Home » Diet » Diet Air Putih, Sehatkah Untuk Dilakukan?

Diet Air Putih, Sehatkah Untuk Dilakukan?

Diet Air Putih, Sehatkah Untuk Dilakukan?

Sudah menjadi rahasia umum kalau banyak orang yang gemuk ingin menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat.

Mereka “mengincar” program-program diet yang hasilnya cepat. Salah satu program diet cepat yang menjadi incaran adalah diet air putih.

Katanya, jika Anda konsisten menjalankan cara diet alami ini, berat badan Anda akan turun 2 hingga 3 kilogram per hari. Fantastis kan? Tapi apakah benar diet air putih bisa menurunkan berat badan dengan cepat? Kalau iya, bagaimana cara kerjanya? Sehatkan untuk dilakukan?

Begini, diet air putih hanya memperbolehkan Anda mengkonsumsi air putih ditambah dengan makanan cair lainnya seperti sup, krim, jus buah dan jus sayur. Anda “dilarang keras” untuk mengkonsumsi makanan padat dan berkalori tinggi selama menjalankan program ini. Berat ya, ha..ha.ha.. Sebentar, belum selesai…

Anda juga sangat disarankan untuk tidak melakukan banyak aktivitas berat yang menuntut banyak gerakan. Anda juga dilarang untuk berpikir terlalu keras. Kenapa? Karena kedua hal tersebut akan membuat Anda cepat lemas, pusing, berkeringat dingin bahkan jatuh pingsan jika fisik Anda tidak kuat.

Ketika Anda bangkit dari duduk pun, jika tidak berhati-hati, mata Anda akan berkunang-kunang. Ngeri ya? Dan perlu Anda ketahui, dalam sehari, Anda akan diminta untuk mengonsumsi sampai dua liter air suling (bukan air keran atau air mineral).

Mengapa harus air suling? Karena air suling punya sifat magnetik yang bisa membantu meningkatkan detoksifikasi racun. Hebat kan?


Makanya cara diet air putih ini memang digadang-gadang sebagai cara terampuh untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Namun, apakah cara ini aman bagi kesehatan Anda? Sebentar, saya akan jelaskan poin demi poin agar Anda paham apa itu diet air putih dan bagaimana efeknya.

Penjelasannya begini… normalnya diet untuk menurunkan berat badan paling tidak akan menurunkan berat Anda 0,5 kilogram per minggu. Kira-kira setara dengan 2 sampai 2,5 kilogram per bulan lah… Dan untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda perlu menjaga asupan gizi secara seimbang dan olahraga teratur minimal 3 kali seminggu selama 30 sampai 60 menit per sekali olahraga.

Olahraga yang dapat Anda lakukan pun tergolong ringan, seperti sit up, push up, latihan beban, renang, lari, aerobik dan bersepeda. Jika Anda konsisten dan disiplin dengan itu, tidak hanya penurunan berat badan yang akan Anda dapatkan. Namun bentuk tubuh dan kualitas kesehatan Anda akan meningkat !!

Hanya saja perlu Anda perhatikan, sekalipun mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak akan sangat membantu tubuh Anda menurunkan berat badan, melakukan detoksifikasi racun, dan melancarkan percernaan, namun jika hanya itu yang dimasukkan ke dalam tubuh Anda, jelas Anda akan sakit.

Faktanya, tubuh memerlukan asupan gizi lain berupa kalori, vitamin, protein, dan serat. Ketika Anda memaksakan tubuh dengan tidak memasukan asupan penting yang lain selain air putih, maka hal itu hanya akan mendatangkan penyakit.

Jadi yang perlu Anda garis bawahi, diet hanya dengan mengonsumsi air putih saja bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Bagaimana pun, tubuh memerlukan energi. Jika cadangan energi dalam tubuh tidak didapatkan dari asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, maka “ia” akan diambil dari lemak, protein, dan gula yang sudah tersimpan di dalam tubuh kemudian akan dipecah.

Dan kadang kala, lemak yang dipecah tersebut dapat berakibat fatal bagi kesehatan organ dalam Anda. Mau contoh? Begini… jika organ ginjal atau usus Anda terbiasa ditopang oleh lemak, lalu ketika tubuh Anda butuh energi tambahan lemak penopang tadi diambil sehingga organ dalam Anda tidak ada yang menopangnya, kira-kira apa yang akan terjadi?

Dan lagi, lemak itu tidak hanya berfungsi untuk membuat badan Anda terlihat berisi. Namun ia akan menghangatkan tubuh Anda dan juga melindungi organ dalam Anda.

Jadi, ketika Anda mengalami benturan atau terjatuh, benturan tersebut tidak akan langsung menghantam dan melukai organ dalam Anda. Benturan tersebut akan mengenai lemak terlebih dahulu. Dengan kata lain, lemak berfungsi sebagai peredam atau bantalan.

Lalu bagaimana kesimpulannya? Apakah diet air putih tidak disarankan karena buka termasuk cara diet yang baik? Ya !! Diet air putih tanpa makan ini bukan termasuk cara diet sehat dan memiliki resiko tinggi yang bisa membahayakan kesehatan Anda. Mungkin benar, berat badan Anda akan turun dengan cepat. Namun, Anda berpotensi untuk mendapatkan resiko terserang penyakit.

So menurut hemat saya, tinggalkan diet air putih jika Anda ingin tubuh Anda tetap sehat. Terapkan saja cara diet yang benar dengan menjalankan pola makan yang seimbang dan olahraga cukup. Insya Allah, perlahan tapi pasti, berat badan Anda akan turun.

(sumber gambar : www.motherearthliving.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu WRP Diet Image

Susu WRP Diet Body Shape Energetic: Energi Tetep Oke Sekalipun Sedang Diet

Setelah sebelumnya membahas Susu diet WRP Body Shape Balance, sekarang kita beralih pada susu WRP …

Diet Air Putih, Sehatkah Untuk Dilakukan?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Diet Air Putih, Sehatkah Untuk Dilakukan?