Home » Penyakit » 11 Ciri Ciri Penyakit Kanker yang Harus Anda Ketahui

11 Ciri Ciri Penyakit Kanker yang Harus Anda Ketahui

J11 Ciri Ciri Penyakit Kanker yang Harus Anda Ketahui

Kelihatannya saya belum pernah membahas secara umum ciri ciri penyakit kanker.

Namun untuk ciri ciri penyakit kanker yang sudah spesifik seperti ciri ciri penyakit kanker serviks, ciri ciri penyakit kanker otak dan yang semisalnya Anda bisa buka-buka di website ini.

Sekarang saya akan membahas ciri ciri penyakit kanker secara umum agar Anda selalu waspada. Tetapi meskipun angka kematian kanker sangat tinggi, ada juga penderita kanker yang dapat melawan kanker dan kembali sehat.

Keyakinan dan semangat untuk sembuh dan mengikuti saran medis serta pengecekan berkala akan membantu Anda melawan penyakit ini. Optimisme untuk sehat juga memegangi peranan yang penting.

So Anda tidak perlu “stres” dengan penyakit kanker, tetapi juga jangan menggampangkan. Yang harus Anda lakukan adalah “mengenali” tubuh Anda untuk “mendeteksi” sedini mungkin kemungkinan adanya kanker.

Untuk itulah saya akan sharing-kan kepada Anda ciri ciri penyakit kanker secara umum agar bisa Anda jadikan pedoman. Ada 11 ciri ciri penyakit kanker secara umum yang harus Anda ketahui.

Seperti apa ciri ciri penyakit kanker tersebut. Silahkan baca semuanya di bawah ini…


