bagaimana? Apa seperti puasa untuk umat Islam itu atau yang bagaimana?

Diet dengan puasa punya beberapa varian yang bisa Anda pilih, seperti puasa intermiten, puasa kering, dan puasa parsial. Yang dimaksud dengan puasa intermiten adalah jenis puasa yang meminta Anda untuk puasa makan dan minum dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Ini adalah jenis puasa yang biasa umat Islam jalankan di bulan Ramadan setiap tahunnya.

Selanjutnya adalah puasa kering. Puasa kering atau bisa Anda sebut dengan puasa absolut adalah puasa yang membatasi semua jenis makanan dalam jangka waktu absolut, seperti sehari sampai sepekan penuh. Ketika Anda melakukan puasa absolut atau kering ini, Anda hanya boleh minum minuman tertentu yang telah disarankan oleh ahlinya, yakni dokter.

Puasa ini biasanya digunakan untuk terapi penyakit arthritis, yakni penyakit yang mengakibatkan peradangan pada sendi pada waktu yang lama dan ini terjadi karena system kekebalan tubuh yang menurun.

Puasa parsial hanyalah berlaku untuk sebagian makanan tertentu saja. Semisal Anda tidak boleh makan makan berlemak, berminyak, susu, atau makanan lain sampai batas waktu tertentu. Selebihnya, Anda boleh mengonsumsi makanan khusus untuk menu diet Anda saja. Puasa ini biasanya dijalankan dengan maksud untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Beragam bukan jenisnya?

Mungkin sebagian dari Anda belum sadar dengan begitu banyaknya manfaat diet dengan puasa. Tidak hanya sekedar mengistirahatkan organ dalam (terkhusus pencernaan), namun dengan puasa cadangan cadangan yang selama ini disimpan dalam tubuh dapat digunakan, seperti cadangan protein, glukosa (gula), lemak, bahkan kolesterol.

Puasa yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu, seperti puasa intermiten semisal, dapat “mengolah” dan mengalokasikan kelebihan dari glukosa, lemak, protein, dan kolesterol dalam tubuh pada bagian tubuh yang membutuhkan. Cadangan lemak makin menipis, gula darah pun juga makin berkurang. Produksi kolesterol jahat pun akhirnya berkurang.

Selama menjalankan puasa, untuk mendapatkan efek yang baik bagi kesehatan Anda, sebaiknya Anda memperhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Pada waktu makan sahur, konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat dasar dan karbohidrat kompleks karena pengolahannya terhadap keduanya adalah untuk menghasilkan cadangan energy bagi tubuh untuk 8 jam ke depan.


Yang termasuk ke dalam sumber karbohidrat dasar seperti nasi putih dan terigu, sedangkan yang menjadi sumber karbohidrat kompleks adalah kentang, oatmeal,  beras merah, dan roti gandum.

Selain itu, konsumsilah banyak sayur dan buah buahan. Ini berfungsi untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Saat Anda mengonsumsi protein, sebaiknya pilih yang tidak berlemak. Hindari pula cara memasak dengan digoreng karena ini dapat menambah kolesterol jahat dalam tubuh.

Sebagai gantinya, masak makanan Anda dengan dikukus, direbus, dan dibakar. Tumisan pun tidak mengapa, asalkan ganti minyak Anda dengan minyak zaitun atau minyak biji bunga matahari.

Komponen terbesar dari  tubuh kita adalah air. Selama puasa berlangsung, otomatis konsumsi air Anda berkurang. Saat Anda berbuka konsumsilah air mineral sebanyak 2 gelas, saat malam hari 4 gelas, dan sebelum sahur 2 gelas. Hindari minuman yang menyebabkan Anda terus terusan ke kamar kecil karena ini akan menyebabkan Anda kekurangan air saat siang harinya.

Selain dapat menurunkan berat badan, diet dengan puasa juga dapat menyehatkan jantung (termasuk menurunkan kolesterol jahat), memperbaharui antibody, menjernihkan pikiran, dan banyak manfaat kesehatan lainnya. Jadi, bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba diet dengan puasa?

Tentang Admin 01

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu WRP Diet Image

Susu WRP Diet Body Shape Energetic: Energi Tetep Oke Sekalipun Sedang Diet

Setelah sebelumnya membahas Susu diet WRP Body Shape Balance, sekarang kita beralih pada susu WRP …

Beginilah Caranya Diet dengan Puasa yang Benar


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beginilah Caranya Diet dengan Puasa yang Benar