Home » Penyakit » Ciri Ciri Kanker Kulit, Pengobatan dan Pencegahan

Ciri Ciri Kanker Kulit, Pengobatan dan Pencegahan

Ciri Ciri Kanker Kulit, Pengobatan dan Pencegahan

Setelah beberapa waktu yang lalu saya sempat membahas tentang tips kulit sehat, kali ini saya akan bahas tentang ciri ciri kanker kulit beserta pengobatan dan pencegahannya.

Sengaja saya buat sedemikian rupa karena kesehatan kulit selalu berhubungan dengan kulit sehat dan kulit tidak sehat. Dan kulit tidak sehat, besar kemungkinan akan terkena kanker kulit.

Perlu Anda ketahui, kanker kulit ternyata tidak hanya menyerang wanita. Bahkan kanker ini lebih sering menyerang laki-laki.

Hal ini disebabkan karena aktivitas laki-laki yang lebih sering berada di luar ruangan dan “berhadapan” langsung dengan sinar matahari. Karena itulah, Anda khususnya laki-laki harus bisa mengetahui bagaimana ciri ciri kanker kulit tersebut termasuk apa penyebabnya dan bagaimana pengobatannya.

Jenis kanker kulit sendiri terbagi menjadi 2 kategori, yakni melanoma dan non melanoma. Jenis kanker non melanoma jauh lebih umum terjadi jika dibandingkan dengan melanoma. Kanker ini tidak sampai mengancam nyawa penderitanya.

Namun jenis ini jika tidak segera diobati juga dapat berakibat fatal. Kanker kulit kategori non melanoma sendiri terbagi lagi menjadi 2 jenis, yakni karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa.

Sedangkan untuk kategori melanoma, ini adalah salah satu bentuk kanker kulit yang paling mematikan. Penyebab dari kanker kulit (terutama untuk kasus non melanoma), 90% nya dikarenakan paparan sinar utraviolet matahari langsung atau dari penggunaan tanning bed .


Selain itu, beberapa sebab genetik seperti: orang dengan banyak bintik di kulit, orang dengan kulit yang mudah terbakar (berubah warna menjadi gelap karena sinar matahari), orang dengan rambut merah atau pirang, orang yang menghabiskan banyak waktunya di luar ruangan, dan faktor keturunan.

Ciri ciri kanker kulit sendiri cukup beragam, seperti munculnya benjolan kecil (bisa juga berwarna mengkilat), berwarna pucat dengan tekstur halus; benjolan berwarna merah; ketika terjadi luka berdarah, menjadi kerak, dan tidak lekas sembuh;

Selain itu, ciri ciri kanker kulit yang lainnya adalah tekstur kulit yang kasar dan bersisik; pada daerah kulit yang bersisik terdapat warna merah atau cokelat; munculnya benjolan baru yang sebelumnya belum pernah ada.

Pada kasus kanker kulit melanoma, akan muncul warna-warna tak biasa di kulit (biasanya warna cokelat) secara tidak beraturan dan ukurannya kian waktu kian melebar serta cenderung melebar. Hanya saja, untuk ciri ciri kanker kulit yang demikian jarang terjadi.

Orang yang memiliki resiko terkena kanker kulit adalah orang dengan 100 atau lebih tahi lalat di kulitnya, tahi lalatannya jenis atipikal, tahi lalat dengan diameter 8 mm atau lebih besar lagi serta orang yang dalam keluarga termasuk jenis atipikal.

Untuk dapat mengetahui apakah kemunculan “sesuatu yang tak biasa” di areal kulit ini termasuk sebagai gejala kanker kulit atau bukan, Anda perlu melakukan pemeriksaan oleh dokter kulit. Terlebih jika “sesuatu” tadi menimbulkan rasa sakit dan berbentuk benjolan tak wajar.

Untuk mengetahui apakah hal itu termasuk tanda tanda kanker kulit atau bukan, Anda akan di-diagnosis dengan menggunakan tes biopsy kulit.

Pengobatan kanker kulit sendiri tergantung pada jenis kanker kulit yang menyerang, seberapa besar benjolannya serta seberapa luar penyebarannya. Dan pengobatan kanker kulit terbagi menjadi beberapa cara.

  1. Simple eksisi atau biopsy eksisi.
    Adalah dengan cara pembedahan untuk mengangkat lesi atau benjolan dan sedikit dari jaringan sehat di sekitarnya. Ini digunakan untuk mengangkat lesi dengan ukuran besar.
  2. Electrodessication dan kuretase. 
    Adalah dengan cara menghancurkan sel kanker. Pertama-tama dilakukan pengangkatan dengan alat berbentuk sendok (dapat juga disebut kuret), lalu dilakukan prosedur pengangkatan yang digunakan untuk menghancurkan sel kanker yang tersisa.
  3. Mohs bedah.
    Adalah operasi yang hanya boleh dilakukan oleh dokter khusus, yakni dengan menghapus atau mengangkat jaringan kanker lapis demi lapis. Ini terus dilakukan sampai tidak ada sel kanker yang tersisa dan ini biasanya dilakukan pada wajah atau kanker kulit yang berukuran besar atau kanker muncul lagi ditempat yang sama setelah sebelumnya sudah dilakukan operasi.
  4. Crysurgery. 
    Adalah pengobatan dengan menggunakan nitrogen cair yang berfungsi untuk membekukan jaringan kanker, namun pengobatan jenis ini jarang dilakukan dan berlaku hanya untuk beberapa kasus.
  5. Terapi radiasi.
  6. Kemoterapi.
  7. Perawatan topical.

Untuk mencegah terjadi kanker kulit, ada beberapa cara, seperti menggunakan tabir surya ketika Anda pergi ke luar ruangan, hindari kontak langsung dengan sinar matahari terutama pada jam 10 sampai 4 sore serta menggunakan pakaian yang dapat melindungi kulit Anda.

Saya rasa itu saja penjelasan mengenai ciri ciri kanker kulit. Selanjutnya Anda bisa tanyakan langsung ke dokter ahli kulit untuk berkonsultasi lebih lanjut. Saatnya saya untuk undur diri, selamat beraktifitas…

(sumber gambar artikel tentang kesehatan kulit : www.mayoralderm.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Gejala Kanker Rahim : Pendarahan Abnormal Hingga Nyeri

Hanya satu dari seratus penderita kanker rahim yang dapat bertahan hidup. Mengapa? Karena seperti pada …

Ciri Ciri Kanker Kulit, Pengobatan Hingga Pencegahan


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ciri Ciri Kanker Kulit, Pengobatan Hingga Pencegahan