Home » Pengobatan Alternatif » Bekam adalah Salah Satu Pengobatan Alternatif Terbaik yang Pernah Ada

Bekam adalah Salah Satu Pengobatan Alternatif Terbaik yang Pernah Ada

Bekam adalah Salah Satu Pengobatan Alternatif Terbaik yang Pernah Ada

Bekam adalah pengobatan alternatif dengan metode mengeluarkan darah kental yang mengandung toksin dalam tubuh manusia.

Terapi bekam ini telah ada sejak ribuan tahun yang lalu, bahkan sejak jaman Mesir kuno. Kata lain dari bekam adalah hijamah atau Al-Hijamah yang berasal dari bahasa Arab.

Al-Hijamah berarti pelepasan darah kotor. Terapi ini merupakan terapi dengan metode pembersihan darah dan angin dari dalam tubuh.

Pembersihan darah disini dimaksudkan darah toksin yang dapat menjadi cikal bakal dari suatu penyakit. Peralatan utama yang digunakan adalah cup atau gelas yang terbuat dari kaca, tapi ada juga yang terbuat dari plastik. Cup ini telah berkembang seiring dengan kemajuan jaman.

Pada awalnya orang hanya menggunakan peralatan yang ada di alam seperti tanduk sapi, bambu, atau gading gajah. Teknologi yang saat ini semakin maju, tak pelak berpengaruh juga pada dunia medis.

Terapi bekam adalah pengobatan alternatif yang awalnya merupakan pengobatan tradisional juga mengalami perkembangan.

Sejak awalnya terapi bekam hanya memiliki 2 macam terapi saja, melalui kemajuan teknologi kini menjadi 4 macam terapi. Hal ini juga diamini oleh Ust. Ahmad Fatillah yang meluncurkan sebuah buku berjudul “Keampuhan Bekam”. Berikut ini keempat macam yang saat ini telah berkembang :


  1. Bekam Basah (Wet Cupping)
    Melalui metode adalah salah satu metode yang paling sering dilakukan dalam bekam. Pertama titik yang akan dibekam dipjat dahulu agar rileks. Lalu menggunakan cup bekam area tersebut di vakum, setelah divakum olesi permukaan dengan alkohol dan Anda bisa menyayat dengan pisau bedah. Vakum kembali sampai darah cukup banyak keluar. Sekitar 3-5 menit kemudian buanglah darah yang keluar dan tampung dalam wadah lain. Biarkan selama 5 menit. Ulangi lagi maksimal 5 kali, tergantung pada ketahanan pasien. Selesai bekam, sebaiknya sayatan tadi diberi minyak but-but agar tidak terjadi infeksi dan luka lekas sembuh. Manfaat dari bekam basah antara lain mengatasi tekanan darah tinggi, membersihkan darah dari racun-racun sisa makanan, menghilangkan pusing atau vertigo, bermanfaat bagi penderita asma, menyembuhkan sakit encok dan rematik, mengatasi radang selaput jantung dan ginjal, membantu pengobatan mata, menyembuhkan luka nanah, mengatasi gangguan masalah kulit.
  2. Bekam Kering (Dry Cupping)
    Pada metode kering ini merupakan sesi awal dari metode basah. Beda dengan metode basah dalam terapi bekam adalah ketika selesai pada proses awal penghisapan atau vakum tidak dilanjutkan dengan sayatan dengan pengeluaran darah toksin dalam tubuh Anda. Manfaat dari bekam kering banyak untuk mengatasi rasa nyeri yang lebih difokuskan pada penyakit-penyakit ringan seperti : mengatasi masalah masuk angin, gangguan haid, mimisan, meringankan otot-otot yang tegang, pembekakan liver, radang ginjal dan wasir.
  3. Bekam Meluncur
    Jenis bekam yang satu ini merupakan perkembangan dalam terapi bekam. Kerokan yang merupakan terapi tradisional yang sering digunakan dalam masyarakat Indonesia, mungkin termasuk Anda juga melakukan terapi yang satu ini kini bisa dilakukan dengan salah satu metode bekam. Dalam metode meluncur cara yang digunakan dalam bekam adalah dengan melakukan urut pada seluruh tubuh bagian belakang terlebih dahulu. Pengurutan ini bisa menggunakan minyak zaitun, minyak but-but atau habbatussada. Kemudian vakum dengan cup bekam dengan gerakan perlahan-lahan ke seluruh tubuh sampai nampak kemerahan. Lakukan selama 2-3 menit saja. Bekam meluncur ini bermanfaat untuk membuang angin dalam tubuh, melemaskan otot yang tegang karena kelelahan, dan memperlancar aliran darah dalam tubuh kita.
  4. Bekam Tarik
    Metode bekam yang satu ini adalah jenis bekam yang paling sederhana diantara keempat jenis bekam yang ada. Cara bekam tarik adalah dengan menyedotkan cup bekam di dahi atau bagian pegal, kemudian ditarik berulang-ulang sampai kulit Anda terlihat berwarna kemerahan. Manfaat yang didapat dari jenis bekam tarik yaitu menghilangkan rasa nyeri atau penat di bagian dahi, kening, dan bagian yang pegal.

Nah, sebagai gambaran tentang khasiat bekam, ada sebuah kasus dari penyakit vertigo yang diderita Bapak Efendi Mursid, usia 61 tahun. Pak Mursid mengeluhkan kepalanya sering pusing dan dunia berasa berputar. Tekanan darah tingginya yang mencapai 185/120 tak kunjung turun juga, padahal ia beliau telah memakan berbagai macam obat.

Selama 4 tahun ia selalu mendatangi dokter dan rumah sakit untuk penyakit vertigonya. Setelah ia di bekam beberapa kali menggunakan bekam basah (wet cupping) pada titik ummu mughis (bagian kepala, pusat ubun-ubun), punuk, pundak dan bahunya, darah tinggi kembali menjadi normal. Ia benar-benar merasakan manfaat terapi bekam yang luar biasa.

Testimoni diatas merupakan salah satu dari sekian banyak pasien yang berhasil mengatasi penyakitnya melalui terapi bekam. Dan dengan jenis motede bekam yang berbeda-beda sesuai dengan diagnosa awal pasien.

Pada dasarnya bekam adalah pengobatan alternatif yang ampuh menyembuh 72 macam penyakit. Jika Anda sudah mencoba dan merasakan manfaatnya, Anda pasti akan melakukan bekam lagi.

(sumber gambar artikel bekam adalah : id.wikipedia.org)

Tentang Om Nip-Nip

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Baca 13 Penjelasan Ini Agar Anda Terhindar Bahaya Bekam

Baca 13 Penjelasan Ini Agar Anda Terhindar dari Bahaya Bekam

Bekam atau hijamah merupakan salah satu pengobatan alternatif yang telah tumbuh sejak zaman bangsa Israil …

Satu komentar

  1. Blog yang menarik..
    Penerangan yang mudah difahami..
    Mohon dikongsi ya di blog saya..

Bekam adalah Salah Satu Pengobatan Alternatif Terbaik


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bekam adalah Salah Satu Pengobatan Alternatif Terbaik