Home » Penyakit » Ciri Ciri Kanker Usus : Mulai dari Diare Sampai Anemia

Ciri Ciri Kanker Usus : Mulai dari Diare Sampai Anemia

Ciri Ciri Kanker Usus : Mulai dari Diare Sampai Anemia

Masalah kesehatan terutama pencernaan punya banyak varian, mulai dari maag sampai kanker usus.

Gangguan pada pencernaan lebih umum terjadi dikarenakan faktor makanan dan pola gaya hidup.

Dan dari sekian masalah pada pencernaan, salah satu masalah yang perlu Anda beri perhatian “lebih” adalah kanker usus. Maka dari itu, Anda harus tahu ciri ciri kanker usus.

Well, perut-disebut sebut sebagai otak kedua bagi manusia. Perut yang berada dalam kondisi baik dapat membantu otak bekerja  dengan baik. Termasuk dengan mood seseorang.

Begitu pula sebaliknya. Ketika perut sedang dalam masalah, pikiran seseorang juga akan terganggu. Dan tidak jarang perut yang bermasalah tersebut menyebabkan mood seseorang memburuk.

Lalu, seperti apa ciri ciri kanker usus tersebut? Apa penyebabnya dan bagaimana pengobatannya? Baiklah, saya akan coba jelaskan secara singkat apa itu kanker usus, seperti apa ciri ciri kanker usus dan bagaimana pengobatannya, sebagaimana yang saya kutip dari Cancer Research UK.

Kanker usus sering disebut juga dengan kanker kolorektal, kanker usus besar, dan kanker rectum. Kanker usus sendiri terbagi dalam beberapa jenis :


  1. Adenokarsinoma
    Kanker jenis ini adalah yang paling sering terjadi. Kanker ini bermula dari sel-sel kelenjar pada lapisan dinding usus dan menghasilkan lendir. Adenokarsinoma juga terbagi menjadi 2 jenis, yakni tumor mucinous dan tumor cincin materai (karena bentuk yang terlihat lewat mikroskop nampak demikian).
  2. Kanker Sel Skuamosa 
    Sel kanker ini biasanya membentuk sel sel yang berbentuk seperti lapisan usus. Namun jenis kanker ini jarang terjadi.
  3. Tumor Karsinoid
    Tumor karsinoid disebut juga dengan tumor neuroendokrin. Biasanya kanker ini tumbuh secara lambat dan dia tumbuh pada jaringan yang memproduksi hormone (pada sistem pencernaan). Kanker ini jarang terjadi dan biasanya mulai pada usus besar.
  4. Sarcoma
    Kanker ini tumbuh pada sel sel tubuh sepertu tulang dan otot. Kebanyakan sel kanker ini tumbuh pada usus besar atau rectum. Kanker ini tumbuh bermula dari otot polos.
  5. Lomfoma
    Kanker ini berasal dari sistem limfatik dan jarang terjadi.

Pertanyaan selanjutnya adalah siapa saja yang memiliki resiko terserang kanker ini? Well, faktor usia adalah faktor terbesar seseorang dapat terserang kanker ini. Semakin bertambahnya usia seseorang, semakin berpeluang besar untuk terkena kanker ini.

Mereka yang berusia 60 tahun atau lebih adalah “target utama” kanker ini. Selanjutnya adalah faktor keturunan. Pada kasus seperti ini, seseorang dapat terserang atau terdiagnosis terkena kanker pada usia yang masih muda (sebelum 45 tahun), atau bahkan bisa di segala usia.

Selain itu, efek paparan radiasi yang biasanya digunakan untuk melakukan radioterapi, pernah menderita kanker sebelumnya dan terkena penyakit crohn adalah “orang-orang” yang kemungkinan bisa terkena kanker ini.

Oh iya… Anda tahu penyakit crohn kan? Penyakit chorn adalah penyakit usus kronis yang menyebabkan peradangan pada usus. Saya lanjutkan, sebenarnya masih ada beberapa faktor resiko seseorang dapat terserang kanker usus. Tetapi karena keterbatasan pengetahuan, saya cukupkan sampai di sini saja.

Selanjutnya, masalah ciri ciri kanker usus atau tanda kanker usus. Ciri ciri kanker usus sangat beragam. Beberapa di antaranya adalah keluhan nyeri pada perut, merasa kembung,, dan sembelit. Ciri lainnya adalah terjadi pendarahan pada bagian rectum atau terdapat darah pada feses.

Kemudian gejala kanker usus yang lainnya adalah terjadinya diare yang berlangsung lama (antara 4 sampai 6 minggu), munculnya benjolan pada punggug atau perut (lebih sering pada sisi kanan), punggung merasa tegang, penurunan berat badan, nyeri pada bagian perut atau punggung serta terjadi anemia.

Khusus untuk anemia, Anda pasti heran kan? Apa hubungannya kanker usus dengan anemia? Hal ini tidak lain karena kanker usus sering menyebabkan pendarahan yang berakibat membuat seseorang mudah merasa lelah dan sesak nafas hingga akhirnya ia menderita anemia.

Tapi ingat… ciri ciri di atas belum tentu gejala dari kanker usus. Jadi seperti biasa, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter jika terdapat gejala yang mencurigakan seperti di atas. Jika ternyata benar adanya, maka semakin cepat kanker usus didiagnosa dan diobati, semakin besar pula peluang untuk Anda disembuhkan.

Untuk melakukan pengobatan kanker usus, dokter perlu melakukan pemeriksaan awalan untuk menunjang pengobatan manakah yang cocok. Biasanya yang dilakukan adalah mengetahui jenis dan ukuran dari kanker, melihat kondisi kesehatan Anda secara umum untuk menjalani pengobatan serta melihat apakah sel kanker sudah menyebar ataukah belum.

Pengobatan yang akan diberikan juga tergantung pada stadium berapa penyakit kanker tersebut “hinggap”. Dan jenis pengobatan utama biasanya dengan dilakukan pembedahan. Selain itu, Anda juga dapat menjalani kemoterapi atau radioterapi dan operasi.

(sumber gambar artikel ciri ciri kanker usus besar : jomsihatcantik.wordpress.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Hanya satu dari seratus penderita kanker rahim yang dapat bertahan hidup. Mengapa? Karena seperti pada …

Ciri Ciri Kanker Usus : Mulai dari Diare Sampai Anemia


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ciri Ciri Kanker Usus : Mulai dari Diare Sampai Anemia