  1. Kelelahan yang Berlebihan
    Jika Anda merasa lelah tanpa sebab yang jelas, maka ini adalah salah satu ciri ciri penyakit kanker. Umumnya hampir semua jenis kanker terdapat ciri kelelahan. Sel kanker yang terus menerus menggerogoti tubuh penderitanya dapat membuat mereka kehilangan stamina.
  2. Demam
    Demam yang dirasakan penderita kanker dapat terjadi secara berkala.  Jika demam ini berlangsung lama, Anda harus waspada karena mungkin Anda terkena leukimia. Leukimia merupakan sel darah putih yang abnormal yang sering menyusup ke tulang belakang dan mengakibatkan penderita kehilangan ketahanan tubuhnya.
  3. Kehilangan Berat Badan
    Anda yang menjalani diet, mungkin akan mengalami penurunan berat badan. Tetapi bagi Anda yang tidak, kehilangan berat badan secara drastis patut dicurigai. Mengapa? Karena kehilangan berat badan ini merupakan tanda tanda kanker yang berada di bagian sekitar pencernaan. Contohnya kanker usus, kanker lambung, kanker pankreas dan kanker ovarium.
  4. Pembengkakkan
    Sel-sel kanker yang telah tumbuh membesar akan terlihat seperti bengkak di kulit. Pembengkakan sekitar perut dapat mengindikasikan adanya kanker ovarium dan kanker lambung. Selain itu, pembengkakan di payudara merupakan ciri adanya kanker payudara. Pembengakan di testis mengindikasi kanker testis. Pembekakan di sekitar tenggorokan dapat mengindikasi bahwa seseorang terkena kanker getah bening atau kanker tenggorokan. Hampir semua kanker, pembengkakkan akan terlihat, kecuali kanker yang berada di dalam tubuh. Contohnya kanker hati, kanker paru-paru, kanker rahim dan kanker serviks. Meskipun demikian, ada juga beberapa kasus yang terlihat ada benjolan untuk jenis kanker tersebut. Satu-satunya kanker yang tidak terlihat benjolan adalah kanker otak karena terlindungi tempurung tengkorak dan kanker darah (leukimia).
  5. Rasa Nyeri
    Penderita merasakan rasa nyeri pada bagian-bagian belakang tubuh, tulang-tulang dan persendian. Tentu saja ciri-ciri semacam ini banyak menyerang pada kanker tulang dan kanker tulang belakang. Para ahli juga menyebutkan bahwa salah satu gejala kanker hati adalah nyeri di punggung karena aliran darah kurang lancar. Gejala leukimia juga demikian. Terjadi rasa nyeri-nyeri di seluruh tubuh karena dialiri oleh sel-sel abnormal dari darah putih.
  6. Batuk Akut
    Batuk tentu sangat erat hubungannya dengan paru-paru. Umumnya orang yang punya hobi merokok memiliki resiko yang besar untuk menderita kanker paru-paru. Gejawa awal yang dirasakan oleh penderita adalah batuk, mulai dari batuk biasa hingga batuk disertai dengan keluarnya darah. Umumnya, penderita juga akan mengalami sesak nafas karena paru-paru tidak dapat memompa okssigen dengan baik.
  7. Pendarahan
    Ciri-ciri penyakit kanker selanjutnya adalah pendarahan. Penderita kanker akan mengalami pendarahan sesuai jenis kanker yang diidapnya. Pendarahan yang terjadi di sekitar dubur dapat mengindikasi kanker colorectal. Batuk disertai dengan pengeluaran darah bisa menjurus ke kanker paru-paru. Pendarahan yang terjadi disekitar vagina mengacu pada kanker yang berhubungan dengan organ reproduksi wanita seperti kanker serviks, kanker rahim dan kanker ovarium. Sedangkan pada penderita kanker darah atau leukimia, akan mengalami pendarahan di bawah kulit. Pembekuan darah juga terjadi karena penyakit kanker sehingga apabila luka, darah tidak dapat menggumpal dan membeku.
  8. Perubahan Kulit
    Kulit yang berubah menjadi berwarna lebih gelap atau lebih terang serta permukaan menjadi tidak rata adalah ciri ciri penyakit kanker kulit. Anda yang mengalami kanker kulit juga biasanya memiliki luka-luka yang tidak dapat sembuh dengan mudah. Jika terjadi bintik-bintik merah seperti pendarahan di bawah kulit, bisa mengindikasi penyakit leukimia.
  9. Perubahan Kuku
    Seseorang yang terkena penyakit kanker akan mengalami perubahan pada kuku. Kuku yang berubah menjadi hitam atau coklat adalah ciri ciri penyakit kanker hati. Sel-sel kanker sebagai pemompa darah tidak dapat bekerja dengan baik sehingga tersumbat di ujung-ujung tubuh (kuku-kuku).
  10. Perut Kembung
    Perut yang mengembung dan terjadi pada wanita kadang dan terlihat seperti wanita hamil adalah ciri-ciri penyakit kanker lambung. Laki-laki juga bisa mengalaminya. Selain itu, ciri ciri penyakit kanker ini merupakan indikasi dari kanker ovarium dan kanker bagian area perut lainnya.
  11. Perubahan di Seputar Mulut
    Mulut kadang mengalami sariawan. Jika sariawan terjadi secara berlebihan dan dalam waktu yang lama, Anda patut curiga. Karena ciri ini mengindikasi adanya kanker mulut. Terjadinya sariawan ini karena iritasi secara konstan akibat ketidakselaras pada gigi. Kesulitan menelan juga mengindikasikan kanker tenggorokan karena benjolan dalam tenggorokan dapat membuat penderitanya susah menelan dengan lancar.

Well, deteksi dini dapat Anda lakukan dengan berbagai macam tes yang dapat dilakukan di laboratorium. Namun sebelum itu, Anda sebenarnya memiliki “laboratorium” sendiri. Apa itu? Yaitu observasi tubuh Anda secara rutin untuk screening tubuh untuk mengetahui apakah ada ciri ciri terkena kanker. Halini dapat mencegah Anda terkena penyakit kanker yang telah masuk kategori akut.

Karena pada intinya tubuh itu milik Anda sendiri. Tentu Anda akan lebih mengenalnya daripada orang lain. So, jika saat Anda “deteksi” tubuh Anda dan terjadi hal-hal yang tidak normal seperti ciri ciri penyakit kanker di atas, segeralah melakukan pemeriksaan yang lebih detail, okay?

(sumber gambar artikel ciri ciri kanker & gejala gejala kanker : specialisthealthcentre.co.uk)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Hanya satu dari seratus penderita kanker rahim yang dapat bertahan hidup. Mengapa? Karena seperti pada …

11 Ciri Ciri Penyakit Kanker yang Harus Anda Ketahui


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 Ciri Ciri Penyakit Kanker yang Harus Anda Ketahui