Home » Makanan Sehat » 4 Contoh Makanan Sehat ala Thibun Nabawi yang Oke Punya

4 Contoh Makanan Sehat ala Thibun Nabawi yang Oke Punya

4 Contoh Makanan Sehat ala Thibun Nabawi yang Oke Punya

Kali ini saya akan membahas sesuatu yang agak berbeda dari yang biasanya, yaitu contoh makanan sehat ala thibun nawawi.

Mengapa saya membahas contoh makanan sehat tersebut? Karena makanan sehat adalah salah satu aspek penting dalam menunjang kualitas kesehatan seseorang.

Seseorang yang sering mengkonsumsi makanan sehat akan memiliki kondisi badan yang berbeda.

Dan seseorang yang dikenal jarang sakit, biasanya “rajin merawat” menu makan buat dirinya. Tetapi tentunya ia juga rajin berolahraga dan selalu berpikiran positif.

Nah, maka dari itu, saya akan berikan contoh makanan sehat yang lain daripada yang lain, yaitu contoh makanan sehat ala Thibun Nabawi.

Alasan saya memberikan contoh makanan sehat ala Timur Tengah tersebut karena masih banyak orang yang tidak tahu dengan makanan sehat yang berasal dari sana.

Tetapi karena keterbatasan tempat, disini saya hanya akan mengulas 4 saja.


Contoh makanan sehat ala Thibun Nabawi yang pertama adalah kurma.

Kurma dikenal sebagai buah yang tumbuh di daratan Timut Tengah. Kurma pada zaman dulu digunakan sebagai salah satu makanan pokok penduduk setempat. Kurma sendiri cukup beragam jenisnya, seperti kurma naghol, kurma sayer, kurma lu’lu’, kurma mesir dan banyak jenis lainnya.

Kurma yang paling enak adalah kurma ajwa yang harga per kilogramnya bisa sampai ratusan ribu. Tahukah Anda apa keutamaan buah kurma?

Buahnya yang kecil dan sering dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang ini ternyata memiliki beragam kandungan nutrisi yang sangat tubuh butuhkan, seperti kalori, karbohidrat, protein, zat besi, magnesium, vitamin K, kalium, kalsium, vitamin B-6, serat dan yang lain.

Buah ini juga bebas kolesterol dan lemak jenuh. Kurma dijadikan sebagai makanan pokok Muhammad SAW, Nabi terakhir umat Islam. Dalam sejarah hidupnya, beliau terkadang hanya mengkonsumsi beberapa butir kurma dan air putih dalam sehari.

Biarpun demikian, ternyata kebiasaan beliau tidak membuat beliau sering sakit. Bahkan, Muhammad SAW dikenal sebagai pribadi yang jarang sakit dan punya kondisi fisik yang selalu prima.

Dalam kehidupannya, beliau hanya beberapa kali saja mengalami sakit, salah satunya yang “mengantarkannya” meninggal dunia. Dan ternyata kandungan nutrisi dalam kurma dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh selama satu hari.

Bagaimana, tertarik untuk menjadikan kurma sebagai salah satu menu wajib harian Anda?

Contoh makanan sehat ala Thibun Nabawi yang kedua adalah madu.

Sama seperti kurma, madu juga dikenal jenis dan harganya yang beragam. Madu biasanya digunakan sebagai pengganti gula pasir yang kaya kalori. Madu yang dihasilkan dari nektar tanaman ini sangat kaya akan manfaat, selain juga rasanya yang manis.

Kandungan madu cukup beragam, antara lain karbohidrat, kalium, protein, magnesium, fosfor, zat besi, kalsium, antioksidan, asam folat, asam amino, dan yang lainnya. Sayang kan kalau contoh makanan sehat yang satu ini tidak Anda konsumsi secara rutin?

Contoh makanan sehat ala Thibun Nabawi  yang ketiga adalah buah tin.

Bagi orang Indonesia, buah tin mungkin terdengar asing. Ini dikarenakan buah ini bukan tumbuhan asli di Indonesia, melainkan berasal dari Timur Tengah. Kandungan buah tin sendiri sangat beragam dan mempunyai manfaat yang banyak untuk kesehatan.

Contohnya adalah mengurangi kolesterol, mengontrol gula darah serta menjaga kesehatan jantung. Untuk kandungan, buah tin tidak kalah dengan contoh makanan sehat lainnya seperti karbohidrat, protein, kalsium, magnesium, fosfor, mangan, selenium, zat besi, zinc, vitamin A, vitamin B-1, B-2, B6 serta vitamin C.

Contoh makanan sehat ala Thibun Nabawi yang keempat adalah minyak zaitun.

Minyak zaitun direkomendasikan oleh para ahli gizi untuk menggantikan minyak goreng kelapa sawit. Minyak zaitun sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan untuk seseorang dengan tekanan darah yang tinggi. Selain itu, minyak zaitun juga bermanfaat untuk kecantikan dan perelaksasi tubuh jika Anda gunakan untuk minyak pijat.

Saya rasa saat ini tidak susah untuk menemukan contoh pola makan sehat di atas. Walaupun Anda belum terbiasa mengkonsumsi contoh contoh makanan sehat di atas, tidak ada salahnya Anda memberanikan diri untuk mencoba. Khasiatnya telah terbukti kok. Anda hanya perlu membiasakannya saja.

(sumber gsweetpeaskitchen.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Food Combining Indonesia : Solusi Hidup Sehat Anda

Food Combining Indonesia : Solusi Hidup Sehat Anda

Tiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat. Namun tubuh yang sehat dengan penampilan menarik …

4 Contoh Makanan Sehat ala Thibun Nabawi yang Oke Punya


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Contoh Makanan Sehat ala Thibun Nabawi yang Oke Punya