Home » Pengobatan Alternatif » Baca 13 Penjelasan Ini Agar Anda Terhindar dari Bahaya Bekam

Baca 13 Penjelasan Ini Agar Anda Terhindar dari Bahaya Bekam

Baca 13 Penjelasan Ini Agar Anda Terhindar Bahaya Bekam

Bekam atau hijamah merupakan salah satu pengobatan alternatif yang telah tumbuh sejak zaman bangsa Israil dua ribu tahun yang lalu.

Pengobatan ini lebih menitik beratkan pada pengambilan darah kotor dalam tubuh dengan cara disedot menggunakan alat gelas atau cupping.

Bekam ini sangat bermanfaat, tetapi juga terdapat bahaya bekam yang bisa mengancam Anda. Kesannya kontradiktif ya? Tidak juga sih…

Tapi Anda harus simak terus artikel tentang bahaya bekam ini ya. Karena saya akan memberikan ulasan tentang beberapa hal yang harus Anda waspadai bahaya bekam darah.

Bekam berdasarkan jenisnya terdapat empat jenis yaitu bekam kering, bekam basah, bekam meluncur dan bekam tarik. Bekam yang banyak dilakukan adalah bekam basah.

Perbedaannya terletak pada pengeluaran darah dengan sayatan. Terapi bekam semacam ini disebut sebagai bekam basah. Sedangkan yang lain, tidak mengeluarkan darah.

Seperti pada penjelasan saya di atas, bekam yang luar biasa ini dapat menjadi tidak efektif dan berbahaya bagi kesehatan Anda. Bahaya terapi bekam diantaranya dijelaskan oleh Dr. Abu Hana El-Firdan dalam Jurnal Asy Syifa edisi 02 1432 / 2011. Saya berikan intisarinya untuk Anda…


  1. Bahaya bekam akan terjadi ketika seseorang berada kondisi yang lemah. Tekanan darah pasien bekam minimal 80 mmHg. Hal ini dilakukan untuk menghindari pasien mengalami shok atau pingsan saat di mulai terapi bekam. Karena itu, orang lanjut usia dan anak-anak yang pada dasarnya memiliki kondisi yang lemah tidak diperbolehkan untuk melakukan bekam.
  2. Wanita hamil pada usia kehamilan trismester pertama atau tiga bulan awal masa kehamilan tidak diperbolehkan melakukan bekam. Apa bahaya bekam pada wanita yang hamil? Bekam pada kondisi tersebut dapat mengganggu perkembangan janin yang dikandungnya. Selain itu, wanita yang sedang mengalami haid dan nifas tidak boleh di bekam karena saat itu wanita sedang mengeluarkan darah kotor. Jelas kondisinya tidak memungkin untuk dilakukan pengeluaran darah kotor lagi.
  3. Sebaiknya pasien yang akan dibekam tidak sedang kekenyangan, atau sebaliknya kehausan dan kelaparan. Bahaya bekam dalam kondisi ini adalah dapat mengakibatkan pasien menjadi lemah tubuhnya karena kondisinya sedang tidak stabil.
  4. Sebelum dan setelah bekam tidak dianjurkan makan dan minum. Sebaiknya Anda berpuasa terlebih dahulu minimal 2 jam sebelum atau setelah bekam. Setelah selesai bekam pun Anda hanya dianjurkan untuk minum yang manis-manis saja seperti madu untuk meningkatkan stamina. Jangan minum yang bersoda atau semacam sirup.
  5. Sebaiknya jangan mandi dulu setelah melakukan bekam, apalagi jika Anda mandi dengan air dingin. Sangat tidak dianjurkan. Mandilah setelah 2 jam dan dengan air hangat.
  6. Umumnya bekam basah dapat dilakukan pada semua orang, kecuali pada pasien malignant anemia, leukimia (kanker darah), TBC, HIV/ODA, trombositopenia,  hemafolia, hepatitis, penderita dengan kelainan klep jantung/yang menggunakan alat pacu jantung serta penyakit lainnya yang parah kecuali dengan ahli bekam berpengalaman dan dibawah pengawasan dokter.
  7. Penderita gula darah atau diabetes memiliki sensitivitas terhadap luka yang ada dalam kulit. Bekam basah yang mengharuskan melakukan sayatan di kulit tidak cocok untuk penderita diabetes. Terutama untuk penderita diabetes yang Gula Darah Sewaktu (GDS) lebih dari 250 mg/dl.
  8. Orang yang sedang atau telah mendonorkan darah atau korban kecelakaan yang mengeluarkan darah banyak pun tidak boleh melakukan bekam basah.
  9. Pasien yang menderita sakit kulit atau alergi yang cukup parah, contohnya ulserasi juga berbahaya jika di bekam. Hindarilah bekam untuk pasien semacam itu.
  10. Karena menderita semacam penyakit, seseorang kadang mengkonsumsi obat pengencer darah. Setelah menghentikan meminum obat ini, tunggulah 2 hari untuk melakukan terapi ini. Bahaya bekam dapat mengancam Anda karena kondisi darah dalam tubuh sedang tidak stabil.
  11. Jangan melakukan bekam pada titik-titik dimana tubuh pasien mengalami luka, robeknya urat sendi, patah tulang, tumor serta varises.
  12. Perut merupakan organ manusia yang cukup lemah. Kulit yang melapisi perut pun cukup tipis. Karena itu, cukup berbahaya jika Anda membekam pada bagian perut terlalu keras.
  13. Terakhir adalah lubang-lubang alamiah dalam tubuh juga dilarang untuk di bekam seperti mata, hidung, mulut, puting susu serta anus. Selain itu, beberapa titik-titik yang tidak boleh dibekam adalah bawah ketiak, leher bagian bawah telinga, selangkangan/pangkal paha bagian depan dekat kemaluan) dan tepat di atas pembuluh darah yang besar.

