Home » Diet » Panduan Diet Asam Urat Bagi Anda yang Menderita “Gout”

Panduan Diet Asam Urat Bagi Anda yang Menderita “Gout”

Panduan Diet Asam Urat Bagi Anda yang Menderita "Gout"

Setelah membahas tentang diet rendah kolesterol, kini saatnya Anda bisa mengetahui tentang diet asam urat. Apa itu diet asam urat?

Diet asam urat adalah diet bagi Anda penderita Gout (asam urat) dimana kadar asam urat dalam darah Anda tergolong tinggi.

Diet asam urat disebut juga diet rendah purin. Purin adalah protein yang hasil metabolismenya dapat membentuk kristal asam urat dan dapat menumpuk pada sendi-sendi serta ginjal atau saluran kencing.

Dengan menjalankan diet ini, kadar asam urat dalam darah Anda diharapkan menjadi turun serta pengeluaran kristal asam urat menjadi lancar dan tercapainya berat badan normal bagi tubuh Anda.

Prinsip mengatasi asam urat adalah mengkonsumsi makanan yang rendah purin. Penggunaan lemak yang masuk ke tubuh Anda haruslah dibatasi karena lemak cenderung menghambat pengeluaran kristal asam urat.

Selain itu, banyak minum air putih akan sangat membantu pengeluaran kelebihan asam urat. Minumlah minimal 2-3 liter per hari. Hal itu dapat mencegah terjadinya pengendapan asam urat dalam ginjal yang dapat menyebabkan batu ginjal. Prinsip yang lain yang harus Anda pegang adalah memakan makanan yang sesuai dengan menu seimbang.

Apa saja menu makanan yang seimbang? Berikut ini saya berikan beberapa daftar makanan yang dianjurkan, makanan yang harus Anda batasi dan makanan yang harus Anda hindari saat Anda menjalankan diet asam urat.


Makanan yang dianjurkan bagi pelaku diet untuk asam urat :

  • Sumber hidrat arang : nasi tim, nasi, roti, ubi, kentang, talas, bubur, gandum, jagung, pasta, makaroni, dan sereal.
  • Sumber protein hewani : telur, susu skim.
  • Semua macam buah-buahan, kecuali : durian, nangka, nanas.
  • Minyak lemak atau lemak diberikan dalam jumlah terbatas.
  • Semua macam minuman yang tidak mengandung alkohol.
  • Semua macam bumbu secukupnya.

Makanan yang dibatasi untuk pelaku diet penderita asam urat :

  • Sumber protein :
    • Hewani : daging, ayam, ikan tongkol, tenggiri, bawal, bandeng, kerang, udang dibatasi maksimum 50 gram/hari.
    • Nabati : tempe, tahu, oncom maksimum 50 gram/hari.
  • Sayuran : bayam, buncis, daun melinjo, labu siam, kapri, kacang polong, kembang kol, kacang panjang, asparagus, dan jamur maksimum 50 gram/hari.
  • Makanan yang berlemak dan penggunaan santan kental serta makanan yang digoreng.

Makanan yang dihindari pelaku diet asam urat tinggi :

  • Yang mengandung tinggi purin seperti : hati, ginjal, jantung, limpa, otak, ham, sosis, babat, usus, paru, sarden, kaldu daging, bebek, burung, angsa, dan ragi.
  • Pantangan bagi penyakit asam urat lainnya adalah minuman yang mengandung soda dan alkohol : soft drink, arak, ciu dan bir.

Kemudian saat Anda ingin memasak menu diet asam urat. Ada beberapa cara mengolah makanan yang harus Anda perhatikan. Masaklah dengan cara merebus, mengukus, mengungkep, menumis, memanggang atau membakar.

Kemudian perbanyaklah mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung air untuk memperlancar pengeluaran asam urat.

Terakhir yang perlu Anda perhatikan, saat menjalankan diet rendah purin ini, berolahragalah secara teratur untuk mencegah kaku sendi. Dan bagi Anda yang menderita darah tinggi atau penyakit jantung, selain diet rendah purin, Anda juga harus menjalankan diet rendah garam.

Berhati-hatilah dengan minuman atau suplemen berenergi, karena hal tersebut berbahaya bagi kesehatan Anda. Konsultasikan segera semua keluhan jika terjadi selama Anda menjalankan diet asam urat ke dokter sehingga pendeteksian keluhan yang Anda derita dan penanganan terhadap penyakit Anda dapat secara cepat dan tepat.

Okay, begitu saja artikel tentang diet asam urat ini dari saya, selamat mencoba kiat mengobati asam urat di atas dan semoga cepat sembuh…

(sumber gambar diet penyakit asam urat : www.jaxresearch.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu WRP Diet Image

Susu WRP Diet Body Shape Energetic: Energi Tetep Oke Sekalipun Sedang Diet

Setelah sebelumnya membahas Susu diet WRP Body Shape Balance, sekarang kita beralih pada susu WRP …

Panduan Diet Asam Urat Bagi Anda yang Menderita "Gout"


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Panduan Diet Asam Urat Bagi Anda yang Menderita "Gout"