Home » Penyakit » Ini Dia Ciri Ciri Kanker Rahim yang Perlu Anda Ketahui

Ini Dia Ciri Ciri Kanker Rahim yang Perlu Anda Ketahui

Ini Dia Ciri Ciri Kanker Rahim yang Perlu Anda Ketahui

Anda sudah pasti tahu bahwa kanker rahim merupakan salah satu kanker mematikan yang menyerang khusus para wanita.

Kanker Rahim sendiri biasanya menyerang wanita pada usia di atas 50 tahun atau lebih tepatnya setelah mengalami menopause.

Maka dari itu Anda harus tahu seperti apa ciri ciri kanker rahim sedari dini agar ketika hal itu terjadi, dapat segera ditindak-lanjuti. Bagaimana sih ciri ciri kanker rahim itu? Pertanyaan yang bagus.

Tetapi ada baiknya kita membahas membahas secara menyeluruh tentang penyakit kanker rahim gejala dan pengobatannya. Saya mulai dari penyebab utama kanker rahim.

Well, penyebab utama kanker rahim belum diketahui secara pasti. Sekalipun belum diketahui secara pasti, ada dugaan penyebab utama kanker rahim adalah hormon estrogen yang diproduksi secara berlebihan oleh tubuh.

Produksi hormon berlebih ini biasanya terjadi saat seorang wanita sudah mengalami menopause, di mana ovarium yang biasanya memproduksi hormone estrogen dan progesterone sudah tidak aktif lagi.

Hormone estrogen saat menopause dihasilkan dari lemak tubuh wanita. Terjadinya ketidakseimbangan hormon inilah yang diduga sebagai pemicunya. Okay, sekarang saatnya masuk ke pembahasan inti dari artikel ini,yaitu ciri ciri kanker rahim.


Ciri ciri kanker leher rahim dapat dilihat dari ketidaknormalan bentuk “vagina”. Namun untuk mendapatkan informasi yang lebih tepat dan benar, Anda harus pergi berkonsultasi dengan dokter.

Sebagaimana yang saya kutip dari National Cancer Institute, disebutkan bahwa ciri ciri kanker rahim adalah nyeri atau kesulitan ketika buang air kecil, nyeri saat berhubungan intim bahkan sampai terjadi pendarahan, pendarahan pada vagina yang tidak normal (bukan darah haid, terutama bagi anda yang sudah menopause) dan nyeri di daerah panggul.

Faktor resiko dari seseorang dapat terkena kanker rahim cukup beragam seperti faktor keturunan (seperti yang terjadi pada jenis kanker yang lain). Selain itu, seseorang yang menggunakan terapi untuk daerah panggulnya dengan radiasi juga memiliki faktor resiko yang tinggi.

Kelebihan berat badan juga meningkat faktor resiko penyakit ini. Lalu, riwayat reproduksi dan haid juga dapat menjadi faktor pendorongnya, seperti tidak memiliki keturunan, mendapatkan haid pertama pada usia kurang dari 12 tahun, dan menopause terjadi pada usia lebih dari 55 tahun.

Selain itu, pengobatan kanker payudara dengan menggunakan tamoxifen juga meningkatkan faktor resiko terkena kanker rahim. Tetapi dari sekian penyebab di atas, faktor resiko terbesar kanker rahim adalah pertumbuhan yang tidak normal dari endometrium, yakni jumlah sel pada lapisan rahim yang berlebihan atau sangat tebal.

Ini disebut juga dengan hyperplasia dan ini umumnya terjadi setelah usia 40 tahun. Gejala umum dari kondisi ini adalah keluarnya darah berlebih ketika haid, pendarahan yang berlebihan di luar waktu haid, dan pendarahan setelah menopause.

Untuk mendiagnosis ada tidaknya sel kanker di dalam rahim, perlu dilakukan tes. Tes tersebut adalah pemeriksaan pada daerah vagina, rahim, dan panggul untuk melihat ada tidaknya benjolan abnormal beserta ukurannya.

Ultrasound adalah sebuah perangkat USG yang digunakan untuk menciptakan gambaran rahim dan jaringan yang terdekat dengannya. Biopsy adalah sebuah alat kecil yang dimasukkan ke dalam rahim lewat vagina. Tes dengan menggunakan biopsy dikenal sebagai cara yang pasti untuk mengetahui ada tidaknya sel kanker tersebut.

Eniwei, penyebaran sel kanker sendiri tergolong cepat sehingga jika tidak segera “dicabut” akan membahayakan organ dalam lainnya.

Pada kasus kanker rahim stadium III, sel abnormal tersebut akan menjangkau sampai ke vagina atau kelenjar getah bening (yang berfungsi untuk menangkal gangguan infeksi). Pada stadium IV, sel kanker tersebut akan menyerang kandung kemih, usus, hati, tulang dan paru paru.

Sangat berbahaya kan? Maka dari itu, lakukan pemeriksaan secara rutin. Jika ternyata Anda menemukan ciri ciri kanker rahim di atas terjadi pada diri Anda, segera datang ke dokter. Mengapa? Karena penanganan yang cepat dapat membantu penyembuhan kanker tersebut.

Seperti yang Anda ketahui pada pembahasan tanda tanda kanker rahim di atas, telah saya sebutkan bahwa kanker ini menyebar sangat cepat hingga bisa mencapai stadium IV. Jadi sekali lagi, rutinlah memeriksa organ vital Anda dan jika terdapat ciri ciri kanker rahim, segera konsultasikan ke dokter.

(sumber gambar artikel ciri ciri tumor rahim : www.andasehat.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Hanya satu dari seratus penderita kanker rahim yang dapat bertahan hidup. Mengapa? Karena seperti pada …

Ini Dia Ciri Ciri Kanker Rahim yang Perlu Anda Ketahui


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ini Dia Ciri Ciri Kanker Rahim yang Perlu Anda Ketahui