Home » Pengobatan Alternatif » Ini Dia Panduan Cara Bekam Dasar yang Sederhana

Ini Dia Panduan Cara Bekam Dasar yang Sederhana

Ini Dia Panduan Cara Bekam Dasar yang Sederhana

Saya hobi banget dibekam. Padahal sebelumnya saya takut sekali.

Berkali-kali istri saya menganjurkan berbekam, saya tidak mau… mengingat cara bekam yang “tampilannya” ngeri.

Tetapi setelah saya memberanikan diri untuk mau dibekam, akhirnya saya tahu manfaat terapi bekam. Benar-benar dahsyat !!

Tidak terasa sakit tapi efeknya di badan… luar biasa !! Segar, badan lebih ringan dan tentunya lebih terasa sehat.

Nah, berhubung saya sering bekam, akhirnya saya kenal dekat dengan terapisnya. Karena dekat dengan terapisnya, akhirnya sedikit banyak saya tahu cara bekam. So, ijinkan pada artikel kali ini saya tulis cara bekam walaupun tidak mendetail, okay?

Well, bekam atau hijamah merupakan terapi tradisional yang telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Proses terapi ini adalah mengeluarkan darah yang bersifat toksin bagi tubuh. Dan cara bekam sebenarnya tidak rumit. Yang diperlukan hanyalah “sedikit keberanian” Anda.

Pertama, yang harus Anda siapkan adalah alat bekam. Pada jaman dulu, alat bekam dapat berupa apa saja yang memiliki rongga atau lubang pada dua sisinya. Misalnya yang sering digunakan kala itu adalah tanduk.


Tanduk sapi memiliki lubang yang besar pada satu bagian, dimana mengecil disisi yang berlawanan. Tata cara bekam pada masa itu adalah lubang yang memiliki luas yang lebih besar diletakkan diatas kulit sementara lubang yang kecil dihisap oleh terapis.

Dengan demikian terjadi kevakuman dalam tanduk sapi. Kevakuman udara itu sebenarnya telah menarik sehingga terjadi pergolakan darah yang disebabkan bertambahnya tekanan internal dibandingkan dengan tekanan dari luar. Kemudian darah akan keluar dari urat yang lembut dan tampak seperti memar.

Saat ini, seperti yang telah Anda ketahui, alat bekam yang paling banyak digunakan adalah gelas kaca dan plastik. Ada yang menjual dalam bentuk satuan, ada pula yang menjual dalam bentuk satu set seperti kop/gelas bekam dan handpump (pompa), pisau bedah, bisturi, skapel, dan klem.

Berbagai harga ditawarkan dengan berbagai merk. Jika saya “searching”, kebanyakan berasal dari Cina dan Korea. Saya tidak begitu tahu merk apa yang bagus, tetapi jika Anda ingin membeli, bertanyalah terlebih dahulu pada orang sudah ahli dan sering melakukan bekam, okay?

Langkah yang kedua setelah Anda membeli peralatan bekam adalah sterilisasi. Simpan alat bekam tersebut dengan benar. Jika memang memiliki tempat dengan sterilisasinya yang terjaga, akan lebih baik.

Ketika melakukan bekam, jangan lupa selalu bersihkan alat bekam yang Anda gunakan agar kuman dan virus tidak terinfeksi ke dalam tubuh orang yang Anda bekam. Untuk penggunaan jarum, sarung tangan dan sejenisnya, gunakan untuk sekali pakai saja.

