Home » Penyakit » Kenali Ciri Ciri Kanker Serviks, Si “Silent Killer” yang Berbahaya !!

Kenali Ciri Ciri Kanker Serviks, Si “Silent Killer” yang Berbahaya !!

Kenali Ciri-Ciri Kanker Serviks, Si "Silent Killer" yang Berbahaya !!

Kanker serviks adalah salah satu momok paling menakutkan bagi para wanita. Kanker ini menjalar pada leher rahim (serviks). Penyebabnya pun cukup beragam.

Tetapi yang terpenting adalah, Anda harus segera mengenali apa itu pengertian kanker serviks dan seperti apa ciri ciri kanker serviks tersebut.

Well, kanker serviks atau kanker mulut rahim termasuk ke dalam kanker pembunuh wanita yang menduduki peringkat paling atas di dunia.

Ia juga merupakan jenis kanker kelima yang paling sering menyerang wanita di dunia. Pada awalnya, kanker serviks sulit untuk dideteksi.

Bahkan penderitanya seakan merasa sehat-sehat saja, sama dengan wanita lain yang tidak mengalaminya. Biasanya, gejala kanker serviks baru terdeteksi setelah waktu yang sangat lama, yakni 10 sampai 20 tahun.

Dan biasanya, si penderita sudah memasuki stadium lanjut. Penyebab utama dari kanker ini adalah virus human papillomavirus atau lebih dikenal dengan HPV yang menyerang organ vital wanita dan Virus Herpes Simpeks Tipe 2 (HPV-2).

Penyebab dari kanker ini pun cukup beragam. Seperti lewat hubungan intim (bahkan untuk Anda yang sudah menikah dan memiliki pasangan yang tetap), pembalut (maksimal pembalut yang bisa Anda gunakan adalah 4 jam), berhubungan intim pada usia kurang dari 20 tahun, tidak bersihnya benda benda asing yang menyentuh alat vital wanita (terutama yang sudah terinfeksi virus ini).


Penyebarannya juga cukup cepat, bahkan lewat kontak langsung dan tanpa harus berhubungan intim terlebih dahulu. Maka dari itu, sebaiknya hal ini harus benar-benar mendapat perhatian dari Anda.

Penyebab yang lainnya adalah rokok. Pada wanita yang sering mengkonsumsi rokok, akan memperbesar resiko terkena kanker serviks. Selain itu, menggunakan KB yang disematkan di rahim juga bisa terkena kanker serviks (faktor keturunan), sering melahirkan. Berganti-ganti pasangan juga memperbesar resiko terkena penyakit ini.

Lalu apa saja ciri ciri penyakit kanker serviks itu? Sekalipun sulit untuk melakukan deteksi awal, ada beberapa ciri ciri kanker serviks yang bisa menjadi rujukan bagi para wanita sebagai pedoman awal untuk menilai sehat tidaknya alat vital mereka.

Diantaranya adalah keputihan berlebihan dengan pendarahan, keluar darah haid yang berlebihan, sakit saat berhubungan intim bahkan sampai terjadi pendarahan, sulit buang air kecil dan sakit pada daerah pinggul dengan intensitas sering.

Pencegahan terhadap kanker ini dapat dilakukan dalam beberapa cara. Test PAP berguna untuk skrining kanker mulut Rahim. Waktunya adalah saat berusia 18 tahun atau setelah perempuan sudah aktif secara seksual.

Test ini dilakukan setiap tahun dan bagi perempuan yang sudah melakukan lebih dari 3 kali test PAP, diperkirakan dapat mengurangi resiko terkena kanker serviks sebanyak 40%.

Selain test PAP, ada juga teks IVA. Teks ini adalah test dengan menggunakan larutan asam cuka dan iosium lugol dengan cara dioleskan pada mulut rahim dan dipantau ada tidaknya perubahan warna setelah itu. Kemudian mari kita bicara tentang pencegahannya.

Pencegahan kanker serviks adalah dengan melakukan vakninasi terhadap HPV yang berfungsi untuk mencegah perkembangan infeksi sampai 90%. Selain itu, Anda dapat menggunakan kontrasespsi barrier seperti menggunakan kondom atau lateks, spermisida dan diafragma untuk mencegah kanker serviks.

Terakhir adalah dengan menunda aktivitas seksual sampai mencapai usia 20 tahun. Sebaiknya jauhi melakukan aktivitas berganti-ganti pasangan karena hal ini semakin mempertinggi resiko terkena penyakit kanker serviks.

Eniwei, setelah mencapai stadium lanjut, ciri ciri terkena kanker serviks lebih mudah dideteksi karena nampak dengan mata telanjang karena terjadi perubahan bentuk fisik pada bagian vital. Gejalanya adalah pendarahan di luar waktu haid, pendarahan pasca menopaus, keputihan dan pendarahan.

Sebaiknya, Anda segera melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut jika ternyata Anda sudah mengalami ciri ciri gejala kanker serviks di atas.

Baiklah… itu tadi ciri ciri kanker serviks atau kanker mulut rahim yang telah banyak memakan korban. Di Indonesia sendiri sudah banyak yang meninggal karena menderita kanker ini. Rata-rata merka berasal dari masyarakat akar rumput.

Jadi, biasakan untuk menerapkan pola hidup sehat secara menyeluruh dan setialah pada pasangan (sah) Anda agar Anda terhindar dari penyakit ini.

(sumber gambar artikel tanda tanda kanker serviks : www.cnn.com )

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Hanya satu dari seratus penderita kanker rahim yang dapat bertahan hidup. Mengapa? Karena seperti pada …

Ciri Ciri Kanker Serviks? Anda Bisa Baca Disini


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ciri Ciri Kanker Serviks? Anda Bisa Baca Disini