Home » Diet » Manfaat Diet Beras Merah, Dari Turunkan Berat Badan Sampai Turunkan Resiko Kanker Usus

Manfaat Diet Beras Merah, Dari Turunkan Berat Badan Sampai Turunkan Resiko Kanker Usus

Diet Beras Merah ImageBeras merah terkenal sebagai makanan pengganti beras putih dalam program diet. Ini dikarenakan, beras merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan pada beras putih. Karena itulah, sebagian orang memilih untuk menerapkan diet berat merah.

Beras merah memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dan lebih baik jika dibandingkan dengan beras putih. Sekalipun sama sama bernama beras, namun ternyata proses penggilingannya berbeda. Untuk beras merah, proses penggilingannya cukup tradisional jika dibandingkan dengan proses penggilingan pada beras putih. Proses penggilingan inilah yang menjadi salah satu penyebab perbedaan kandungan nutrisi di dalamnya.

Beras merah sendiri memiliki banyak kandungan nutrisi yang tubuh Anda butuhkan. Untuk serat saja, hal yang paling membantu seseorang untuk menghalau rasa lapar, dia berasal dari kulit ari beras yang tidak terkelupas seluruhnya. Inilah yang membedakannya dengan beras putih, di mana kulit arinya terkelupas saat proses penggilingan terjadi. Selain itu, pada beras merah juga terdapat dedak yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, sehingga bagi Anda yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi, disarankan untuk mengonsumsi beras merah ini.

Beras merah juga dikenal sebagai sumber makanan berkadar karbohidrat rendah jika dibandingkan dengan beras putih. Walau kadar karbohidratnya lebih rendah, namun beras merah yang termasuk ke dalam sumber makanan berkarbohidrat kompleks dapat menghasilkan energy yang lebih besar daripada beras putih.

Jenis karbohidrat kompleks juga dapat diserap oleh tubuh dengan baik. Proses penyerapan nutrisinya dilakukan dengan bertahap, inilah yang membuat Anda senantiasa memiliki cadangan energy. Selain juga tubuh tidak menyimpan timbunan lemak akibat sisa proses penggilingannya.

Kandungan lain yang juga penting dalam beras merah antara lain adalah zat besi, vitamin A, vitamin B kompleks, asam lemak alfa linolenat, mangan, selenium, magnesium, protein, dan asam amino triptofan.

Lalu bagaimana cara melakukan diet ini? Yang perlu Anda lakukan adalah ganti nasi putih Anda dengan nasi beras merah. Porsinya pun tak usah banyak banyak. Cukup beberapa sendok saja. Karena kaya serat, baru makan sedikit Anda sudah akan merasa kenyang.

Selanjutnya, Anda juga boleh mengonsumsi makanan berprotein. Pilih bagian yang tidak memiliki lemak dan kolesterol, seperti dada ayam dan putih telur. Untuk susu, gunakan susu rendah lemak atau susu almond dan susu kedelai.


Selain dengan beras merah, Anda juga membutuhkan konsumsi sayur dan buah buahan. Keduanya memiliki kadar serat yang banyak, selain juga banyak nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Selanjutnya adalah olahraga. Yups, olahraga selalu menjadi (salah satu) senjata ampuh untuk para pediet. Karena dengan berolahraga, kalori dalam tubuh akan banyak terbakar.

Pada sebagian orang, berdiet berarti tidak makan pagi dan makan malam. Ini adalah pemikiran yang salah. Pada saat pagi, tubuh Anda membutuhkan asupan energy untuk beraktifitas. Selain juga saat pagi hari adalah waktu usus Anda bekerja.

Dengan menghindari sarapan, berarti Anda mempersiapkan diri untuk makan lebih banyak saat siang harinya. Dengan Anda sarapan pagi, ini akan membantu Anda mengontrol nafsu makan selama satu hari penuh. Lalu bagaimana jika saat jam 9 sampai jam 10 lapar? Anda tetap boleh ngemil. Tapi cemilannya adalah cemilan sehat, seperti buah buahan.

Saat malam hari pun tubuh membutuhkan energy juga. Memang aktivitas malam hari jauh berkurang di saat pagi dan siang hari. Namun demikian, biasanya tubuh mencerna makanan pada waktu malam dan bekerja optimal saat Anda sedang tidur. Sebagai jalur tengahnya, pilihlah makanan yang jauh lebih “ringan” di bandingkan saat Anda makan siang.

Diet beras merah juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah, kolesterol jahat, dan menstabilkan tekanan darah. Bahkan, dengan mengonsumsi beras merah yang notabenenya memiliki banyak kandungan serat dapat memperkecil resiko kanker usus. Bagaimana, tertarik beralih ke beras merah?

(sumber gambar : gadieznotes.blogspot.co.id)

Tentang Admin 01

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu WRP Diet Image

Susu WRP Diet Body Shape Energetic: Energi Tetep Oke Sekalipun Sedang Diet

Setelah sebelumnya membahas Susu diet WRP Body Shape Balance, sekarang kita beralih pada susu WRP …

Manfaat Diet Beras Merah, Dari Turunkan Berat Badan Sampai Turunkan Resiko Kanker Usus


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Manfaat Diet Beras Merah, Dari Turunkan Berat Badan Sampai Turunkan Resiko Kanker Usus