Langkah yang ketiga adalah pelaksanaan bekam. Sebelum dilakukan bekam, perlu Anda ketahui terlebih dulu keluhan yang dirasakan oleh orang yang akan Anda bekam. Setelah itu, baru Anda bisa menentukan titik-titik mana yang akan diberikan bekam. Tata cara bekam nya bisa Anda lihat sebagai berikut :

  • Pijat dan urut seluruh tubuh dengan minyak habbats atau minyak zaitun selama kurang lebih 10 menit. Hal ini dilakukan untuk memperlancar peredaran darah sehingga pengeluaran toksin nantinya diharapkan lebih optimal.
  • Lakukan vakum menggunakan gelas cup pada permukaan kulit yang sudah ditentukan dahulu titik-titiknya. Pompa 3 sampai 5 kali dan biarkan selama 3-5 menit. Pompa ini bertujuan untuk memberikan kekebalan pada gelas cup pada saat nanti dilakukan penyayatan.
  • Langkah selanjutnya adalah Anda bisa melepaskan gelas cup tersebut, basuhlah kulit dengan alkohol untuk membersihkan kulit dari kuman. Dengan menggunakan jarum atau pisau bedah, lakukanlah sayatan. Ukuran sayatan tersebut sesuai dengan diameter atau lingkaran dari gelas cup yang dipakai.
  • Pompalah menggunakan hand pomp untuk menyedot darah kotor keluar. Vakum selama 3 sampai 5 kali selama 3 sampai 5 menit, tergantung pada ketahanan Anda.
  • Jika darah kotor sudah keluar, buanglah pada cawan yang telah disiapkan sebelumnya. Ulangi lagi bekam tadi paling tidak 3 kali dan maksimal 5 kali. Namun pada beberapa Anda ada yang bisa melakukannya sampai 7 kali.
  • Setelah selesai bekam, pada tempat bekam tadi Anda dapat memberikan anti septik atau minyak but-but agar tidak terjadi infeksi dan luka sayatan tadi lekas sembuh.

Langkah terakhir dari cara pengobatan bekam ini adalah, setelah selesai bekam, sebaiknya orang yang dibekam beristirahat, jika mereka bisa tidur akan lebih baik lagi untuk proses pemulihan tubuh. Mengapa? Karena tubuh akan beradaptasi kembali setelah darah toksin diambil dari tubuh.

Setelah bekam, orang tersebut tidak diperbolehkan untuk melakukan hubungan seksual sehari sebelum dan sehari setelah terapi bekam. Sangat dianjurkan untuk minum minuman hangat setelah bekam. Bisa minuman herbal atau madu yang alami.

Untuk makan, sebaiknya makan satu jam setelah bekam dan hindarilah makan makanan yang mengandung asam dan pedas. Jika ingin mandi, sebaiknya mandi 2 jam setelah bekam, dan jangan menggosok terlalu keras pada bagian yang tadi telah di bekam. Pakailah air hangat untuk mempercepat proses pemulihan.

Bekas bekam ini biasanya akan menghilang kurang lebih 3 hari sampai 1 minggu setelah terapi bekam. Anda dapat mengkompres bekas bekam tadi dengan air hangat untuk mempercepat proses pemulihan bekas bekam itu. Sudah jelas kan?

Well, cara bekam yang benar diatas merupakan cara yang paling umum digunakan. Modifikasi masih dapat dilakukan, tapi perlu perhitungan serta pemikiran yang di dasarkan pada medis. Jadi setelah membaca artikel ini, saran saya, cari mentor bekam dan pelajari cara bekam darinya. Jangan habis baca artikel ini langsung asal praktek… berbahaya !! Anda bisa mal praktek ntar…

(sumber gambar artikel cara bekam sendiri dan cara terapi bekam : www.zulfanafdhilla.com)

Tentang Om Nip-Nip

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Baca 13 Penjelasan Ini Agar Anda Terhindar Bahaya Bekam

Baca 13 Penjelasan Ini Agar Anda Terhindar dari Bahaya Bekam

Bekam atau hijamah merupakan salah satu pengobatan alternatif yang telah tumbuh sejak zaman bangsa Israil …

2 Komentar

  1. Trims infonya ijin share

Ini Dia Panduan Cara Bekam Dasar yang Sederhana


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ini Dia Panduan Cara Bekam Dasar yang Sederhana