Eniwei, jika Anda ingin berbekam, pastikan Anda melakukannya dengan bantuan orang yang benar-benar ahli dalam bidang bekam. Selain itu, usahakan memilih terapis bekam yang memiliki latar belakang medis dan ia mengetahui secara pasti tentang organ tubuh manusia.

Kemudian pastikan Anda menggunakan alat-alat bekam yang telah memenuhi standar operasional medis dan sterilisasi. Oleh karena itu terapis bekam yang Anda mintai tolong haruslah memiliki ilmu medis yang dapat membantunya untuk mensterilisasikan alat-alatnya sesuai dengan standar yang berlaku.

Alat-alat yang tidak steril dapat mengakibatkan bahaya bekam. Anda bisa tertular penyakit yang berbahaya. Well… pengobatan bekam ini dapat memberi efek yang positif. Tetapi ingat, ia juga dapat menimbulkan bahaya bekam pada kesehatan Anda. Anda bisa kelelahan yang berlebihan, pingsan bahkan tertular penyakit baru.

So, jika Anda tidak menginginkan hal ini terjadi, carilah terapis bekam yang berpengalaman, selalu update info dan bertanyalah pada ahlinya. Selamat malam…

(sumber gambar artikel bahaya bekam : rumahbekam.net)

Tentang Ismiy Retno

Yang Ini Jangan Sampai Lewat

Obat Rambut Rontok Nggak Selalu Shampoo Lho...

6 Obat Rambut Rontok Alami yang Terbukti Khasiatnya

Galau nggak sih kalau rambut kita rontok? Bayangkan saja, pas lagi mau benahin rambut di …

10 Komentar

  1. Alfi Syahri Nasution

    Artikelnya bagus sekali.
    Bekam sangat penting utk dimasyarakatkan krn manfaatnya yg luar biasa bagi kesehatan.
    Saya dan keluarga jg telah merasakannya. Smg keluarga lain jg demikian.
    Rasulullah saw. telah menganjurkan umatnya berbekam dan artikel ttg bekam ini penting sebagai landasan pengetahuan ttg bekam.
    Mba Ismiy Retno, terima kasih. Teruslah berkarya.
    Smg Allah memberkati. Aamiin..

  2. Penggunaan bekam secar terus menerus apakah baik bagi kesehatan gan?

  3. Ternyata banyak hal yang perlu diperhatikan ketika ingin melakukan bekam, jika tidak tentu akan banyak bahaya yang ditimbulkan, thanks gan untuk informasinya sangat bermanfaat sekali!!!

  4. padahal ada rencana saya dan suami mau bekam,tapi setalah baca ualsan diatasi kok jadi takut duluan…jadi ragu untuk bekam.

    • @Asri : jangan ragu mbak… kuncinya cuman cukup cari orang yang sudah berpengalaman. Bekam itu pengobatan ala nabi,jadi insyaa Allah sangat berguna. Lagian kalau mbak Asri tau bahanyanya operasi, sudah pasti mbak Asri nggak akan mau dioperasi… makanya dokter2 ngga pernah bilang secara gamblang bahayanya operasi, ha..ha..ha..

    • Saya sudah bekam 4x hampir tiap 2 bulan sekali saya bekam…. Badan enteng… Nyaman….

      Pertengahan Desember pengen bekam kepala…

      Insyaallah sehat…

    • Cari yg ahli dalam hal bkam, bekam adalah cara yg trbaik untung mngobati pxakit, n pngobatan dgn cara brbkam adalah salah satu dri sunnah nabi

  5. Mohammad mozaidil

    Mau buang ubatan lebihan dlm badan

  6. Saya tertarik dengan artikel yang di tampilkan terima kasih.

  7. terapi bekam suatu yang sangat bagus untuk dipraktikkan.

Baca 13 Penjelasan Ini Agar Anda Terhindar Bahaya Bekam


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca 13 Penjelasan Ini Agar Anda Terhindar Bahaya Bekam