Home » Diet » Cara Diet Cepat? Konsumsilah Serat yang Cukup, That’s It !!

Cara Diet Cepat? Konsumsilah Serat yang Cukup, That’s It !!

Cara Diet Cepat? Konsumsilah Serat yang Cukup, That's It !!

Anda pasti sudah tahu bahwa kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji membuat Anda cepat gemuk.

Tetapi yang belum tentu Anda tahu adalah mengapa makanan saji membuat orang cepat gemuk, benar kan?

Makanan cepat saji membuat seseorang cepat gemuk karena makanan tersebut banyak mengandung karbohidrat, kolesterol dan gula. Dan berita buruknya, ketiga “kandungan” tadi Anda makan dalam saat yang bersamaan sehingga tubuh susah mencerna. Akibatnya berat tubuh pun bertambah.

Jika sudah begini, biasanya Anda berpikir untuk segera beralih mengkonsumsi sayur dan buah, iya kan? Tapi tahukah Anda bahwa ada beberapa makanan selain sayur dan buah yang bisa Anda konsumsi tanpa harus khawatir badan Anda tambah “membengkak”?

Apa itu? Makanan berserat !! Apakah makan makanan berserat tidak membuat seseorang gemuk? Tidak, bahkan makan makanan berserat termasuk salah satu cara diet cepat. “Oh ya? Bagaimana penjelasannya?” Okay, berikut ini adalah pembahasan cara diet cepat dengan cara mengkonsumsi makanan yang berserat…

Konsumsi serat akan membuat perut Anda terasa kenyang. Mengapa demikian? Karena ternyata serat terbagi menjadi beberapa jenis dan salah satunya adalah serat larut air (soluble fiber). Serat jenis ini akan membentuk gel pada lambung dan membuatnya terasa penuh.

Otak pun menangkap signal bahwa perut dalam kondisi kenyang, seperti yang telah dijelaskan oleh dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK, pakar makanan sehat. Nah, serat larut air ini sangat membantu diet Anda. Lalu makanan  apa saja yang mempunyai serat banyak tersebut?


Banyak !! Beberapa diantara sayur dan buah yang mengandung serat tinggi adalah wortel, brokoli, alpukat, pir, pepaya dan pisang. “Kalau itu saya tahu. Kan semuanya termasuk sayur dan buah. Selain sayur dan buah lah…” Ada !! Jagung, roti gandum serta beras merah termasuk makanan tinggi serat.

Meskipun “mereka” mengandung karbohidrat, jagung, roti gandum dan beras merah aman untuk Anda konsumsi. “Bagaimana dengan camilan yang berserat?” Ada juga. Bagi Anda yang menyukai makanan cemilan, silahkan konsumsi kacang almond, raspberi dan kacang merah. Full serat !!

Kemudian selain membantu Anda saat menjalanan cara diet cepat, makanan di atas juga bermanfaat bagi sistem pencernaan Anda. Makanan berserat tinggi bisa memperlancar buang air besar, mengobati sembelit, mengurangi resiko kanker (terutama kanker pada usus besar), mencegah obesitas serta mengeluarkan racun dalam tubuh.

Ternyata selain berguna saat Anda menjalankan cara diet cepat, serat juga berguna bagi kesehatan kan? “Baiklah, makanan serat tinggi memang berguna bagi diet dan kesehatan. Lalu butuh berapa waktu untuk melihat hasilnya?” Saya katakan tergantung… tiap orang berbeda.

Sebagian orang langsung turun berat badannya dalam hitungan minggu, bagi sebagian yang lain butuh waktu sampai beberapa bulan. Namun demikian, Anda jangan menyerah dan berganti cara diet cepat yang lainnya. Karena bagaimanapun juga, ketika Anda memulai untuk mengkonsumsi serat cukup, mau tidak mau tubuh Anda sedang berjalan ke arah perbaikan kualitas kesehatan yang lebih baik.

Kenapa bisa begitu? Karena makanan yang Anda konsumsi akan membantu optimalisasi sistem pencernaan sehingga zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dibuang lewat feses. Apalagi jika hal ini Anda lakukan secara teratur.

Jadi jangan terburu-buru menilai !! Bukan berarti hasil yang Anda dapat sedikit lebih lama dari beberapa orang lalu Anda menyimpulkan bahwa cara menguruskan badan dengan cepat dengan makan makanan berserat tinggi gagal.

Sebagai tambahan informasi, dalam sebuah penelitian yang berkaitan dengan probiotik, perut adalah otak kedua. Di mana jika perut bermasalah, maka akan mempengaruhi kinerja otak dan bahkan dapat mengganggu kestabilan mood seseorang. Selain itu, (organ dalam) perut yang bermasalah juga sangat beresiko menimbulkan banyak penyakit, mulai dari maag hingga kanker.

Maka dari itu, teruskan cara diet cepat Anda dengan makan makanan berserat tinggi. Ingatlah selalu bahwa tubuh butuh waktu untuk mendapatkan hasil yang optimal. Sekali lagi tetap fokus, jangan lupa minum air putih minimal 8 liter sehari, tetap semangat dan sukses selalu !!

(sumber gambar artikel cara diet cepat & cara menurunkan berat badan dengan cepat : www.webmd.com)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Susu WRP Diet Image

Susu WRP Diet Body Shape Energetic: Energi Tetep Oke Sekalipun Sedang Diet

Setelah sebelumnya membahas Susu diet WRP Body Shape Balance, sekarang kita beralih pada susu WRP …

Satu komentar

  1. apa betul mas serat bisa mengikat lemak? terus nanti lemak-lemaknya kebuang pas bab? 🙂

Cara Diet Cepat? Konsumsilah Serat yang Cukup, That's It !!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Diet Cepat? Konsumsilah Serat yang Cukup, That's It !!