Home » Penyakit » 15 Ciri Kanker Otak : Sakit Kepala yang Paling Utama

15 Ciri Kanker Otak : Sakit Kepala yang Paling Utama

15 Ciri Kanker Otak : Sakit Kepala yang Paling Utama

Ada yang belum pernah sakit kepala? Saya rasa hampir semua pernah sakit kepala. Tapi tahukah Anda bahwa salah satu ciri kanker otak adalah sakit kepala? Tapi Anda jangan takut dulu.

Saya hanya bilang salah satu ciri kanker otak saja. Bukan satu-satunya ciri lho… Karena kanker merupakan sekumpulan penyakit yang semuanya akan dirasakan oleh penderitanya.

Jadi tidak bisa jika muncul satu ciri saja langsung Anda divonis sebagai penderita kanker otak. Tidak semua sakit kepala itu merupakan ciri kanker otak. Tetapi ciri kanker otak biasanya di awali dengan sakit kepala.

Otak merupakan organ yang vital bagi manusia. Sebagaimana yang kita tahu, otak mengatur gerakan, perilaku dan fungsi tubuh seperti berdetaknya jantung, tekanan darah dan suhu tubuh serta keseimbangan cairan yang mengalir dalam tubuh berjalan normal.

Otak berperan sebagai penanggung jawab sekaligus pengaturan keseluruhan “mekanisme” tubuh. Jadi ketika terjadi kelainan dalam otak, sistem dalam tubuh tidak akan berjalan sempurna. Apalagi jika kelainan tersebut adalah penyakit kanker otak.

Penyakit kanker otak berbeda dengan penyakit-penyakit kanker yang lainnya. Karena dari sisi segi fisik, kanker otak akan menyerang sel-sel saraf gerak. Dari segi psikis, kanker otak akan menyerang sel-sel saraf emosi. Dan repotnya, kanker otak banyak ini bisa di derita mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa, baik wanita maupun laki-laki.

Lebih parahnya lagi, sampai saat ini belum bisa diketahui penyebab yang pasti dari penyakit kanker otak ini. Nah, agar Anda bisa mengetahui seperti apa ciri kanker otak ini, saya akan berikan beberapa hasil penelitian dari Departemen Oncology BSMNU.


Departemen Oncology BSMNU (Bagabandhu Seikh Mujib Medical University) adalah sebuah univeritas ternama di Bangladesh. Dari penelitian yang dilakukan di BSMNU ini, para peneliti menemukan ada sekitar 16 ciri kanker otak yang harus Anda wspadai. Penelitian ini melibatkan 50 subjek penderita kanker otak dengan usia antara 2 hingga 60 tahun.

Dan mereka membuktikan bahwa sakit kepala adalah ciri ciri gejala kanker otak yang utama. Berdasarkan penelitian yang mereka lakukan, 76% penderita kanker otak merasakan sakit pada bagia kepala yang luar biasa. Tentu saja sakit di bagian kepala ini bukan sakit kepala yang umum seperti yang Anda rasakan.

Dikutip dari CNN News, dr Santiago Medina, co-diroctor Department Radiology divisi Neuroradiology di Rumah Sakit anak Miami mengatakan bahwa dari 4.000 anak-anak yang menderita sakit kepala, satu diantaranya menderita kanker otak.

Seperti apa sakit kepala yang merupakan ciri ciri terkena kanker otak? Jika Anda jarang sakit kepala dan dalam satu bulan misalnya, tapi tiba-tiba intensitas sakit kepala Anda menjadi lebih sering, dan bahkan setiap hari, bisa jadi sakit kepala yang Anda alami adalah ciri kanker otak.

Sakit kepala biasanya timbul karena peredaran darah di kepala Anda tidak berjalan lancar. Seperti kebanyakan orang rasa nyeri yang timbul di kepala ini mengakibatkan Anda tidak dapat beraktivitas seperti biasanya. Bagi para penderita kanker otak, sakit kepala ini berasal dari sel abnorma yang tumbuh tidak terkendali sehingga memberi tekanan abnormal pada tengkorak Anda. Jika dibiarkan, tekanan ini pun dapat menyebar hingga ke syaraf.

Selain itu, sakit kepala yang “disinyalir” sebagai ciri kanker otak jarang sekali “berdiri sendiri”. Biasanya sakit kepala ini akan diikuti dengan berbagai ciri kanker otak yang lain seperti mual dan muntah. Untuk stadium lanjut, ciri kanker otak lainnya yang dapat muncul mengiringi sakit kepala ini adalah penglihatan terganggu, kemampuan mendengar menurun, kesulitan berbicara serta kejang-kejang.

Kemudian penderita kanker otak akan mengalami sakit kepala di satu tempat dimana sel-sel kanker itu tumbuh dan berkembang. Misalnya bagian belakang kepala, ubun-ubun kepala atau belakang telinga. Sakit kepala yang menjadi ciri kanker otak juga terjadi dalam jangka waktu tertentu dan berulang.

Contohnya seperti ini. Ketika bangun di pagi hari, Anda merasakan sakit kepala yang begitu hebat disertai dengan mual dan muntah. Lalu saat siang hari sakit kepala tersebut hilang dengan sendirinya. Jika semakin hari sakit kepala yang Anda rasakan semakin menjadi-jadi dari hari ke hari dan bulan ke bulan, Anda patut waspada. Gejala inilah yang tadi saya maksudkan di atas… dalam waktu tertentu dan berulang-ulang.

Waduh… malah melebar kemana-mana ya. Jadi lupa menjelaskan ciri ciri penyakit kanker otak yang disebutkan dalam penelitian BSMNU dari Bengladesh tadi. Okay, saya sebutkan ciri ciri kanker otak hasil riset dari BSMNU tersebut.

  • Perubahan Mental
  • Muntah-muntah
  • Gangguan Penglihatan
  • Kesulitan Saat Bergerak
  • Kejang-kejang
  • Kebutaan
  • Dimensia
  • Kehilangan ingatan
  • Gangguan kesadaran
  • Penurunan Berat Badan
  • Demam
  • Kehilangan Sensasi
  • Anorexia
  • Vertigo
  • Kehilangan Libido

Kelimabelas ciri kanker otak di atas merupakan ciri kanker otak yang sering mendampingi sakit kepala. Jadi ingat… gejala kanker otak yang muncul tidak pernah berdiri sendiri. Ia selalu diikuti oleh gejala yang lainnya.  Eniwei, hingga kini pengobatan kanker otak belum ditemukan.

Maka dari itu, carilah informasi sebanyak-banyaknya. Selain itu, pengalaman-pengalaman dari penderita kanker otak juga patut Anda pertimbangkan. Sebagai penutup, kanker otak merupakan penyakit ganas yang menggerogoti tubuh Anda sekaligus mengikis sisi kejiwaan Anda. Perubahan mental dapat terjadi akibat bayangan akan kematian yang tengah menghadang di depan mata.

Siapa pun pasti tidak ingin terkena kanker otak bukan? Tidak saya, dan tidak juga Anda. Karena itu perhatikan selalu ciri ciri penderita kanker otak di atas, hindari penyebab kanker otak dan ubahlah pola hidup Anda menjadi pola hidup yang lebih sehat. Semoga kita tidak terkena penyakit yang satu ini, Amiien…

(sumber gambar artikel ciri ciri sakit kanker otak : www.cbsnews.com)

Tentang Om Nip-Nip

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Radiasi dan Zat Kimia, Sang Penyebab Kanker Darah

Radiasi dan Zat Kimia, Sang Penyebab Kanker Darah

Kanker darah merupakan penyakit kanker dimana salah satu neoplasma memiliki sifat ganas yang berasal dari …

15 Ciri Kanker Otak : Sakit Kepala yang Utama


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 Ciri Kanker Otak : Sakit Kepala yang Utama